Ternyata Joker Berguna! 5 Varian Permainan yang Pakai Kartu Joker

Ternyata Joker Berguna! 5 Varian Permainan yang Pakai Kartu Joker

Varian dari permainan yang dibuat hanya menggunakan satu dek lengkap kartu remi ada sangat banyak, namun tidak semuanya menggunakan kartu Joker. Mulai dari Cangkulan, 41, Hearts, Capsa hingga Texas Hold ‘Em Poker sama sekali tidak memakai kartu yang kerap bergambar badut. Padahal Joker dapat dilihat di banyak permainan kartu sejak berabad-abad lalu.

Penggunaan pertama dari kartu Joker adalah untuk permainan Euchre, seperti yang disebutkan pada artikel sebelumnya. Kartu Joker dianggap sebagai truf tertinggi atau ‘top bower‘ dalam permainan kartu zaman dulu. Selanjutnya, kartu Joker digunakan sebagai wild card atau kartu serba bisa dalam permainan Canasta yang sangat populer di tahun 1950-an.

Baca juga: Kartu Joker Awalnya Tidak Ada di Set Kartu Remi Lho!

Berikut Boardgame.id merangkum 5 varian permainan dari dek kartu Remi yang memanfaatkan si kartu Joker:

1. Euchre

Euchre adalah varian permainan kartu remi yang bertanggung jawab memunculkan joker pertama kali. Mengutilisasi mekanik trick-taking yang artinya ada satu pemain yang memulai memainkan kartu dengan suit / jenis tertentu lalu pemain lain harus mengikuti memainkan kartu dengan suit yang sama. Euchre dimainkan dalam tim, 2 lawan 2.

Setiap putaran akan ada suit yang menjadi trump, apabila pemain tidak bisa mengikuti suit yang diminta pemain boleh memainkan kartu dengan suit yang sesuai dengan trump. Kartu dengan suit trump dianggap memiliki derajat lebih tinggi dari suit biasa. Akan tetapi Joker di permainan ini diangap sebagai derajat yang paling tinggi. Pemain mendapatkan poin tertentu tergantung dari berapa kali Ia memenangkan trick. Perhatikan juga setiap kartu yang dimainkan oleh kawan.

its file name is euchre.jpg
Euchre | gambar: Kickstarter

2. Canasta

Canasta juga merupakan permainan tim 2 lawan 2. Untuk memainkannya diperlukan dua dek kartu remi lengkap dengan joker, artinya ada 108 kartu. Canasta adalah tentang menyamakan peringkat kartu atau mengumpulkan kartu dengan angka yang nilainya sama. Setiap kartu memiliki nilai poin unik tersendiri. Kumpulkan sebanyak mungkin kartu dengan peringkat yang sama untuk mencapai total poin yang dibutuhkan untuk mengalahkan lawan.

Di awal giliran sisa kartu yang tidak dibagikan ke pemain menjadi setumpuk dek, lalu buka kartu paling atas dari dek untuk menjadi discard pile pertama. Pada gilirannya, pemain boleh mengambil satu kartu dari atas dek atau semua discard pile, ya, semua. Untuk bisa mengambil dari discard pile pemain harus bisa mencetak skor dengan kartunya. Pemain boleh mencetak skor jika setidaknya punya tiga kartu dengan peringkat yang sama.

Kartu Joker di sini berperan penting karena menjadi wild card yang bisa dianggap sebagai peringkat berapapun dan menambah 50 poin saat diskor.

Image titled Play Canasta Step 2
Canasta | Gambar: wikiHow

3. Gin Rummy

Merupakan varian dari Rummy yang lebih kerap juga disebut Gin. Permainan ini hanya untuk dua pemain. Salah satu dari mereka yang berhasil mencatat poin lebih dari 100 adalah pemenangnya. Permainan dilakukan dengan membagikan 10 kartu ke setiap pemain dan sisa kartu menjadi dek di tengah meja. Buka satu kartu paling atas dek ke samping menjadi tumpukan terbuka.

