Board Game Pandemic Ternyata Terinspirasi dari Virus SARS & Flu Burung

Board Game Pandemic Ternyata Terinspirasi dari Virus SARS & Flu Burung

Belakangan ini dunia sedang dihebohkan dengan adanya pandemik, atau penyebaran penyakit dengan skala yang cukup luas, yang dikenal dengan virus COVID-19 atau korona virus. Berita terbaru, Presiden Jokowi mengumumkan jika ada dua pasien asal Indonesia yang terjangkit korona.

Bicara soal virus dan pandemik, sebenarnya ada board game yang mengangkat tema tersebut lho, judulnya Pandemic. Selama permainan, para pemain harus bekerja sama yaitu melakukan penelitian demi menciptakan obat penawar untuk virus dan penyakit yang sedang melanda bumi. Tak jarang para pemain akan merasa kewalahan dan merasakan langsung bagaimana virus menyerang dari satu kota hingga merambah ke kota lainnya.

Board game Pandemic dirancang oleh seorang pria bernama Matt Leacock. Bisa dimainkan untuk 2-4 pemain dengan durasi sekitar 45 menit. Pandemic pertama rilis pada tahun 2008, tepat saat board game ini berumur satu dekade dirilislah versi ulang tahun yang memberikan tampilan baru yang membuat permainan menjadi lebih tematik.

Baca juga: Board Game Pandemic Edisi 10 Tahun Berwujud Kotak P3K

pandemic, board game tentang penyebaran virus dan penyakit
Pandemic edisi ulang tahun ke-10 | Gambar: zmangames.com

Meski baru dirilis tahun 2008, namun rupanya Matt Leacock pertama kali mengembangkan ide ini pada tahun 2004 lho! Beruntung Boardgame.id sempat bertemu dan mewawancarai langsung Matt Leacock di pameran board game internasional, Essen SPIEL 2019 di Jerman.

Kami berbincang mengenai bagaimana Matt Leacock memulai semua ini, bagaimana proses Ia merancang Pandemic hingga bisa populer seperti saat ini. Menurutnya, banyak hal terjadi karena ketidaksengajaan. Termasuk mengapa Ia memilih tema pandemik untuk board game rancangannya yang kini telah laku lebih dari satu juta kopi.

“Pada saat itu sedang ramai ada berita menyebarnya penyakit atau virus SARS dan flu burung. Ada banyak kekhawatiran pandemik saat itu. Jadi tampaknya cocok untuk dijadikan tema, di mana tentu tidak ada yang mendukung penyakit,” ujar Matt Leacock saat diwawancarai tim Boardgame.id.

Selengkapnya mari kita simak sama-sama sesi interview bersama Matt Leacock bagian pertama berikut ini:

Baca juga: Interview bersama Matt Leacock Bagian ke Dua

Board game Pandemic memang keren dan seru, apalagi jika dimainkan bersama keluarga dan teman-teman dekat. Tak kalah seru, Boardgame.id juga punya banyak board game Indonesia yang pastinya asyik dimainkan bersama-sama.

Tertarik mengintip ada board game Indonesia apa saja? Kunjungi halaman katalog kami berikut ini:

You may also like