Awas! 5 Hal Ini Bisa Mengancam Kondisi Board Game Koleksimu

Awas! 5 Hal Ini Bisa Mengancam Kondisi Board Game Koleksimu

Layaknya barang-barang pada umumnya, pasti ada perubahan kondisi seiring dengan berjalannya waktu. Besi bisa berkarat, makanan bisa basi dan menjamur, atau yang paling sering yakni jadi berdebu. Begitu juga dengan board game yang kamu miliki di rumah ataupun koleksi di board game cafe, kondisi mereka lama-lama akan berubah.

Perubahan kondisi ini memang tak terhindarkan karena pasti akan terjadi. Hanya saja, ada lima hal yang musti kamu hindari jika kamu ingin board game kesayanganmu tetap dalam kondisi prima:

Baca juga: 7 Tips Membuat Teman atau Keluargamu Jadi Suka Board Game

1. Cahaya Matahari

Seperti poster-poster yang terpampang di mading sekolah atau kampus, jika sering terkena sinar matahari langsung warna poster ini akan memudar dan memucat. Board game juga, oleh karena itu jangan sampai kamu menyimpannya persis di dekat jendela atau ventilasi tempat masuknya sinar matahari.

Alternatifnya, bisa saja kamu membeli kaca film UV untuk melapisi kaca di jendelamu.

kondisi warna berubah
Warna box memucat | Foto: Boardgamegeek

2. Kelembaban

Jangan kira kotak board game-mu akan aman-aman saja terhadap kelembaban. Jika kotak permainan disimpan di lingkungan yang lembab, papan dan kotak bisa melengkung lho!. Jadi meletakkan koleksimu di rak adalah suatu kewajiban.

Kenapa? karena keberadaannya di dalam rak akan menjauhkan kontak langsung box board game dengan lantai yang memiliki kelembaban cukup tinggi. Alternatif lainnya, untuk memastikan kotakmu tetap kering simpanlah koleksimu di ruang bawah tanah. Atau, rutinlah mengganti silica gel agar board gamemu tidak apek dan tentu belilah dehumidifier seperti serap air.

3. Cara Menyimpan

Ada dua tipe board gamer dalam menyimpan koleksi mereka di dunia ini: Mereka yang menyimpan box secara horizontal (ditata ke samping) dan mereka yang menyusun box dengan cara menumpuknya (vertikal). Tim gaya simpan horizontal pasti akan mengatakan, board game dan segala isi dalamnya akan mudah tumpah. Sedangkan mereka yang pro simpan vertikal justru berpendapat jika ditumpuk secara horizontal box akan mudah penyok.

Gaya vertikal | Foto: boardgamegeek

Tipe manapun yang kamu pilih, kamu tetap harus cermat. Jika ingin ditumpuk, tumpuklah dengan bijak. Jangan sampai box yang kecil, apalagi tipis berada di paling bawah. Jika kamu memilih untuk menyimpannya di susun menyamping, baiknya jangan buang papan bekas token alias punch board! Letakkan punch board di bagian paling bawah di dalam box.. Mereka akan sedikit mengangkat tray atau insert yang ada di dalamnya, mengeliminasi celah atau ruang kosong di dalam box. Bisa juga kalau kamu punya tabungan lebih, buat atau belilah custom insert.

4. Temanmu

Ya! Dari segala ancaman di atas, manusialah yang paling mengancam keutuhan board game-mu. Meski board game sangat menyenangkan dimainkan bersama dengan teman-teman. Tetapi kamu juga baiknya menyeleksi dengan siapa kamu bermain. Jangan sampai teman mainmu ini tukang melengkungkan kartu atau melakukan jurus yang belum dipelajari oleh avatar sang pengendali empat elemen, yaitu card bending!

Card bending | Foto: pokerinabc

Hindari juga mereka yang ceroboh seperti makan cemilan sambil bermain yang sangat bisa dipastikan akan meninggalkan jejak remah makanan di komponen. Gunakan juga meja yang cukup lebar untuk menjauhkan makanan dan minuman agar tidak tumpah juga ke komponen. Jika minum-minuman dingin, gunakan juga alas di bawahnya agar air tidak merembes.

Oh ya, kamu mungkin juga perlu belajar cara mengocok kartu yang baik. Solusi terakhir, kalau kamu sultan, belilah dua kopi game yang sama. Satu untuk dimainkan, satu untuk disimpan, dipajang dan tidak perlu sampai kamu buka plastik boxnya.

5. Penjual yang tidak bertanggung jawab

Kata-kata konsumen adalah raja tidak selalu diindahkan oleh para penjual. Ada yang tak mau peduli dengan kepuasan pelanggan karena yang penting cuan. Ada beberapa kisah nyata yang dialami oleh komunitas board game di Indonesia yang mendapati board game dengan kondisi yang tidak lagi sempurna.

Keluhan pelanggan | Sumber: Indoboardgames Group

Barang yang dijual asli, masih baru namun waktu pengepakan kadang ada saja yang tidak dilapisi atau bungkus dengan bubble wrap. Jadilah waktu diterima, kondisi paket sudah tidak mulus lagi lantaran penyok, atau minus lainnya. Begitu dikomplain, ada penjual yang tidak mengaku salah, tidak mencoba menyelesaikan permasalahan. Kalau sudah begitu, pembeli pun malah akan memberikan testimoni dan rating buruk pada penjual tersebut.

Meskipun begitu tidak semua penjual seperti itu, masih ada banyak penjual board game lainnya yang terpercaya, pengepakan aman dan bersedia menerima dan menyelesaikan komplain secara baik. Terutama kalau kamu sedang mencari-cari board game yang seru untuk bisa dimainkan bersama teman atau keluarga di rumah, bisa coba beli board game Indonesia di Galeri Boardgame ID yang ada di Tokopedia dan Shopee.

You may also like