Matt Leacock: Butuh Waktu 3 Tahun Untuk Mengembangkan Pandemic [Exclusive Interview]

Matt Leacock: Butuh Waktu 3 Tahun Untuk Mengembangkan Pandemic [Exclusive Interview]

Essen SPIEL merupakan pameran board game tahunan terbesar di Eropa yang diselenggarakan di kota Essen, Jerman setiap bulan Oktober selama empat hari. Pameran ini sudah berumur lebih dari 30 tahun dan karenanya budaya bermain board game di Eropa menjadi budaya dan kebiasaan masyarakat di sana. Di sana kita bisa bertemu dengan banyak orang yang menyukai board game, baik itu keluarga, mahasiswa, orang kantoran termasuk juga ilustrator dan tentu perancang board game.

Bicara soal perancang board game, Boardgame.id mengundang Matt Leacock ke booth Archipelageek dari BEKRAF sewaktu Essen SPIEL 2019 bulan Oktober lalu. Matt Leacock adalah seorang pria di balik sebuah board game kooperatif yang cukup populer, yaitu Pandemic.

Peta Pandemic
Peta Pandemic edisi terbaru | Gambar: Z-Man Games

Kami berkesempatan mewawancarai Matt Leacock. Dan dalam bagian pertama ini, kami berbincang mengenai bagaimana Matt Leacock memulai semua ini, bagaimana proses Ia merancang Pandemic hingga bisa populer seperti saat ini.

Menurutnya, banyak hal terjadi karena ketidaksengajaan. Pandemic baru dirilis pada tahun 2008 oleh Pegasus Spiele untuk edisi bahasa Jerman dan Z-Man Games untuk bahasa Inggris. Akan tetapi, tahukah kamu kalau sebenarnya Matt Leacock mulai merancang Pandemic sedari tahun 2004?

Dalam wawancara ini Ia juga bercerita membutuhkan waktu eksperimen dan pengembangan kurang lebih tiga tahun sampai akhirnya Ia mencari penerbit yang mau menerbitkan karya yang kini sudah jutaan kopi terjual di seluruh dunia.

Selengkapnya mari kita simak sama-sama sesi interview bersama Matt Leacock bagian pertama berikut ini:

Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) karena atas dukungannya Indonesia bisa unjuk gigi ke pameran board game dunia serta menyediakan booth Archipelageek di mana Indonesia bisa mengenalkan produk-produk board game karya anak bangsa sekaligus ruang untuk mengambil wawancara di atas.

Bersambung ke bagian 2: Matt Leacock: Board Game Sebagai Alat Komunikasi [Exclusive Interview]

Tonton juga video interview eksklusif Boardgame.id edisi Essen SPIEL 2019 lainnya. Ada video interview kami dengan game designer, penerbit board game dari mancanegara, wawancara dengan blogger asal Jerman dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk like dan subscribe channel Youtube Boardgame.id dan nantikan video-video berikutnya dari kami.

You may also like