5 Panduan Beli Board Game Agar Kamu Tidak Bingung

5 Panduan Beli Board Game Agar Kamu Tidak Bingung

Boardgame.id sering kali mendapat DM di Instagram @boardgame.id yang menanyakan tentang rekomendasi board game apa yang seru untuk dimainkan. Menjawabnya gampang-gampang susah dan biasanya jawabannya berbeda-beda. Sebab setiap orang pasti punya pertimbangannya masing-masing saat beli board game, belum lagi masalah selera juga tentu berbeda tiap individu.

Biasanya kami mulai menjawab dengan mengembalikan pertanyaan seperti sudah pernah bermain board game apa saja? berapa orang yang biasa ikut bermain? berapa usianya? dan kadang ada pertanyaan susulan lainnya. Agar kamu tidak bingung kalau mau cari atau beli board game, coba jawab dulu 5 pertanyaan di bawah ini:

1. Berapa usia pemain paling muda yang akan ikut bermain?

Jawaban ini akan menentukan kamu harus beli board game yang sekompleks apa. Kalau yang ikut bermain ternyata paling muda adalah si adik usia 5 tahun ya artinya carilah board game anak-anak. Usia berkaitan dengan tingkat kompleksitas sebuah game. Di samping atau di balik kotak board game biasanya tertera usia minimal yang direkomendasikan. Semakin kecil angkanya selaras dengan semakin mudahnya aturan bermain.

Eits, jangan salah, ketika bicara board game anak-anak atau children board game bukan berarti pemain lainnya yang lebih tua tidak bisa menikmatinya. Kebanyakan board game anak-anak masih tetap seru dan menantang kok untuk dimainkan oleh mereka yang sudah menginjak usia remaja atau malah dewasa.

Sebaliknya, kalau paling muda adalah teman sepantaranmu. Kamu bisa ajak mereka bermain board game strategi mulai dari yang ringan sampai mikir berat, tapi ada baiknya kamu lanjutkan dulu menjawab pertanyaan berikutnya.

Beberapa contoh children board game antara lain: MARBEL Fire Fighter Card Game, Si Bulan Cooking Card Game, Si Bulan Kotak Kata Hijaiyah, Tak-Umpet dan lainnya.

Baca juga: Yuk Belajar Masak Bersama Si Bulan Koki Super Card Game

2. Pesertanya berapa pemain?

Rentang jumlah pemain board game dari satu judul dan judul lainnya beragam. Informasi ini bisa ditemukan juga di samping atau belakang box, satu paket dengan info usia rekomendasi minimum di atas. Kalau mau carinya online ya biasanya di deskripsi produk sudah menyebutkan juga jumlah minimal dan maksimal pemain.

Ada yang bisa dimainkan minimal berdua, ada juga yang setidaknya harus bertiga, atau malah hanya untuk satu orang saja. Ya! Board game ada juga yang bisa dimainkan sendiri, biasanya disebut solo board game. Bagi beberapa orang fitur single player ini menjawab kebutuhan mereka yang sulit mencari teman main atau mungkin mau jajal main sendiri dulu sebelum dimainkan beramai-ramai sembari memahami aturan mainnya.

Misal hanya berdua, ada juga kok board game yang khusus dimainkan untuk dua pemain saja atau two-player board game. Entah kalian adalah kekasih atau rival yang intinya ingin seru-seruan dengan berduel. Bisa juga memilih board game ini untuk dimainkan sambil menunggu pemain lainnya datang bergabung.

Baca juga: KEPO, Uji Seberapa Banyak yang Kenal Kamu di Board Game Ini

Kamu tidak perlu bingung kalau jumlah pemainnya lima atau lebih karena ada juga istilah party board game yang biasanya mengakomodir hingga 6, 8, 10 pemain atau malah lebih. Kompleksitas party board game cenderung rendah dan tidak terlalu memusingkan. Dari durasinya pun tergolong singkat untuk jumlah pemain yang banyak.

