DECODE: Menara Satya – Escape Room Board Game Indonesia [Review]

DECODE: Menara Satya – Escape Room Board Game Indonesia [Review]

Ada berbagai aktivitas dan wahana yang dicari oleh orang-orang penyuka tantangan dan teka teki, salah satunya adalah escape room. Di Indonesia, escape room mungkin mulai populer di tahun 2015. Wahana ini mengajak pengunjung untuk memecahkan teka-teki di ruangan yang terkunci. Biasanya mereka diberi batasan waktu dan dinyatakan menang atau berhasil jika sukses keluar ruangan sebelum waktu habis.

Seiring jalannya perkembangan zaman escape room dikemas menjadi lebih portable dan bahkan bisa dimainkan di rumah. Di luar negeri, sudah banyak keluar board game bergaya escape room seperti Exit, Unlock, Escape Room in a Box, Deckscape dan lainnya. Kabar serunya, tak lama ini akhirnya muncul escape room board game karya anak bangsa. Judulnya DECODE: Menara Satya buatan Fame Studio asal Jakarta.

Baca juga: Ternyata Escape Room Menjadi Tren Baru di Industri Board Game

Seperti apa sih permainannya? Ikuti saja ulasan DECODE: Menara Satya berikut ini:

Gambaran Permainan

Agak berbeda dengan premis escape room game pada umumnya di mana pemain terkunci di suatu tempat. Di DECODE: Menara Satya pemain diceritakan sebagai tim penjelajah dan tim mekanik yang datang ke Menara Satya untuk membongkar misteri gedung tua itu. Terdapat beberapa tumpuk kartu dengan fungsi yang berbeda. Biasanya pemain perlu memecahkan teka-teki untuk bisa melanjutkan permainan.

Aksi & Mekanik

Seperti escape room kebanyakan, permainan ini dimainkan secara kooperatif. Artinya semua pemain harus saling membantu dan bekerja sama untuk menyelesaikan permainan. Satu hal yang unik, di permainan ini para pemain akan dibagi menjadi dua tim yang akan menyusuri area yang berbeda.

Pada awalnya semua tim berada di satu lokasi. Di kartu lokasi tersebut terdapat beberapa simbol huruf. Pemain cukup mencari huruf yang sesuai dari dek lalu membuka kartu tersebut. Setiap kartu baru yang dibuka bisa berupa lokasi baru, petunjuk teka-teki atau malah bertemu dengan misteri yang harus dipecahkan.

Jawaban dari sebuah teka-teki pasti merujuk ke kartu kartu angka. Jika mendapat kartu angka yang benar pemain akan berlanjut ke lokasi baru atau menemukan objektif.

Setiap tim memiliki akses dek kartunya masing-masing. Hal ini memudahkan tim untuk fokus ke tantangan yang ada pada deknya. Setelah cukup berprogres kedua tim akan berpisah dan mereka tidak boleh berkomunikasi karena diibaratkan pisah tempat meskipun bermain di meja yang sama.

Setiap tim memiliki lima nyawa. Nyawa akan berkurang jika mereka membuka kartu yang salah. Di akhir permainan, pemain akan mendapat poin dari berapa menit mereka menyelesaikan permainan dan berapa jumlah nyawa yang tersisa.

Jangan khawatir kalau pembaca mentok dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Ada kartu hint dan solusi. Hanya saja apabila pemain memakainya akan mengurangi poin di akhir permainan.

Visual & Komponen

Dari cover bagian depan, ilustrasinya sudah cukup membuat penasaran dengan puzzle dan misteri yang ditawarkan. Aset gambar dan ilustrasi bisa dibilang tidak kalah menariknya dengan escape room board game luar negeri.

Bahan dari kotak boksnya pun cukup tebal dan kokoh. Di dalamnya juga terdapat partisi komponen yang terbuat dari busa tebal. Satu hal yang agak disayangkan di setiap kartunya tidak ada nomor serinya jadi agak repot jika harus disortir lagi.

Replayability

Satu hal yang pembaca perlu ketahui sebelum memutuskan membeli, board game berjenis escape room termasuk DECODE: Menara Satya ini biasaya rampung hanya dalam sekali main. Dengan kata lain hampir tidak memiliki replayability. Alasannya mudah, pemain yang sudah pernah meyelesaikannya kemungkinan besar ingat dengan jawaban atau solusi teka-teki yang disediakan.

Meskipun demikian, bukan berarti game ini tidak bisa dimainkan lagi. Setelah membelinya, pemain bisa menantang saudara atau keluarga untuk memainkannya. Atau jika di rumah ada empat orang pemain, coba mainkan dalam dua sesi. Tiap sesi dimainkan oleh dua pemain saja. Kemudian tinggal adu poin di akhir game saja siapa yang lebih unggul.

Untungnya permainan ini tidak ada unsur melipat atau menggunting kartu karena itu yang terjadi pada Exit The Game keluaran KOSMOS. Setelah menyelesaikan Exit, permainan hampir tidak mungkin bisa dimainkan lagi karena komponennya tidak lagi utuh.

Tanggapan Akhir

Isa R. Akbar

Saya cukup terkejut karena rupanya di Indonesia sudah ada yang bisa membuat board game sejenis escape room. Experience yang ditawarkannya pun cukup berbeda karena pemain dibagi ke dalam dua tim. Saya rasa DECODE merupakan escape room board game tersulit karena ada teka-teki yang mustahil diselesaikan tanpa menggunakan kartu hint ataupun kartu solusi. Oh iya, twist di endingnya mengejutkan lho! Keren pokoknya.

Amalia Cindra

Game-game escape room asli Indonesia masih jarang banget ada, jadi lumayan fresh idenya. Ilustrasinya keren dengan vibes antik gitu yang makin nunjukin kuatnya narasi. Pas nyobain, waktu berhasil dapetin petunjuk lewat analisa sendiri, berasa jadi detektif hebat wkwk.

An old pencil drawing of Don Quixote and Sancho Panza sitting on their horses, by Wilhelm Marstrand.

M. Arif Prima Kelana

Puzzle yang ditawarkan DECODE cukup menarik, sebagai penikmat boardgame escape room saya cukup terhibur walau ada puzzle yang kurang jelas arah ataupun petunjuknya. Tapi ada satu puzzle yang paling memorable buat saya karena cukup out of the box. Kasih tahu nggak ya? Nanti spoiler.. hehe.

Akhir kata, tim Boardgame.id mengucapkan terimakasih kepada Fame Studio yang telah memberikan review copy DECODE: Menara Satya.

Beli DECODE: Menara Satya di Tokopedia dan Shopee.

You may also like

Leave a Reply