Fly-A-Way: Migrasi Burung Penuh Drama [Review]

Fly-A-Way: Migrasi Burung Penuh Drama [Review]

Migrasi telah menjadi salah satu aspek yang paling menarik di dunia unggas. Dua kali dalam setahun, milyaran burung bermigrasi jauh ke seluruh dunia. Sayangnya, jumlah burung migran di dunia kian merosot. Berbagai karakteristik migran membuat mereka sangat rentan terhadap berbagai ancaman dalam perjalan mereka.

Menurut data dari BirdLife International, 62% populasi burung air sedang menurun atau telah punah dan data jangka panjang dari para penyeberang di Australia timur menunjukkan bahwa populasinya telah anjlok hingga 79% selama periode 24 tahun. Lima puluh spesies yang menggunakan jalur terbang saat ini dianggap berisiko punah secara global.

Jika pembaca bertanya, sebenarnya sesulit apa burung-burung tersebut bermigrasi di langit lepas? Jawabannya bisa didapatkan cukup dengan bermain board game yang berjudul Fly-A-Way. Dalam permainan ini sebanyak 2-4 pemain akan menjadi konservasionis yang membantu burung bermigrasi sepanjang perjalanan musim gugur mereka melalui jalurĀ East Asian-Australasian FlywayĀ (EAAF) yang membentang dari Rusia di Utara, melalui Asia termasuk melewati Indonesia, hingga Australia di Selatan.

Fly-A-Way components
Game Components (not a final product)

Seperti apa permainannya yang dirancang oleh tim Tuber dari Singapura? Boardgame.id akan mengulasnya dengan lengkap berikut ini

Baca juga: #BukaKartu Spesial: Cerita di Balik Pengembangan Board Game Fly-A-Way [Wawancara]

GAMBARAN PERMAINAN

Selama permainan, terdapat tiga burung yang masing-masing memiliki rute migrasinya masing-masing. Hal ini disimbolkan melalui titik mulai dan titik akhir yang lokasinya didikte pada setiap kartu burung. Sebagai konservasionis para pemain perlu memastikan rute tersebut tersambung dengan memainkan token-token penghubung. Pemain yang paling terakhir meletakkan token penghubung dan menyatukan titik mulai dengan titik akhir seekor burung akan menyelamatkan burung tersebut.

Setiap burung memberikan poin jika berhasil diselamatkan. Para pemain yang berkontribusi dalam rute migrasi dari burung tersebut juga akan mendapatkan poin tambahan. Tentu saja usaha pemain bukan tanpa tantangan, ada kartu-kartu Fowl! dan juga Bird-tastrophe yang tak terhindarkan dan semakin menyulitkan burung untuk sampai ketujuan.

Bird migratory route

Permainan berakhir jika satu dari tiga kondisi telah terpenuhi: seorang pemain telah mencapai poin 100, seorang pemain telah menyelamatkan 6 burung, atau tumpukan kartu Fowl! habis. Kondisi mana pun yang tercapai, setiap pemain menghitung ekstra endgame point dari beberapa kartu burung (kalau punya) dan pemain dengan poin terbanyak adalah pemenangnya.

AKSI & MEKANIK

Setiap pemain melewati gilirannya dengan melewati tiga fase singkat. Fase pertama pemain cukup mengambil satu kartu Wing It! yang biasanya akan berguna untuk mereka lalu juga menarik satu kartu Fowl! yang efeknya berkebalikan dari kartu Wing It!. Lewat kartu Fowl! inilah ancaman dan segala tantangan yang dihadapi para burung dituangkan. Mulai dari kelelahan, menabrak pesawat atau jendela, diburu oleh manusia ataupun hewan predator dan lainnnya, semuanya diambil dari kasus nyata.

Fly-A-Way gaming phases
Main phases

Efek buruk dari kartu Fowl! sebenarnya bisa ditangkal dengan memainkan satu atau sejumlah kartu Wing It! berisi tulisan Squawk yang bernilai sama dengan angka di kanan atas kartu Fowl!. Jika tidak ditangkal pemain harus bersiap untuk kehilangan burung yang sudah diselamatkan, kehilangan kartu Wing It, mencegah burung untuk diselamatkan karena terkurung dan lain sebagainya.

Di fase dua, barulah pemain akan melakukan aksinya, yaitu memainkan kartu Wing It! yang lain dan boleh meletakkan maksimal 3 token penghubung. Token bisa diletakkan di manapun dengan beberapa pengecualian: tidak boleh diletakkan sendirian tanpa tersambung ke manapun, dan tidak boleh dipasang dari salah satu ujung token milik pemain lain.

Rute dianggap selesai apabila dari titik mulai dan titik akhir sudah terhubung dengan token dan hanya valid apabila arahnya dari Utara keselatan. Pemain yang yang berhasil menyambungkannya mendapatkan kartu burung sebagai hadiah telah menyelamatkannya. Setiap burung yang diselamatkan memberikan poin dan juga efek tertentu. Ada efek yang sekali pakai, sekali setiap giliran, satu kali saja selama permainan hingga bonus poin di akhir permainan.

Fase terakhir hanyalah untuk mengisi slot burung yang kosong dengan kartu yang baru. Kemudian sesuaikan titik awal dan akhir dari burung yang baru.

