Sejarah Essen SPIEL, Pameran Board Game Terbesar Awalnya Digelar di Sekolah

Sejarah Essen SPIEL, Pameran Board Game Terbesar Awalnya Digelar di Sekolah

Essen SPIEL merupakan sebuah pameran board game terbesar di dunia. Berlangsung selama empat hari setiap bulan Oktober di kota Essen, Jerman. Tahun 2019 lalu, jumlah pengunjungnya mencapai lebih dari 200.000, rekor tahun sebelumnya yang hanya 190.000 pengunjung pun pecah.

Di Essen SPIEL kamu akan menemukan ribuan judul board game baru yang dirilis oleh para eksibitor. Terakhir tercatat ada 1.200 eksibitor dari 53 negara yang ikut serta, salah satunya Indonesia. Pembaca bisa mencari kabar tentang partisipasi Indonesia di Essen SPIEL 2019 dengan mengikuti rangkaian artikelnya di sini.

Selain bisa menikmati ribuan game, kamu juga dapat bertemu begitu banyak orang dan pengunjung yang sama-sama menyukai board game. Pengunjung itu termasuk para pemain board game itu sendiri. Tidak hanya diramaikan oleh muda-mudi namun juga keluarga, anak-anak, ilustrator, dan tentu saja para desainer game.

pameran board game terbesar
Memperkenalkan board game Indonesia di Essen SPIEL 2019

Oke, kini kita tahu Essen SPIEL adalah pameran board game terbesar di dunia. Luasnya sendiri mencapai 10x lapangan bola. Tetapi, bagaimana awalnya mereka bisa membuat acara seperti ini? Bahkan saat Boardgame.id berkunjung ke Essen SPIEL 2019, ada yang bilang pameran ini menjadi agenda liburan keluarga setiap tahun.

Sayangnya karena adanya pandemi, Friedhelm Merz Verlag selaku organizer Essen SPIEL terpaksa batal diadakan dan ditunda. Mereka telah menjadwalkan kembali Essen SPIEL di tahun 2021. Meski begitu mereka berinisiasi untuk membawa SPIEL dunia maya dengan menggelar SPIEL Digital.

Baca juga: Karena Corona! Beberapa Pameran Board Game Dunia Batal Diadakan Tahun Ini

Kembali di Essen SPIEL 2019. Boardgame.id kala itu berkesempatan bertemu dan mewawancarai Dominique Metzler, yang menjalankan SPIEL sejak 37 tahun yang lalu. Dia memberi tahu kami bagaimana SPIEL dimulai. Rupanya mereka menggunakan sekolah sebagai venue pameran mereka yang pertama lho!.

Selanjutnya yuk simak wawancara eksklusif Boardgame.id dengan Dominique Metzler tentang SPIEL tentang sejarah pameran board game terbesar di dunia saat ini. Jangan lupa subscribe, like dan komen ya!
(video interview dalam bahasa Inggris, tersedia subtitle bahasa Indonesia)

Simak juga video wawancara bagian kedua di sini dan wawancara eksklusif dari Boardgame.id lainnya selama di Essen SPIEL 2019 di sini.

You may also like