Space Plague: Tunjukkan Dominasimu Sebagai Alien [Review]

Space Plague: Tunjukkan Dominasimu Sebagai Alien [Review]

Bumi terasa amat menyeramkan di bulan-bulan awal Covid-19 menjadi pandemi global. Tidak hanya ada banyak korban berjatuhan namun juga merosotnya ekonomi dunia. Itu baru gegara virus, bagaimana kalau bumi diserang alien yang bisa berpikir dan punya akal. Apalagi yang menyerang tidak hanya satu ras alien tapi empat! Untungnya dalam board game Space Plague berikut, bumi tidak ada dalam daftar planet yang akan mereka jajah.

Ya! Space Plague mengisahkan tentang empat ras alien yang ingin mendominasi galaksi dan hal tersebut akan dibuktikan dengan menguasai planet baru. Board game ini diciptakan oleh Iván Botero dan Juan Álvarez dari Bamboo Studio. Bisa dimainkan untuk 2-4 pemain dengan durasi 45-90 menit.

Langsung saja, daripada kamu makin penasaran, Boardgame.id sudah menulis ulasannya berikut ini:

Baca juga: Zen Tiles: Lepaskan Emosi Kini Bisa Dengan Board Game [Review]

No photo description available.
Menjelang akhir permainan

GAMBARAN PERMAINAN

Seperti yang sudah disebutkan, tujuan pemain adalah menaklukkan planet dengan mengirim sebanyak mungkin pasukan wabah untuk menyerang planet tersebut. Setiap alien dibekali enam kartu Aksi bawaan dan akan dimainkan setiap ronde. Terdapat pula kartu Planet yang berfungsi sebagai penentu produksi, event dan sekaligus sebagai tanda permainan berakhir.

Dalam satu ronde pemain akan menjalani empat fase berbeda yang masing-masing berlangsung cepat. Pemain dinyatakan menang jika di akhir permainan Ia memiliki token wabah paling banyak di inti planet.

AKSI & MEKANIK

Inti dari permainan ini adalah bagaimana pemain menentukan waktu yang tepat memainkan kartu Aksi dari tangannya. Di fase aksi, semua pemain memilih satu kartu aksi secara bersamaan dan memainkannya bergantian dari pemain pertama. Masalahnya, pemain tidak bisa memainkan kartu yang sama terus menerus karena kartu yang baru saja dimainkan akan ketahan sementara sampai kartu Aksi terakhir dimainkan.

Karena itulah timing menjadi penting, kapan waktu yang tepat untuk mengirim wabah, atau kapan menggerakkannya. Ditambah lagi keputusan pemain juga akan dipengaruhi dengan berbagai event yang muncul dari kartu Planet. Setiap kartu Planet memiliki efek event berbeda namun baru aktif apabila kartu Planet bergeser ke area event.

Penjelasan tiap fase

Space Plague juga dibumbui dengan sedikit elemen deck-building sederhana karena pemain juga bisa membeli kartu-kartu Evolusi yang lebih kuat. Ada tiga jenis kartu Evolusi: kartu instan yang bisa dipakai kapanpun tapi sekali pakai, kartu Aksi yang akan masuk ke tangan dan bisa dimainkan di fase Aksi, dan kartu Evolusi itu sendiri yang memberikan efek permanen bagi alien yang membelinya.

Untuk bisa membali kartu baru pemain harus punya cukup energi. Energi ini bisa didapatkan dari melewati beberapa area yang disebutkan saat fase produksi atau bisa juga dengan memainkan kartu Aksi yang memperbolehkan pemain melemapar dadu. Jika beruntung salah satu sisi dadunya berhadiah dua energi.

Interaksi antar pemain dibangun dari beberapa kartu Evolusi yang bisa menjahili pemain lain entah menghancurkan atau menculik wabah lawan. Jadi ada sedikit elemen take that juga di permainan ini.

Baca juga: Mekanik 101 : Take That, Alias “Rasain Lu!”

