5 Board Game ini Tantang Kamu Jadi Tim Medis, Berani Coba?

5 Board Game ini Tantang Kamu Jadi Tim Medis, Berani Coba?

Selalu ada hal baru yang bisa dipelajari lewat board game. Selain hadir dengan tema menyenangkan seperti olahraga dan bluffing, tak sedikit pula board game yang memberi informasi cukup serius mulai dari belajar konservasi lingkungan, listrik dan energi, hingga memahami ilmu bisnis dan start-up. Tentu di sini board game sangat membantu menyampaikan pengetahuan dengan lebih menyenangkan. Seperti beberapa game ini yang mengangkat medis sebagai narasi.

Baca Juga: Belajar Listrik dan Energi Lewat 5 Board Game ini

Ya, rupanya bukan hanya bisnis dan sains yang bisa kamu pelajari dalam board game lho. Faktanya, beberapa board game memang ada yang mengangkat bidang ilmu kesehatan sebagai tema di dalamnya. Hmm, penasaran bagaimana rasanya menjadi tenaga kesehatan yang harus sigap mengobati pasien dan meneliti penyakit? Berikut 3 board game bertema medis yang bisa jadi rekomendasi untukmu.

Pandemic

Co-operative game yang sempat menjadi nominasi Spiel des Jahres 2009 ini mengajak pemain bekerja sama meracik obat penawar untuk virus mematikan yang mengancam dunia. Setiap putaran, pemain bisa mengambil hingga 4 aksi pilihan: mengunjungi kota, menyembuhkan populasi terinfeksi, meneliti obat atau membangun pusat riset.

board game bertema medis

Dengan pilihan karakter berbeda, pemain harus bekerjasama membangun strategi dengan memanfaat kemampuan masing-masing. Kamu harus cepat karena penyakit yang kamu hadapi bisa menyebar dengan cepat. Jika kamu berhasil memusnahkan empat penyakit, seluruh pemain dinyatakan menang. Pandemic bisa kamu dapatkan di Tokopedia seharga Rp 645.000.

Paramedics: CLEAR!

Rilis perdana di Gen Con 2017 lalu, dalam game terbitan Smirk & Dagger ini kamu adalah paramedis yang dikirim ke berbagai lokasi kecelakaan. Berlomba dengan waktu, selamatkan korban sebanyak mungkin dengan memilih pasien, mencari pasokan obat, dan membawa mereka ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

board game bertema medis

Seperti tim medis di dunia nyata, pasien kritis tentunya memberimu tekanan ekstra pada permainan. Pasalnya, kamu harus menyelamatkan nyawa mereka dengan waktu yang lebih singkat! Jika tidak, pemain yang gagal akan mendapat penalti. Untuk mengukur waktu permainan, game buatan Gary Kagan ini bisa memakai aplikasi pendamping yang bisa diunduh gratis, maupun timer bawaan di ponselmu.

Paramedics: CLEAR! bisa didapat seharga Rp 615.000 di Tokopedia.

Rush: M.D

Pernah membayangkan berada di tengah-tengah sibuknya ruang operasi? Mainkan saja game yang diterbitkan oleh Artipia Games ini. Di sini kamu adalah dokter muda yang bertugas di rumah sakit Medical Center. Bersama pemain lainnya, kamu harus bekerjasama untuk mengobati pasien: mulai dari yang rawat jalan hingga harus melalui operasi. Tak perlu khawatir, sepanjang permainan kamu akan dibantu oleh para perawat. Komponen game ini juga sangat mirip peralatan dokter asli, seperti tabung suntikan dan pinset.

board game bertema medis
Rush M.D saat dipamerkan di Essen SPIEL 2019 | Foto: BoardGameGeek

Rilis di ajang Essen SPIEL 2019, game simulasi tenaga medis profesional ini dibandrol seharga Rp965.000 di Tokopedia.

4. Dice Hospital

Entah mengapa, rumah sakit jarang sekali kosong, pasti ada saja yang mengisi kamar pasien. Pemain berlomba untuk bisa menyembuhkan sebanyak mungkin pasien. Di samping itu pemain juga perlu memperhatikan jumlah kamar, semakin cepat pasien sembuh maka kamar bisa diisi kembali dengan pasien baru.

Tingkat kondisi kesehatan pasien ditunjukkan dengan dadu. Semakin kecil angka dadu berarti kondisi pasien semakin kritis, sebaliknya semakin besar angka dadu kondisi mereka cukup baik dan dinyatakan sembuh apabila nilai dadunya lebih dari 6. Bagaimana cara pemain menangani setiap pasien yang masuk akan diuji di sini dengan menugaskan berbagai tenaga medis dan departmen rumah sakit untuk menyembuhkan pasien.

Sepaket Dice Hospital bisa dimainkan untuk 1-4 pemain dan dipasarkan dengan harga Rp825.000 di Tokopedia.

5. Holding On: The Troubled Life of Billy Kerr

Seorang pasien bernama Billy Kerr baru saja memasuki rumah sakit dalam keadaan kritis. Ia terkena serangan jantung dalam penerbangannya dari Sydney menuju London. Usianya 60 tahun dan dokter mengatakan dia hanya sanggup bertahan hingga setidaknya 5 hari.

Di permainan ini, para pemain harus bekerja sama menjadi perawat yang bertugas merawat Billy Kerr hingga hari-hari terakhirnya. Selain harus melakukan perawatan dengan tepat, para pemain juga perlu siaga menanggapi keadaan darurat medis sambil mendapatkan kepercayaannya.

Tersedia lebih dari 10 skenario yang sepenuhnya dimainkan berluang kali. Pemain harus mengumpulkan kenangan seumur hidup sambil ditarik lebih dalam ke masa lalunya yang bermasalah. Saat pemain menemukan informasi lebih banyak tentang Billy, dapatkah pemain membantunya menemukan keberanian yang dibutuhkan untuk menghadapi tiga penyesalan yang membuatnya bertahan?

Dari lima judul board game di mana pemain bisa merasakan menjadi tenaga medis, manakah yang menurut pembaca paling seru untuk dicoba? Atau ada yang sudah mencoba beberapa di antaranya? Boleh lho ceritakan ulasan reviewnya di Boardgame.id

You may also like

Leave a Reply