Mau Bikin Film Dokumenter Binatang Liar? Mainin Aja WILD: Serengeti

Mau Bikin Film Dokumenter Binatang Liar? Mainin Aja WILD: Serengeti

Tayangan dokumenter yang menangkap dan memberitakan kehidupan binatang-binatang di alam liar pasti pernah pembaca tonton. Animal Planet atau Nat Geo Wild misalnya. Setelah menonton, pernah terbayang kah bagaimana dokumenter tersebut bisa dibuat? Kalau belum, board game berjudul WILD: Serengeti akan mengajak pemain untuk membuat film dokumenter dan menangkap setiap momen di alam liar.

Baca juga: Solutions: The Game, Board Game Ini Ajak Pemain Cegah Perubahan Iklim

1. Berlatar di Serengeti, Africa

Serengeti merupakan salah satu daerah lahan belantara terbesar di dunia yang terletak di benua Afrika tepatnya bagian utara Tanzania. Keanekaragaman hewan yang luar biasa, termasuk binatang-binatang yang masuk dalam The Big Five: singa, macan tutul, gajah, jerapah dan badak hitam.

2. Memiliki elemen puzzle & strategi

Board game ini memadukan nikmat dan serunya menyelesaikan sebuah puzzle dengan elemen-elemen mekanik set collection dan engine building yang kerap ditemukan di board game-board game modern. Perpaduan tersebut menghasilkan pengalaman bermain dengan cara mengatur strategi yang unik dan pemikiran yang cukup mendalam di setiap aksinya.

WILD: Serengeti
Gambar oleh Bad Comet Games

3. Memiliki tampilan menawan

Board game dengan komponen miniatur ataupun meeple kayu dengan warna polos bisa dibilang sudah biasa. WILD: Serengeti rupanya tidak ingin jadi biasa. Komponennya bisa dibilang menawan dengan meeple-meeple kayu berbentuk binatang yang berbeda-beda dengan warna khas masing-masing.

Tak hanya itu, terdapat komponen 3D ditambah bumbu ilustrasi gambar yang seoalah mampu menghidupkan suasana alam liar Serengeti yang menakjubkan.

4. Gambaran permainan

Untuk bisa menangkap momen penting dalam pembuatan film dokumenter di alam liar, setiap gilirannya pemain diberikan beberapa pilihan untuk menjalankan aksi. Ada aksi penemuan, menukar posisi / menggerakkan binatang atau mengambil kartu Scene.

Nah, lewat kartu Scene inilah pemain akan memperoleh poin. Setiap kartu Scene menunjukkan pola gambar binatang-binatang tertentu yang harus ada di papan. Pemain harus melakukan aksi penemuan untuk memunculkan binatang tertentu ke papan dan jika aneka binatang yang muncul ada di posisi yang sama dengan yang didikte oleh kartu Scene maka pemain boleh mengklaim kartu scene tersebut untuk menjadi poin.

Wild: Serengeti (preview copy)
Foto oleh Wouter Debisschop (Boardgamegeek.com)

5. Pre-order melalui Kickstarter

WILD: Serengeti dibuat oleh Gunho Kim yang diterbitkan oleh Bad Comet Games melalui situs galang dana Kickstarter. Jadi pembaca diminta untuk semacam PO yaitu membayar barang dimuka. Program PO ini dibuka hingga tanggal hingga tanggal 17 September 2021.

Setelah masa PO di Kickstarter selesai, board game ini akan diproduksi terlebih dahulu menggunakan dana yang terkumpul. Setelah fase produksi selesai barulah barang akan dikirim ke pemesan. Tanggal pastinya belum ada namun target barang akan di kisaran dikirm bulan Juni 2022.

Board game ini bisa di PO dengan harga Rp750.000. Sayangnya ongkir ke Indonesia bisa dibilang tidak murah yaitu sekitar Rp450.000. Kunjungi halaman Kickstarternya berikut untuk mendapatkan board game tentang pembuatan film dokumenter kehidupan binatang di alam liar: WILD: Serengeti by Bad Comet — Kickstarter

Baca juga: Di Afrika, Board Game Bantu Bidan Mencatat Data Pasien

You may also like