Bukan Sekedar Permainan Kartu, Mengenal Kalender dari Kartu Remi

Bukan Sekedar Permainan Kartu, Mengenal Kalender dari Kartu Remi

Mendengar kartu remi harusnya tidak asing lagi di telingan pembaca. Satu deknya berisikan 52 kartu dari angka 2 sampai 10 dan dilanjutkan dengan Jack, Queen, King dan As dalam empat simbol serta kadang ada satu atau dua Joker di dalamnya. Selain punya banyak variasi permainan mulai dari cangkulan, 41, poker, capsa dan sebagainya, pernah terbayang nggak sih kalau kartu remi ini punya makna?

Kalau dibedah satu persatu, ternyata satu deknya bisa dipakai untuk mengenalkan kalender lho! Nggak percaya? Yuk, simak penjabarannya berikut ini:

  • 52 kartu dalam satu dek = Jumlah minggu dalam satu tahun (52 minggu).
  • Total ada 12 gambar pada kartu Jack, Queen dan King dalam empat simbol = Jumlah bulan dalam satu tahun (12 bulan).
  • Warnanya hanya dua, merah dan hitam = Menggambarkan siang dan malam.
  • Punya empat simbol (kriting, sekop, hati dan wajik) = Ada empat musim di dunia (musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin/salju).
  • Jumlah kartu di setiap simbol ada 13 = Durasi satu musim berlangsung sekitar 13 minggu.
  • Jika As yang bernilai satu hingga King yang bernilai 13 apabila dijumlahkan dan dikali empat simbol jumlahnya 364,, ditambah dengan satu Joker menjadi 365 dan dua Joker hasilnya 366 = Persis jumlah hari dalam satu tahun (365 hari atau 366 hari untuk tahun kabisat).

Baca juga: Sejarah Kartu Tarot, Dulunya Buat Main Bukan Buat Meramal

Berhubung kartu remi adalah modifikasi dari kartu Tarot, bisa jadi memang artian atau makna di atas ada benarnya. Atau, hanya kebetulan belaka? Bagaimana menurut pembaca?

Jangan lupa, dapatkan juga beragam board game Indonesia yang bisa dipesan melaluiĀ TokopediaĀ atauĀ ShopeeĀ Galeri Boardgame Indonesia.

You may also like