Super Foods: Sajikan Menu Makanan Bergizi [Board Game Review]

Super Foods: Sajikan Menu Makanan Bergizi [Board Game Review]

Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang itu sama pentingnya dengan menjaga pola makan untuk kesehatan tubuh kita. Kemenkes pun mulai menyerukan “Isi Piringku” untuk perlahan menggeser slogan “4 Sehat 5 Sempurna”. Isi Piringku merupakan pedoman gizi seimbang yang dianjurkan ada dalam setiap piring. Ada cara seru agar pembaca paham kandungan-kandungan gizi dalam setiap jenis makanan dengan aktivitas yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan bermain Super Foods.

Baca juga: Cetak Sendiri di Rumah: Meal Plan, Jaga Kebutuhan Gizi Keluarga [CTRL+P]

Super Foods adalah board game karya Mahawira S. Dillon. Di sini 2-4 pemain ditantang untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dengan menyajikan paket menu makanan bergizi. Penasaran dengan cara mainnya dan bagaimana komentar tim Boardgame.id tentang game ini? Baca sampai selesai ya!

Gambaran Permainan

Setiap pemain dibekali dengan tiga kartu Makanan dan sepasang kartu Piring sebelum mulai permainan. Dibuka juga tiga kartu Makanan ke tengah permainan. Pemain hanya perlu memainkan kartu Makanan ke piring atau kartu Aksi pada gilirannya. Pemain dapat mengklaim menu makanannya menjadi poin ketika berhasil meletakkan kartu keempat ke piringnya.

Aksi & Mekanik

Cara bermain Super Food sangat sederhana dan mudah. Mekanik utamanya hanyalah hand management dengan sedikit unsur take that. Pada gilirannya pemain cukup memainkan satu kartu dari tangan. Jika kartu itu adalah kartu Aksi, segera jalankan perintah aksinya. Sisanya adalah kartu Makanan, cukup letakkan kartu ini ke kartu piring satu syarat utama yaitu angka di kartu Makanan harus selalu meningkat.

Pemain memiliki tiga piring, setiap piring boleh diisi makanan angka apapun. Sebaiknya sih dimulai dengan meletakkan kartu makanan dengan angka kecil karena angka berikutnya harus lebih besar namun tidak harus angka yang berurutan. Ketika dalam satu piring sudah terdapat empat kartu maka pemain mengambil dan menyimpan set kartu tersebut untuk dihitung sebagai poin di akhir permainan.

Akhiri giliran dengan mengambil satu kartu dari tengah atau dari dek sehingga di tangan selalu kembali memegang tiga kartu. Permainan berakhir begitu dek kartu makanan telah habis. Pemain lalu menghitung semua kartu makanannya yang bernilai sesuai dengan angka di kartunya. Pemain dengan poin terbanyak adalah pemenangya.

Visual & Komponen

Board game dengan tema makanan selalu menarik perhatian minimal dari segi ilustrasinya. Benar saja, menu-menu makanan yang ada digambar oleh Gloria Caeli & M. Irfan Assaat dengan sangat baik. Cukup menggambarkan makanan aslinya dan cukup membuatmu lapar.

Di samping gambar, disertai juga angka dan juga keterangan gizi yang terkandung di sebuah makanan. Semakin tinggi angka makanan, semakin banyak juga gizi dan vitamin yang dimiliki makanan tersebut.

Oiya, meskipun dibilang board game namun komponennya sebenarnya hanya kartu saja. Ukuran boxnya sendiri terbilang kecil, seukuran kotak handphone. Jadi jelas mudah masuk tas untuk dibawa kemana-mana.

Replayability

Dari pandangan Boardgame.id salah satu mengapa kartu UNO itu seru dan masih asyik dimainkan berulang kali karena cara mainnya mudah dan pemain bisa menjahili lawan mainnya. Kedua fitur ternyata bisa dirasakan juga di Super Foods.

Kartu usilnya cukup menjengkelkan. Ada kartu Steal yang bisa mencuri kartu Makanan teratas dari piring lawan atau kartu Kecoa yang dapat membuang satu set kartu makanan di piring lawan.

Menariknya lagi permainan ini bisa dibuat lebih ramai dengan memiliki dua set Super Foods. Gabungkan kartu dari keduanya dan pembaca bisa memainkannya dengan lebih banyak pemain.

Tanggapan Akhir

Isa R. Akbar

Ini yang saya cari, board game Indonesia yang cara mainnya mudah. Cukup main satu kartu lalu ambil satu kartu. Wajib dibawa pas ngumpul keluarga atau teman, pasti ngumpul-ngumpulnya jadi seru! Bisa jadi obrolan lucu juga ketika menu di piring ternyata isinya kartu makanan dengan menu warteg, haha.

Amalia Cindra

Saya suka temanya, makanan, unik. Sesi mainnya jadi mulai rusuh kalau udah ada yang ambil atau mainin kartu Kecoa. Ditambah lagi ada info-info gizi tentang makanannya juga jadi bisa sekalian belajar. Desain gamenya juga colorful banget, kemasannya juga travel friendly.

M. Arif Prima Kelana

Momen paling serunya pas ngeluarin kartu coro. Selain itu, gamenya juga menarik karena simple dan durasinya yang cepet. Jadi meskipun kalah nggak terlalu sakit hati dan bisa main lagi. Gambar dan ilustrasinya oke. Cocok banget buat dikenalin ke orang-orang yang belum pernah main boardgame.

Akhir kata, tim Boardgame.id mengucapkan terimakasih kepada Feira Tochi dan Paduka Games yang telah memberikan review copy Super Foods.

You may also like

Leave a Reply