Image titled Score Gin Rummy Step 1
Gin Rummy | Gambar: wikiHow

Pemain boleh mengambil satu kartu dari dek yang tertutup atau satu kartu paling atas dari dek yang terbuka. Manapun pilihannya pemain harus membuang satu kartu ke tangan di tumpukan terbuka. Sehingga total kartu di tangan tetaplah 10. Satu ronde berakhir dengan dua cara.

Pertama, semua kartu salah satu pemain bisa di skor atau disebut GIN. Bisa di skor maksudnya angkanya berurutan sesuai suit / jenisnya dan/atau minimal tiga angka yang sama. Kedua, ketika merasa lawan akan mendapatkan GIN, pemain boleh menghentikan permainan sebelum hal tersebut terjadi dengan beberapa syarat.

Joker di sini juga menjadi wild card yang bisa menggantikan angka berapapun atau suit apapun.

Baca juga: Menilik Card Game Referensi Bajak Laut Kaido: Sheepshead – Speed (Bagian 1)

4. Crazy Eights

Secara umum variasi permainan dari kartu remi yang satu ini mirip dengan cangkulan. Setiap pemain akan mendapatkan 8 kartu, sisanya akan menjadi tumpukan di tengah. Permainan dimulai dengan membuka satu kartu dari tumpukan. Bergantian, setiap pemain harus merespon kartu yang terbuka dengan memainkan kartu yang sesuai alias yang sama jenis atau sama angka.

Apabila tidak punya, pemain diminta untuk mengambil dari tumpukan sampai dapat. Permainan disebut Crazy Eights karena kartu angka 8 adalah wild card. Jika dimainkan, pemain tersebut harus menyebutkan jenis / suit kartu yang baru. Pemain yang pertama menghabiskan kartu adalah pemenangnya.

Bila dimainkan beberapa ronde, maka pemain dengan poin paling sedikitlah pemenangnya. Pemain yang masih menyimpan kartu angka 8 kena penalti 50 poin. Dalam permainan ini, Joker bisa dimainkan di atas kartu apapun untuk membuat pemain berikutnya kehilangan giliran alias skip pemain berikutnya.

Crazy Eights - Family Game Shelf
Crazy Eights | Gambar: familygameshelf.com

5. Dou Dizhu

Dou Dizhu membutuhkan pemikiran matematis dan strategis serta eksekusi yang direncanakan dengan cermat. Suit kartu tidak relevan dalam permainan ini. Bahkan, ada set dek khusus dari Dou Dizhu yang tidak menampilkan suit sama sekali. Akan tetapi tetap bisa dimainkan dengan dek kartu remi biasa yang ada Jokernya.

Umumnya, Dou Dizhu hanya bisa dimainkan untuk tiga pemain dengan satu dek, namun dengan dua dek bisa menambah jumlah pemain. Ketika main bertiga, salah satu pemain akan menjadi Tuan Tanah dan dua pemain sisanya hanyalah Petani. Tujuan Tuan Tanah permainannya adalah menjadi pemain yang lebih dulu menghabiskan kartunya, sedangkan para petani menjadi satu tim yang berusaha membuat salah satu dari mereka tidak memiliki kartu lagi.

Permainan dimulai dari Tuan Tanah memainkan kartu dengan angka berapapun. Selanjutnya pemain berikutnya harus bisa memainkan kartu dengan angka yang lebih besar atau memainkan kombinasi kartu yang lebih kuat. Di sini, Joker adalah roket yang artinya kartu paling kuat. Joker menang melawan semua kartu maupun semua kombinasi kartu terkuat.

Baca juga: Bukan Sekedar Permainan Kartu, Mengenal Kalender dari Kartu Remi

Adakah satu atau beberapa varian permainan menggunakan dek kartu remi di atas yang pernah kamu coba? Beberapa di antaranya ada versi smart phonenya lho, tinggal dicari di Play Store ataupun App Store.

Temukan juga puluhan board game karya anak bangsa yang tidak kalah seru di Galeri Boardgame Id. Bisa langsung dipesan juga melalui Tokopedia atau Shopee.

You may also like