The Queen’s Gambit: The Board Game, Catur di Dalam Catur

The Queen’s Gambit: The Board Game, Catur di Dalam Catur

Selama pandemi sebelum bioskop mulai dibuka, masyarakat dimanjakan dengan layanan streaming seperti Youtube, Netflix dan lainnya. Oktober lalu, mini seri tentang perjalanan seorang pecatur perempuan dalam The Queen’s Gambit tayang di Netflix. Tentu serial pendek yang dibintangi oleh Anya Taylor-Joy sebagai Elizabeth Harmon ini langsung menuai banyak penggemar. Tidak hanya itu, penjualan papan catur melonjak di toko-toko mainan semenjak tayangnya drama tujuh episode tersebut.

Baca juga: Berkat Netflix Mini Seri The Queen’s Gambit, Penjualan Catur Melejit

Kabar baiknya, kini pembaca bisa menjadi pecatur hebat layaknya Beth Harmon dengan memainkan The Queen’s Gambit: The Board Game. Dalam cerita, Beth Harmon digambarkan sebagai perempuan yang mampu memvisualisasikan gerakan bidak-bidak catur beberapa langkah ke depan dalam pikirannya. Di permainan ini pemain ditantang untuk juga bisa melakukannya.

Sebanyak 2-4 pemain saling mencoba membaca langkah lawan dan mendaratkan bidaknya memakan keping catur yang tersebar di papan permainan. Mereka akan bermain catur di dalam permainan catur. Nah lo, bingung?

The Queen's Gambit: The Board Game, Mixlore, 2021 — back cover

Para pemain tidak akan mendapatkan bidak-bidak catur pada umumnya, melainkan gambit piece atau bidak besar yang akan bergerak di dalam papan catur. Aksi pemain dijalankan menggunakan mekanik programming. Hal ini dilakukan dengan cara setiap pemain merencanakan pergerakan gambit piece-nya menggunakan kartu untuk tiga langkah ke depan. Kartu ini berisi opsi ke mana bidak bisa melangkah.

Lalu pemain mulai membuka kartu pertamanya dan menjalankan gambit piece secara bergiliran.Ketika semua pemain telah mendapatkan giliran menjalankan gerakan pertama, giliran berlanjut ke gerakan kedua hingga ketiga. Usahakan untuk memakan keping catur dalam prosesnya.

Begitu di papan catur sudah tidak ada lagi keping catur yang tersisa maka permainan selesai dalam kurung waktu kurang lebih 15 menit saja. Pemenangnya adalah pemain yang berhasil memakan keping catur terbanyak.

The Queen’s Gambit: The Board Game diterbitkan oleh Mixlore. Satu paketnya diperkirakan akan dijual dengan harga di kisaran Rp400.000 (belum termasuk ongkir dan bea cukai).

You may also like

Leave a Reply