KOMPONEN & VISUAL

Ilustrasi yang disajikan sangat menawan, no debate!. Terdapat 42 burung unik yang digambar dengan detail yang indah. Applause untuk Hung Key dan Iris Tang yang bekerja keras mentransformasikan burung-burung tersebut menjadi kartu. Mereka juga menggarapnya dengan riset mendalam, bahkan setiap hasil gambar didiskusikan bersama BirdLife Internasional agar corak atau ciri khas setiap burung tetap akurat.

Permainan ini memiliki dua jenis ukuran kartu. Pertama, semua kartu burung berukuran cukup besar seukuran kartu Tarot. Sepertinya ukuran ini sengaja dipilih agar setiap kartu burung memiliki cukup ruang untuk menampung segala informasi yang tertera. Ada gambar burung, nama burung beserta nama latinnya, lokasi titik mulai – titik akhir, ukuran burung, kode status tingkat konservasi, efek burung sampai trivia. Coba bayangkan kalau kartunya kecil, tentu sangat sulit mencerna informasi dari kartu tersebut.

Kedua ada kartu Wing It!, Fowl! dan Bird-tastrophe yang berukuran standar. Selain memasukkan nama, ilustrasi dan efek kartu, ada pula deskripsi singkat tentang apa makna kartu tersebut di dunia nyata. Jadi kalau pembaca adalah tipe yang suka memberi slevee, pastikan menyiapkan dua jenis ukuran sleeve di atas.

Sedikit catatan, semua komponen yang ada dalam foto review ini bukanlah produk final. Jadi pastinya masih ada ruang untuk perubahan dan pembaharuan. Bahkan dari review ini ditulis, Fly-A-Way sudah pasti mendapati upgrade komponen dari stretch goals yang dicapainya di Kickstarter.

Fly-A-Way migratory routes
Not a final product

REPLAYABILITY

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada 42 burung di permainan ini dan setiap burung memiliki titik awal dan titik akhir yang berbeda-beda. Inilah alasan permainannya menjadi dinamis karena peta akan dipenuhi dengan token-token penghubung yang peletakannya pasti menyesuaikan titik migrasi dari burung-burung yang berbeda. Dari 42 kartu tersebut paling-paling yang muncul tidak lebih dari 15 burung. Dengan kata lain, setiap permainan akan terasa berbeda karena pemain akan menyelamatkan burung-burung yang mungkin belum sempat muncul di permainan sebelumnya.

Ditambah lagi dengan adanya kartu Bird-tastrophe, tantangan yang dihadapi pemain juga berbeda. Total ada enam kartu Bird-tastrophe yang hanya dipakai dua setiap game. Berbeda dengan kartu Fowl! yang bisa ditangkal, efek dari kartu Bird-tastrophe tidak bisa dihindari dan berlaku untuk semua pemain.

TANGGAPAN AKHIR

Isa Rachmad Akbar

Fly-A-Way membuat saya paham kalau migrasi burung adalah hal yang serius, dramanya sangat nyata dan burung-burung itu ternyata cantik meskipun rentan. Secara pribadi, karena saya tinggal di Jawa, saya merasa malu ketika mengetahui ada beberapa burung yang bermigrasi ke Jawa dan saya tidak tahu apa-apa tentang mereka.

Gim ini berhasil mengadaptasi masalah serius dan menerjemahkannya menjadi sebuah board game yang dapat dipelajari dan dimainkan dengan cara yang menyenangkan. Saya suka dengan game flow-nya yang dimainkan secara cepat setiap gilirannya, apalagi game ini juga sangat mudah untuk diajarkan ke orang-orang. Entah kamu seorang pecinta burung atau bukan, memiliki game ini adalah wajib atau setidaknya cobalah memainkannya.

Migrated to Java

Aughya Shandriasti

Saya jarang menemukan tema board game yang serius, apalagi tentang migrasi burung. Karena diangkat berdasarkan isu nyata, awalnya saya kira akan ribet, apalagi saat menyelesaikan jalur migrasi burung, tapi ternyata mudah dan menyenangkan juga.

Walaupun kartu Fowl muncul dengan sangat acak dan dapat mempengaruhi strategi pemain namun pada akhirnya tidak terlalu mengganggu jalannya permainan, buktinya saya bisa menang setelah memainkannya dua kali. Haha.

Oiya, burung-burungnya sangat cantik. Di luar itu, Fly-A-Way cukup aman untuk dikatakan memiliki replayability yang tinggi. Karena pada saat bermain ternyata tidak semua kartu burung akan turun ke meja, sehingga otomatis tercipta banyak kombinasi rute hanya dalam sekali main.

Conservation status

Akhir kata, tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Tuber yang telah memberikan review copy Fly-A-Way.

P.S: Pada saat artikel review ini diterbitkan Tuber masih menggalang dana untuk mewujudkan Fly-A-Way di platform Kickstarter hingga tanggal 14 Desember 2020. Kunjungi halaman Kickstarter mereka untuk mendukung dan mendapatkan board game Fly-A-Way: Fly-A-Way: A Squawking Fun Game about Migratory Birds by Tuber ā€” Kickstarter

P.S.S: Token burung 3d tidak termasuk dalam komponen Fly-A-Way alias hanya properti saja.

You may also like