Dodo, Board Game Anak yang Jadi Hits di Jerman

Dodo, Board Game Anak yang Jadi Hits di Jerman

Banyak faktor yang membuat board game disukai. Bisa dari tema, narasi, cerita, gambar atau dari cara mainnya. Pada akhirnya, setiap judul board game punya keseruan dan keunikannya masing-masing. Setahun belakangan ini ada satu board game keluaran KOSMOS yang cepat mendapat perhatian masyarakat karena keunikannya. Board game ini berjudul Dodo.

Dodo adalah board game yang mengandalkan mekanisme kerja sama dari semua pemain. Bercerita tentang burung Dodo yang hampir punah. Sebuah keajaiban, burung ini baru saja bertelur. Tentu saja keselamatan telur ini adalah segala-galanya.

Dodo KOSMOS
Dodo di pameran SPIEL ’21

Hanya saja sang Dodo sempat lalai dan meninggalkan sarangnya yang ada di puncak gunung. Karena tidak dijaga, telur Dodo perlahan mulai menggelinding. Penduduk sekitar ternyata ada yang melihatnya dan berusaha menyelamatkan telur itu. Pemain pun berperan sebagai penduduk sekitar yang bekerjasama membuat jembatan kayu agar telur menggelinding di jalur yang aman dan tidak terjatuh dari tebing. Sesampainya di dasar gunung, pemain harus menyiapkan kapal untuk menyambut telur dengan aman.

Board game ini bisa dimainkan mulai dari usia 6 tahun ke atas. Cara memainkannya pun sangat mudah. Untuk membuat jembatan pemain hanya perlu melempar dadu kemudian mencari kepingan yang sesuai. Jika simbol yang muncul di dadu sama dengan keping yang dibuka, pemain boleh menambahkan jembatan baru.

Mekanisme telur yang menggelinding di permainan ini sangat menakjubkan. Tak heran karenanya board game yang dirancang oleh Frank Bebenroth dan Marco Teubner cepat digemari oleh masyarakat. Keunikannya ini pula yang menghantarkan Dodo meraih penghargaan Deutscher Spielepreis 2021 (German Game Award) untuk kategori game anak terbaik.

Saat ini Dodo masih eksklusif diedarkan di pasar Jerman. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan akan segera tersedia versi bahasa Inggrisnya karena permainan ini sudah menuai banyak respon positif. Bagi yang penasaran sementara bisa langsung mendapatkannya dengan harga 29,99 Euro atau Rp500.000 (belum termasuk ongkir ke Indonesia) melalui situs resmi KOSMOS.

You may also like

Leave a Reply