5 Keutamaan Work From Home Untuk Keluarga Bahagia

5 Keutamaan Work From Home Untuk Keluarga Bahagia

Pasti ada hikmah di balik setiap peristiwa, begitu juga dengan mewabahnya Covid-19 di banyak negara termasuk Indonesia. Salah satu hikmahnya mungkin bisa dirasakan oleh para pencari nafkah yang jam kantornya masih lebih banyak di rumah alias work from home.

Selagi banyak waktu di rumah (meskipun sembari kerja), ternyata ada yang banyak keutamaan yang bisa dirasakan. Setidaknya, berikut ini ada limakeutamaan work from home yang sebaiknya bisa dimanfaatkan baik oleh keluarga agar bisa lebih harmonis dan bahagia:

Baca juga: Keluarga Asal Surabaya Ini Ajak Anak Main Board Game Untuk Kurangi Ketergantungan Gadget

1. Irit biaya transportasi

Tempat kerja terkadang lokasinya berada cukup jauh dari tempat tinggal. Bahkan mungkin ada yang tinggal dan bekerja di kota yang berbeda. Pastinya setiap hari ada biaya yang keluar untuk membawa diri dari rumah ke kantor. Bisa dalam bentuk pengeluaran uang bensin kalau pakai kendaraan pribadi atau uang transportasi jika memanfaatkan kendaraan umum seperti bus atau mungkin kereta.

Karena diharuskan bekerja di rumah, pengeluaran untuk transport ini harusnya bisa dipangkas. Bersyukurlah apabila gaji tidak ikut terpotong karena atasan paham hal ini. Uang yang biasanya keluar untuk membiayai transportasi mungkin kini bisa dikelola untuk kebutuhan lain atau ditabung.

2. Terhindar dari kemacetan

Masih berhubungan dengan jarak dari rumah ke tempat kerja. Kadang kala ada pegawai yang diharuskan absen jari, wah nggak kebayang tuh harus berangkat subuh agar terhindar macet dan bisa absen tepat waktu. Belum lagi waktu pulang kerja bisa molor dan makin malam sampai rumah karena kena macet. Waktu untuk bertemu dengan keluarga makin sedikit.

Kalau bekerja di rumah tentu pengalaman di atas harusnya tidak lagi dirasakan kan? Mungkin masih ada absen tapi bisa dilakukan secara online. Kalaupun ada meeting, itu juga dilakukan online jadi tidak perlu khawatir terlambat datang ke lokasi meeting. Paling-paling sedikit terlambat bergabung karena kendala teknis jaringan internet atau perangkat yang bermasalah.

3. Makan di rumah lebih hemat

Sama halnya dengan transportasi di atas, biaya untuk makan harusnya juga terpangkas. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang lebih suka jajan atau makan di kantin atau sekitarnya ketimbang membawa bekal sendiri. Pengeluaran bagi yang suka ngopi-ngopi cantik pun harusnya bisa berkurang drastis.

Ada yang bilang suka kangen masakan rumah. Nah! berhubung selama work from home ada di rumah, puas-puasin dulu tuh masakan lezat dari istri/suami tercinta atau mungkin dari mama, nenek atau anggota keluarga lainnya yang memang jago memasak. Masalah ngopi bisa disiasati dengan membuat kopi sendiri di rumah. Cukup alokasikan budget untuk ngopi dengan membeli sendiri mesin kopi atau grinder dan biji kopi kiloan niscaya lebih murah dibanding ngopi-ngopi cantik dengan rasa yang nggak kalah mantapnya.

Work from home and coffee break
Bisa sambil leha-leha di sofa | Gambar: https://www.freepik.com/pressfoto

4. Bisa sambil rebahan

Zaman kerja di kantor, sebagai pagawai yang baik kamu sebisa mungkin tidak ingin terlihat letih atau mengantuk. Biasanya kamu mungkin memilih ngopi biar melek lagi. Saat bekerja pun ada etika yang harus dijaga, tidak bisa sembarangan duduk di kursi kerja namun kaki nangkring di meja.

Bagi kaum rebahan, work from home adalah surga. Mereka bahkan bisa bekerja dengan tetap berada di kasur atau sambil selonjoran di sofa rumah. Kalau mengantuk atau capai, bisa power nap sekejap. Kamu bisa mengambil posisi apapun yang dirasa paling nyaman. Bahkan sering kali kita hanya memperhatikan penampilan setengah badan ke atas, berkemeja tapi bawahnya sarungan. Bisa juga sambil bercanda dengan anggota keluarga untuk mengusir penat di kala kerja.

5. Banyak waktu untuk keluarga

Di poin sebelumnya sudah sempat dibahas sedikit. Bagi mereka yang jarak tempat tinggal dengan tempat kerja cukup jauh, apalagi yang bekerja di ibu kota, sering kali satu hari habis termakan oleh waktu yang terpakai untuk berpindah lokasi. Artinya, ayah atau ibu yang biasanya berangkat kerja subuh – pulang maghrib atau bahkan lebih malam jadi kehilangan banyak waktu bersama keluarganya.

Sekarang, karena tidak harus keluar dari rumah untuk mencari nafkah harusnya jadi lebih punya banyak waktu bersama keluarganya di rumah. Yang mungkin tidak sempat bertemu anaknya karena masih tidur saat berangkat hingga pulang kerja, kini jadi bisa berinteraksi bersama mereka sepanjang hari sambil tetap produktif bekerja.

Meskipun setiap hari sekarang jadi bersama keluarga namun di antara mereka juga pasti memiliki kesibukan masing-masing. Ada yang mungkin memang sibuk bekerja, bereksperimen, membuat karya hingga yang tenggelam ke kehidupan dunia maya melalui telepon pintar masing-masing.

Mashup Monsters

Bermain bersama keluarga

Seharusnya ini jadi momen yang pas untuk keluarga agar bisa mendekatkan diri masing-masing alias family bonding. Mumpung di rumah, mumpung lagi bareng, kenapa tidak melakukan aktivitas seru sama-sama yang bisa meningkatkan quality time di dalam keluarga. Misalnya dengan bermain board game sehabis makan malam, atau minimal sepekan sekali lah.

Baca juga: Inspiratif! Ibu Ini Bukukan Pengalaman Keluarganya Main Board Game

Untuk memulai langkah menggelar sesi bermain keluarga yang asik, miliki dulu board game Indonesia. Melalui Galeri Board Game Indonesia, Boardgame.id menyediakan banyak pilihan board game seru untuk dimainkan bersama keluarga. Lihat katalog selengkapnya di Tokopedia maupun di Shopee berikut ini, psstt ada board game dengan potongan harga spesial lho sampai 5 Oktober 2020:

You may also like