Kartu-kartu Evolusi yang bisa dibeli

VISUAL & KOMPONEN

Berhubung kami belum pernah melihat alien sungguhan jadi apapun bentuk alien yang ada di permainan ini bisa dianggap unik dan bahkan lucu, baik dari segi wujud maupun dari penamaan ras mereka. Menariknya lagi, kartu Aksi bawaan, kartu Evolusi dan kartu Planet jarang sekali ada gambar yang sama alias hampir semuanya berbeda-beda.

Komponennya sendiri ada beberapa jenis. Ada kartu dengan lapisan linen yang membuatnya enak dipegang, token wabah dari kayu berbentuk silinder, papan pemain dan papan utama dari karton yang cukup tebal dan bisa dilipat, kepingan area yang juga dari karton tebal, token energi berwarna kuning dari plastik dan satu buah dadu dengan sisi custom.

REPLAYABILITY

Faktor paling dominan dalam memberikan variasi permainan adalah dari kartu Evolusi, kartu Planet dan Planet itu sendiri. Di dalam permainan disediakan lima jenis planet yang bisa dipilih sebelum permainan dimulai. Setiap planet memiliki efek berbeda yang baru terjadi kartu Planet hijau menempati area event.

Event khusus di tiap jenis planet diibaratkan sebagai sistem pertahanan dari planet tersebut. Meskipun demikian, ada planet yang efeknya tidak terlalu merugikan pemain namun tetap berpengaruh ke strategi dan keputusan pemain dalam menjalankan aksinya.

Daya tarik lainnya ada di dek kartu Evolusi. Tersedia kartu dengan berbagai efek akan membuat dinamika permainan ikut berubah. Kami pun sepakat yang membuat Space Plague seru adalah dari efek macam-macam kartu Evolusi ini. Jika tidak puas dengan pilihan kartu Evolusi yang bisa dibeli, pemain bisa membayar dua energi untuk membuka set kartu Evolusi baru. Saat membeli untungnya pemain boleh memborongnya asal energinya cukup.

TANGGAPAN AKHIR

Isa R. Akbar

Temanya cukup fresh dengan sudut pandang pemain menjadi alien yang ingin menguasai planet. Tema tersebut dieksekusi dengan baik dan dibumbui dengan rasa humor yang tidak berlebihan, jadinya seru sekaligus lucu. Permainannya pun seru meskipun agak repot di awal karena harus menyusun kepingan area sesuai dengan planet yang dipilih. Saya sendiri menyukai dan menikmati Space Plague. Tak sabar mengajak teman-teman lainnya agar bisa segera ikut mencobanya.

Tampilan papan pemain

Aughya Shandriasti

Walaupun cara mainnya mudah, ternyata jadi alien itu sulit! Fase per putaran sangat cepat tapi juga tidak lepas dari dilema saat memilih kartu yang akan dimainkan. Meski kita sudah tahu event yang akan terjadi, tapi kadang masih terjebak juga karena salah pilih kartu yang dimainkan. Pilihan kartu yang bisa dibeli penting juga untuk memudahkan kita menginvasi planet!

Vicky Belladino

Secara tema, Space Plague ini masuk pas di sweet spot saya: narasi besar yang dibungkus delivery yang ringan dan penuh guyon. Ilustrasi dan nama yang disematkan bisa bikin senyum-senyum sendiri, dan buat saya itu poin plus. Secara mekanik pun sebenarnya termasuk sederhana. Di tiap giliran, pilih satu kartu dari tangan untuk diaktifkan.

Permainan akan makin seru ketika kartu di tangan sudah di upgrade dengan kartu Evolusi yang memungkinkan kita melakukan aksi-aksi spesial. Jadi secara umum, kalau kamu sedang cari gim ringan yang bisa dimainkan untuk seru-seruan, Space Plague layak kamu pertimbangkan masuk ke dalam koleksi.

Akhir kata, tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Bamboo Studio yang telah memberikan review copy Space Plague.

Saat ini, Space Plague sedang buka PO melalui situs galang dana Kickstarter hingga tanggal 13 Mei 2021. Agar tidak ketinggalan update mereka, jangan lupa kepoin Instagram @space.plague atau langsung kunjungi halaman Kickstarter mereka untuk mendukung sekaligus PO board gamenya langsung: Space Plague by Bamboo Studio — Kickstarter

You may also like