Beberapa contoh party board game antara lain: Wowo Wiwi, Oktet, Kata Emak, KEPO dan lainnya

3. Sanggup bayar berapa?

Kalau kamu bukan sultan, tentu masalah duit jadi krusial. Board game yang beredar di pasaran hadir dengan ukuran box yang beragam dengan harga yang ramah di dompet sampai yang fantastis. Demi mengerucutkan pilihan board game mana yang harus kamu beli, ada baiknya kamu set budget (kecuali kamu sultan). Kalau dananya hanya ada Rp500.000 ya artinya kamu tinggal eliminasi saja judul-judul yang harganya lebih dari itu.

Pasar board game di Indonesia sendiri saat ini masih didominasi oleh board game impor. Makanya soal harga kadang agak mengejutkan memang, karena distributor tentu memasukkan elemen biaya impor, pajak dan pengiriman luar negeri dalam menentukan harga jual Rupiah-nya.

Kalau dana benar-benar terbatas kamu bisa juga lirik board game Indonesia yang nggak kalah seru. Pilihannya juga udah banyak kok, di Galeri Boardgame ID (Tersedia di Tokopedia, Shopee, Blibli) saja ada lebih dari 20 judul board game lokal yang bisa dibeli mulai dari yang di bawah seratus ribu hingga di atas tiga ratus ribu Rupiah.

Beli board game
Nggak, kamu nggak bisa beli board game pakai uang Monopoli | Foto: PxHere

4. Preferensi grup mainnya seperti apa?

Board game itu seperti musik, tergantung selera dan cocok-cocokan. Mungkin ada yang lebih suka lagu metal daripada kpop. Berlaku juga dengan board game. Mungkin ada yang kurang suka tema zombie dan lebih suka tema makanan atau fashion, biasanya sih yang ciwi-ciwi.

Baca juga: Jago Masak? 4 Board Game ini Tantang Kamu Meracik Bahan Makanan

So, itu yang kadang jadi jebakan. Udah hepi uang cukup dan bisa bawa pulang board game yang udah lama diincar. Eh, pas dimainkan bersama yang lain ternyata tidak sesuai ekspektasi alias flop. Sesi bermain jadi garing. Bisa jadi kamu salah beli board game. Salahnya di mana? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, salah pilih tema tadi adalah contohnya.

Semakin kenal kamu dengan grup mainmu akan memudahkanmu memilih board game tipe yang cocok seperti apa. Tidak ada salahnya juga langsung bertanya kepada lawan main mereka lebih suka permainan yang bagaimana. Misalnya mereka jawabannya ingin ada banyak surprise-nya bisa cari board game yang pakai dadu. Jika ternyata mereka lebih suka adu otak ya cari euro board games atau strategy board games. Atau jangan-jangan teman-temanmu tidak suka berkompetisi, maka cooperative board games adalah jawabannya.

Kalau ternyata dia pemain baru atau bahkan baru kenal kamu bisa ajak main game yang tidak terlalu kompleks atau diajak saja main children board game. Kalau mereka adalah keluargamu sendiri bisa coba cari family board game.

beli board game tema masak
Waroong Wars, board game Indonesia bertema makanan

5. Sudah pernah memainkannya?

Ada beberapa elemen yang berkontribusi dalam keputusanmu membeli board game tertentu. Salah satunya ya karena kamu sudah pernah mencoba memainkannya dan kini ingin memilikinya. Mencoba board game bisa dengan banyak cara, memainkannya secara online, minta teman membawa game tersebut atau berkunjung ke board game cafe terdekat. Singkatnya kalau sudah coba, suka, langsung beli board gamenya.

Tidak semua board game memiliki adaptasi digital yang dimainkan secara online, atau board game cafe tongkronganmu juga belum memiliki board game incaranmu. Kalau kamu sama sekali tidak bisa mencoba board game tersebut, daripada salah beli kamu bisa juga menyaksikan video tutorial, video review atau membaca ulasan-ulasan board game seperti yang ada di segmen ini: Review segment – Boardgame.id | Info terbaru board game Indonesia & dunia

Apabila masih juga bingung menentukan board game apa yang seru untuk dimiliki dan dimainkan, kamu masih bisa kok mengirimkan DM ke Instagram @Boardgame.id atau chat Facebook Page Boardgame.id menggunakan tombol chat di pojok bawah halaman ini.

Semoga artikel ini bisa membantumu menemukan pasangan hidup board game mana yang harus kamu beli.

You may also like