Kategori Board Game Sumbang Sepertiga Total Dana di Kickstarter 2020

Kategori Board Game Sumbang Sepertiga Total Dana di Kickstarter 2020

Kickstarter telah menjadi situs sekaligus platform penggalangan dana yang sukses membantu para kreator untuk mewujudkan karyanya. Ada banyak kategori di platform tersebut mulai dari Seni, Musik, Film, Fashion, Fotografi, Game dan lainnya. Game di sini terbagi menjadi beberapa subkategori yaitu video game dan board game. Ya! Para kreator dan penerbit board game yang belum memiliki cukup modal untuk langsung menerbitkan board gamenya secara masal biasanya menjajaki Kickstarter untuk mencari pendanaan.

Kickstarter awalnya didirikan pada tahun 2009 dan pada tahun 2010 total dana yang terkumpul dalam satu tahun mencapai 22 Juta Dolar AS atau setara 330 Miliar Rupiah. Seiring berjalannya waktu, Kickstarter mendapat kepercayaan dari para penyumbang atau backers di dunia dan dana yang dikumpulkan dalam siklus tahunan selalu meningkat.

INFO! Jangan lewatkan bahasan board game rilisan Kickstarter di Kickstarter Corner

total dana kickstarter
Total dana terkumpul dalam siklus tahunan di Kickstarter | Sumber: icopartners.com

Tembus 10 Triliun Rupiah

Berselang satu dekade, Kickstarter telah menjadi wadah terwujudnya 175.000 karya ataupun proyek. Total ada 37.581 proyek baru yang diluncurkan melalui Kickstarter tahun 2020 kemarin dan 18.642 proyek di antaranya sukses terdanai. Meskipun total proyek maupun jumlah proyek berhasil lebih sedikit dari tahun 2019 namun perolehan dananya rupanya malah jauh lebih tinggi.

Di tahun 2019, dengan 19.045 proyek sukses, berhasil mengumpulkan 615 Juta Dolar AS. Sedangkan tahun 2020 kemarin total dana yang berhasil terkumpul dari 18.642 sekitar 730 Juta Dolar AS, naik 115 Juta dari tahun sebelumnya. Jika dirupiahkan maka nilainya sudah tembus 10 Triliun Rupiah.

Image for post
Perbandingan proyek yang sukes terdanai dan dengan total proyek | Sumber: icopartners.com

Sumber dana paling besar dari subkategori board game

Kalau si dana 10 Triliun Rupiah itu dicacah perkategori maka penyumbang terbesarnya berasal dari kategori game utamanya dari subkategori tabletop game (atau board game lah biar nggak pada bingung). Ya! 2020 kembali menjadi tahun yang menembus rekor untuk subkategori board game di Kickstarter. Bahkan dana yang didapatkan dari subkategori ini hampir sepertiga dari total dana yang dikumpulkan di Kickstarter tahun itu.
Ini juga merupakan peningkatan terbesar tahun-ke-tahun yang tercatat di subkategori ini dalam lima tahun terakhir, dengan menambahan 33% (sekitar $60 juta).

Total dana board game
Dana terkumpul | Sumber: icopartners.com

Tercatat, dana yang terkumpul dari subkategori board game di Kickstarter tahun 2020 mencapai $236.629.466 atau sekitar Rp334 Juta. Ada beberapa proyek penting yang perlu diketahui tahun lalu:

  • Frosthaven. Sekuel dari board game hit Gloomhaven yang kemudian memecahkan rekor untuk kampanye urun dana subkategori board game paling sukses , mengumpulkan $12.969.608 dari 83.193 pendukung. Pemegang rekor sebelumnya, Kingdom Death: Monster 1.5, telah mengumpulkan $12.393.139 pada tahun 2016.
  • Nemesis Lockdown adalah kampanye proyek board game tersukses ketiga di tahun 2020, mengumpulkan hampir $7 juta. Menariknya adalah sejak saat itu, penerbitnya telah memperluas layanan pengelolaan, Gamefound, menjadi sepenuhnya fokus untuk mengelola subkategori board game. Proyek pertamanya, ISS Vanguard, mengumpulkan hampir $ 5 juta.
  • Return to Dark Tower adalah cara lain yang sangat sukses dalam mendesain ulang board game klasik oleh Restoration Game. Board game yang pertama rilis tahun 1981 diperbaharui oleh Restoration Games dan mendapati dana $4 Juta dengan 23.661 penyumbang.
Image for post
Jumlah proyek | | Sumber: icopartners.com

Informasi yang menarik ya! Jadi board game apa saya yang ikut kamu dukung di Kickstarter tahun 2020 lalu?

Jangan lupa juga kunjungiĀ TokopediaĀ atauĀ Shopee Galeri Boardgame IDĀ untuk mendapatkan puluhan board game karya anak bangsa yang tak kalah seru.

You may also like