Berkat Netflix Mini Seri The Queen’s Gambit, Penjualan Catur Melejit

Berkat Netflix Mini Seri The Queen’s Gambit, Penjualan Catur Melejit

Tak lama ini industri layar kaca diramaikan dengan mini seri berjudul The Queen’s Gambit di platform Netflix. Serial yang dibintangi oleh aktris cantik Anya Tailor-Joy tersebut banyak diperbincangkan, tidak hanya oleh kalangan pecatur namun juga oleh kalangan umum. Serial tersebut juga menjadi alasan penjualan catur di banyak toko melejit belakangan ini.

Dalam sebuah pernyataan kepada New York Times, perwakilan eBay memperkirakan penjualan papan catur di platform tersebut telah meningkat 215 persen sejak debut The Queen’s Gambit. Dari perusahaan lain, Goliath Games, memperkirakan penjualan perangkat caturnya naik lebih dari 1.000 persen.

Baca juga: Selain Umbrella Academy, Beberapa Seri Netflix ini Juga Ada Board Gamenya Lho

“Sejak The Queen’s Gambit diluncurkan, penjualan catur kami telah meningkat tiga digit,” Elizabeth LoVecchio, wakil presiden pemasaran di perusahaan mainan Spin Master, mengatakan kepada NPR.com.

Divisi penjualan Federasi Catur AS melaporkan peningkatan penjualan Catur berbahan kayu, yang dapat menelan biaya beberapa ribu dolar, sejak serial tentang catur ini ditayangkan.

The Queen's Gambit data interest
Data: Google Trends

Berdasarkan data dari Google Trend, pencarian menggunakan kata “Chess” (Catur) sendiri ikut meningkat drastis sekitar 65% di bulan November, bulan di mana mini seri yang ditulis dan disutradarai oleh Scott Frank mulai ditayangkan. Data tersebut merujuk untuk pencarian dari seluruh.

The Queen’s Gambit menyorot kisah sukses seorang pecatur wanita jenius bernama Elizabeth Harmon (diperankan oleh Anya Taylor-Joy). Seri tersebut menceritakan dari awal Elizabeth menyukai catur dari sejak kecil dan memberanikan dirinya untuk bersaing di dunia catur yang didominasi oleh laki-laki.

Jadi, apakah kamu juga salah satu yang merasa ingin bermain atau belajar catur gara-gara nonton The Queen’s Gambit?

Sumber: nytimes.com

You may also like