5 Langkah Mudah “Meracuni” Keluarga dan Teman dengan Board Game

5 Langkah Mudah “Meracuni” Keluarga dan Teman dengan Board Game

Bagi yang sudah akrab dengan board game, mereka pasti ingin orang-orang terdekatnya juga bisa mengakrabkan diri dengan board game. Sayangnya, mengatakan “board game itu seru lho, cobain dulu aja” di depan mereka tidak langsung membuat mereka tertarik.

Well, semua ada prosesnya dan mungkin memang tidak mudah. Setidaknya coba 5 langkah mudah berikut apabila kamu benar-benar ingin mengajak teman dekat dan keluargamu bermain board game dan berharap mereka juga kemudian suka dan tertarik untuk main lagi.

1. Riset dan cari tahu

Sebelum mengajak mereka main ada baiknya kita tahu dulu apa yang disukai anggota keluargamu, mungkin mereka punya jawaban yang berbeda-beda tapi pasti ada benang merahnya. Misalnya Ayah jawab suka nonton, Ibu suka memasak dan kakak suka membaca novel.

Kalau sudah paham cari tahu lagi lebih dalam, mungkin ayah suka nonton sambil makan martabak, dan kakak suka baca novel di cafe biar cozy dan coba makanan di sana. Kesimpulan kecilnya mereka suka makan.

2. Pilih game

Setelah kamu yakin dengan kesukaan mereka, misal melanjutkan yang di atas ternyata mereka suka makan. Coba kamu cari-cari board game bertema makanan, ada banyak kok. Kalau kamu bingung kamu bisa memanfaatkan situs Boardgamegeek untuk mencari tema yang sesuai. Cari yang mudah dimainkan, dan durasinya singkat.

Baca juga: 6 Langkah Mudah Mencari Board Game dengan Tema Tertentu

Well, untuk tema makanan kamu bisa menyiapkan Waroong Wars misalnya, salah satu permainan kartu asli Indonesia tentang makanan khas Surabaya. Minimal pastikan game yang akan dipilih cenderung mudah dari aturan dan tidak memakan durasi terlalu lama, maksimal satu game 30-45 menit lah.

3. Jadwalkan sesi main

Sebaiknya jadwal main perlu direncanakan, jangan sporadis atau tiba-tiba. Anggap saja seperti membuat jadwal nonton bareng di bioskop. Janjian dulu, tentukan nonton film apa ceritakan sedikit sinopsis, genre atau aktornya, pilih hari di mana semuanya bisa alias tidak ada halangan lalu cari jam yang tepat.

Begitu juga dengan merencanakan jadwal main, misalnya kamu bilang ke keluarga malam minggu besok setelah makan malam kita bikin sesi game. Ceritakan juga sedikit narasi dari game yang nanti akan dimainkan temanya apa, dan jangan lupa bilang kalau cara mainnya gampang.

4. Masak atau tawarkan makanan

Kalau memang kamu set jadwal main setelah jam makan, ada baiknya kamu juga mempersiapkan menu makanan. Kalau kamu bisa masak, coba tawarkan kalau kamu yang akan memasak, atau mungkin bisa kerja sama dengan Ayah atau Ibu yang lebih jago masak. Pilihan yang lebih simple, kamu bisa pesan pizza atau makanan lain yang bisa dinikmati sama-sama.

Minimal kalau mereka sebenarnya mungkin tidak tertarik dengan sesi gamenya, sesi makan bareng ini bisa jadi jembatan. Sesuai makan, bereskan meja makan lalu ganti makanan dengan board game yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

5. Jauhkan dari segala bentuk gangguan

Board game perlu dimainkan dengan serius dan fokus agar tercipta pengalaman bermain yang seru dan asik. Artinya, smartphone, ipad, televisi, radio bisa menjadi distraksi dan mengganggu jalannya permainan. Mungkin saja sesi main berhasil dijalankan namun saat sesi berlangsung Ayah sibuk melihat HP yang pada akhirnya mereka merasa sesi main board game kurang seru. Hal ini bisa dikarenakan mereka sendiri yang memecah fokus antara bermain dengan hal-hal kecil lainnya.

Maka sebaiknya begitu board game sudah berada di atas meja, matikan benda-benda elektronik, jauhkan atau minimal aktifkan mode hening. Oleh karena itu, saat fas memilih game, penting pula memikirkan permainan yang cepat dan seru agar mereka tidak cepat merasa bosan.

Nah! Itu dia 5 langkah mudah untuk mengajak keluarga atau temanmu agar mereka tertarik dengan board game. Kalau kamu ingin mencari board game Indonesia, kunjungi Galeri Board Game Indonesia yang berlokasi di PlaySpace by Boardgame.id di Jalan Sukanagara no. 31, Antapani, Bandung. Kamu juga bisa membeli board game Indonesia secara online dengan mengunjungi Galeri Board Game Indonesia di Tokopedia dan Shopee.

Jadi, sudah siap mempraktekkan 5 langkah mudah di atas?

You may also like