Ingin Tahu Rasanya Jadi Agen CIA? Mainkan Card Game Ini Saja!

Ingin Tahu Rasanya Jadi Agen CIA? Mainkan Card Game Ini Saja!

Kalau kamu sering menonton film-film besutan Hollywood, kamu pasti sering melihat para agen CIA yang sigap menuntaskan berbagai kasus hukum, tak jarang mereka terlibat baku tembak dengan musuh. Nah, pernah membayangkan bagaimana rasanya jadi agen CIA? Tak perlu jauh-jauh ke Amerika, mainkan saja card game satu ini!

Berjudul CIA: Collect It All, latar belakang game ini termasuk unik, karena ternyata game ini diadaptasi dari card game asli buatan CIA berjudul Collection Deck! Wow, CIA juga bikin board game? Didesain oleh analis CIA David Clopper, game ini dipakai untuk mengajarkan anggota baru tentang teknik pengumpulan intelijen.

Baca juga: Wah! Rupanya Agen-Agen CIA Juga Bermain Board Game

Sebelumnya, Collection Deck ini bersifat sangat rahasia dan hanya diketahui oleh anggota CIA saja. Nah, baru-baru ini CIA membukanya untuk umum, dan akhirnya dikembangkan oleh Techdirt dan Diegetic Games, sehingga jadilah card game berjudul CIA: Collect It All ini.

Didesain oleh Mike Masnick, di sini pemain – tentu saja, adalah agen yang harus mengumpulkan intelijen dan mengatasi ancaman di setiap ronde. Di awal permainan, pemain mengambil kartu taktik dari dek, kemudian temukan strategi untuk menghancurkan berbagai krisis yang ada.

Sesuai aslinya, kartu taktik dan krisis akan hadir dalam seluruh aspek: politik, militer, ekonomi dan senjata. Nah disini serunya, karena pemain hanya bisa menangkal krisis jika mereka mempunyai kartu taktik dengan aspek yang cocok. Selain itu, ada kartu bernama Reality Check yang bisa dipakai untuk mempersulit pemain lawan. Waduh!

Konsep waktu masih berjudul Collection Deck | Gambar: arstechnica.com

Dengan total lebih dari 150 kartu dalam satu dek, game ini berisi 66 kartu teknik, 46 kartu ancaman dan 55 kartu Reality Check. Menyelesaikan campaignnya di Kickstarter tanggal 23 Mei lalu, game ini berhasil mengantongi $151.184 atau kurang lebih 2,1 milyar rupiah dari 4.476 pendukung. Hebat!

Well, kita tunggu saja ya perilisan card game menarik ini!

You may also like