Tips Buka Usaha Board Game Cafe #3: Karyawan [REPOST]

Tips Buka Usaha Board Game Cafe #3: Karyawan [REPOST]

Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain board game, yang kemudian lebih sering disebut sebagai Board Game Cafe. Melihat hal positif ini, penulis memutuskan untuk membuat seri artikel tentang tips-tips bagaimana membuka usaha board game cafeĀ yang baik. Ulasan dalam seri artikel ini akan merujuk pada video yang diunggah langsung oleh board game cafe paling terkenal di Toronto, Amerika yaitu Snakes & Lattes.

Tips #03: Karyawan

Tips ketiga dari 12 seri artikelĀ tips dalam membuka usaha board game cafe adalah adalah karyawan. Karyawan menjadi sumber daya manusia yang amat penting agar board game cafe mu tetap berjalan dengan baik. Yang dibutuhkan tidak hanya karyawan yang bertugas sebagai pelayan atau kokiĀ  saja lho!

Baca juga:Ā Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #2: Koleksi Board Game

Kamu harus punya karyawan yang tugasnya khusus untuk membantu atau menjelaskan cara bermain board game-board game yang biasa disebut sebagai Game Coach atau Game Master. Untuk mendapatkan karyawan yang cocok untuk menjadi “Game Coach” juga tidak mudah. Rekomendasi paling awal adalah kamu harus mencari orang yang memang hobi dan suka bermain game. Lebih baik lagi kalau si calon karyawan ini sangat passionate terhadap board game.

Game master juga karyawan
Game Master dibutuhkan untuk mengajarkan pengunjung cara bermain board game

Tidak hanya sampai disitu, ia harus pintar mengkomunikasikan board gameĀ yang peraturannya banyak atau ribet agar mudah diterima pelanggan. Ya, skill komunikasi penting untuk dimiliki oleh seorang Game Coach. Memilihkan board game yang tepat untuk grup pelanggan yang datang ke cafemu.

Lalu, Game Coach juga harus bisa bersabar. Jangan sampai naik pitam bila bertemu pelanggan yang susah menerima peraturan ketika dijelaskan. Tentu sebagai pemilik cafe kamu juga terkadang perlu turun tangan langsung menjadi Game Coach agar lebih akrabĀ dengan pelanggan.

Baca juga:Ā Warga Jakarta Utara, Yuk Main Sama-sama di Board Game Cafe Baru di Sunter Ini!

UPDATE: Salah satu board game cafe di Bandung malah secara intensif memberikan pelatihan kepada para calon Game Coach. Mereka diminta mencoba bermain sebanyak mungkin board game yang nanti akan tersedia di cafe sembari menghafal cara mainnya.

Baca juga:Ā Penghasilan Menggiurkan! Peluang Profesi Game Coach di Board Game Cafe / Library

Nantikan tips selanjutnya setiap hari Senin ya. Minggu depan akan dibahas tentang “Menu dan Dapur” untuk board game cafe-mu.

 

You may also like