#BukaKartu Spesial: Cerita di Balik Pengembangan Board Game Fly-A-Way

#BukaKartu Spesial: Cerita di Balik Pengembangan Board Game Fly-A-Way

Fly-A-Way adalah board game strategi yang ramah keluarga. Bisa dimainkan untuk 2-4 pemain yang dibuat oleh Tuber, konsultan desain dan editorial dari Singapura.

Mereka mengawali ide pembuatan board game tentang perjalanan migrasi burung musim gugur di sepanjang East Asian-Australasian Flyway (EAAF) pada tahun 2018. Konsepnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan ancaman dan gangguan yang dialami oleh burung-burung dalam perjalanan mereka bermigrasi yang ternyata menjadi isu serius.

Baca juga: Lewat Indonesia! Mengamati Migrasi Burung dengan Board Game Fly-A-Way

Ini adalah proyek board game pertama mereka yang ternyata langsung berhasil terdanai hanya dalam 22 jam melalui platform Kickstarter. Ini pun juga pertama kalinya mereka memanfaatkan Kickstarter untuk menggalang dana proyek mereka.

Boardgame.id berkesempatan untuk mewawancarai tim Tuber dan menggali kisah mereka mulai dari pengalaman mereka saat mengembangkan board game, bagaimana proses pengembangannya hingga proses riset yang mereka lakukan dengan menggandeng BirdLife International. Beginilah kisah mereka: (Interview dilakukan dalam bahasa Inggris)

Penggalangan dana di Kickstarter

Tuber menggalang dana di Kickstarter hingga tanggal 14 Desember 2020. Pada saat artikel ini diterbitkan dana yang terkumpul ternyata sudah melibihi target awal dan sudah mencapai sekitar 291 juta Rupiah.

Permainan ini menampilkan 42 spesies burung migran, banyak di antaranya terancam punah, yang mengandalkan jalur EAAF untuk menghindari musim dingin yang brutal di belahan bumi utara. Spesies yang difitur dalam permainan merupakan burung migran yang akrab bagi pengamat burung dan fotografer alam di Indonesia karena jenis burung seperti Black Baza, Narcissus Flycatcher, Japanese Paradise Flycatcher, Great Knot, hingga Chinese Egret akan lewat.

Fly-A-Way board game

Jika pembaca tertarik dengan proyek Fly-A-Way dari Tuber, dukung mereka dengan menyumbang dana melalui situs Kickstarter. Proyek ini bisa didukung mulai dari 55 ribu rupiah dan kamu akan mendapatkan poster digital, atau menyumbang Rp550.000 untuk mendapatkan satu kopi board game Fly-A-Way dengan perkiraan ongkir sebesar Rp200.000.

Kunjungi halaman Kickstarter mereka pada halaman berikut: Fly-A-Way: A Squawking Fun Game about Migratory Birds by Tuber — Kickstarter

Jangan lupa, Boardgame.id juga memiliki puluhan judul board game Indonesia yang tak kalah seru yang bisa dipesan melalui Tokopedia maupun Shopee. Follow juga Instagram @boardgame.id untuk update menarik lainnya.

You may also like