“Resep Main”, Ketika Ide Bermain Bisa Diracik Jadi Resep

“Resep Main”, Ketika Ide Bermain Bisa Diracik Jadi Resep

Imbas dari pandemi Covid-19 membuat sebagian guru dan orang tua menjadi cukup kewalahan dengan anak-anaknya. Biasanya pagi sampai siang mereka sedang bersekolah, kini mereka juga harus sekolah dari rumah dengan bantuan internet untuk mengikuti kelas.

Ada orang tua yang bingung bagaimana berkegiatan bersama anak, ada pula guru yang bingung cara belajar bersama siswa secara daring yang menyenangkan. Satu hal yang pasti, anak pasti suka dengan yang namanya ‘bermain’. Tentu mereka akan senang jika diajak bermain apalagi dengan guru atau orang tua mereka sendiri.

Lalu bagaimana cara agar orang tua dan guru selalu punya ide dan waktu untuk mengenalkan permainan seru ke anak-anak? Jawabannya adalah melalui program yang dicetuskan oleh Yayasan Ludenara yang dinamakan “Resep Main”. Sama seperti resep memasak, para ibu rumah tangga akan menggunakan bahan-bahan yang ada untuk dijadikan sebagai hidangan lezat menurut petunjuk resep yang ada. Begitu pula dengan Resep Main. Orang tua ataupun guru bisa memanfaatkan permainan yang ada di keluarga atau di sekitar mereka untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang seru untuk anak.

#dirumahaja, saatnya bermain bersama keluarga

Baca juga: #DiRumahAja, Saatnya Bermain Board Game Bersama Keluarga

Resep Main adalah sebuah panduan agar setiap orang bisa memanfaatkan berbagai game yang ada di sekitar kita sebagai media pembelajaran yang optimal. Resep Main juga disusun agar setiap orang yang membacanya bisa ikut mencoba dan mendapatkan manfaat baik dari game yang ada.

Ludenara sendiri memang sebuah organisasi non-profit yang berfokus pada pendidikan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran menggunakan game (game-based learning). Pengembangan Resep Main pada dasarnya dilandasi pemikiran berikut:

  1. Game sangat potensial untuk menjadi sebuah media belajar yang efektif. Namun untuk itu kita membutukan pengetahuan serta kemampuan untuk menyuguhkan dan mengolahnya game tersebut menjadi sebuah media belajar (Editorial: Play and learn: potentials of game-based learning. Maja Pivec, British Journal of Educational Technology Vol 38 No 3 2007 387–393).
  2.  Pendekatan pembelajar berbasis permainan (play/game-based learning) saat ini terbukti menjadi sebuah pendekatan pembelajaran yang efektif. World Economic Forum bahkan merekomendasikan play-based learning sebagai sebuah bentuk pembelajaran efektif untuk melatih 21st century skills.
  3.  Resep main adalah sebuah metode sederhana untuk kita bersama-sama coba mengolah dan menyuguhkan game untuk menjadi media belajar yang efektif. Resep main juga adalah satu langkah awal untuk menghadirkan ide pembelajaran berbasis game secara sederhana, dari kita, untuk kita. 

Resep Main bisa dikembangkan untuk berbagai jenis game yang ada. Dari mulai board game, mobile game, pc game, konsol game, game tradisional, juga berbagai game yang kita sendiri kembangkan/miliki.

Untuk bisa mengembangkan Resep Main simak lanjutan artikelnya berikut: “Resep Main” Ajak Orang Tua dan Guru Membuat Aturan Main Sendiri (boardgame.id)


Yuk, bermain board game Indonesia. Boardgame.id punya beraneka judul board game karya anak bangsa yang cocok dimainkan bersama keluarga. Bisa dipesan online, jadi ayah-bunda cukup selesaikan transaksi lalu tinggal tunggu deh paketnya sampai ke rumah.

Baca juga: Video Ini Ingatkan Orang Tua Untuk Bermain Board Game Bersama Anak

Yuk! Kunjungi halaman katalog untuk melihat judul-judul board game Indonesia yang bisa dibeli berikut ini:

You may also like