Ludenara Garap Board Game Kreatoria, Sarana Bermain & Belajar Siswa

Ludenara Garap Board Game Kreatoria, Sarana Bermain & Belajar Siswa

Merdeka Belajar yang telah digagaskan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim melahirkan program-program keren di mana guru bisa bereksperimen dengan metode pembelajaran yang mendukung untuk bisa membuat siswa-siswi semangat dan senang belajar. Harapannya dengan dimotivasi untuk terus belajar inilah siswa-siswi kita bisa belajar dengan lebih efektif dan outputnya kualitas pendidikan kita juga bisa meningkat.

Mendukung hal tersebut, Yayasan Ludere Nusantara (Ludenara) bergabung ke Program Organisasi Penggerak (POP) yang mengutamakan slogan Merdeka Belajar. Lewat program ini mereka berkesempatan mengajak 240 guru untuk bereksperimen dengan metode Game-Based Learning untuk menyampaikan materi pembelajaran secara menyenangkan.

Baca juga: Tutorial Belajar Mengaji dengan Board Game Zamzamy

Karena guru-guru yang tergabung sebagai peserta POP memiliki kebutuhan mengajar yang berbeda-beda, tim designer Ludenara merancang sebuah game sederhana yang bisa dengan mudah diubah konten pembelajaran sesuai kebutuhan guru. Game ini dinamakan Kreatoria. Ini adalah permainan yang mengajak siswa-siswi berperan sebagai konten kreator yang harus merancang konten sesuai dengan instruksi guru.

Dalam game ini siswa-siswi diberikan kartu-kartu berisi kata kunci (yang bisa disesuaikan dengan materi pembelajaran). Lalu mereka harus merancang ide konten video sesuai dengan topik yang diinginkan guru dengan menggunakan kartu kata kunci tadi. 

Pola permainan ini mengajak siswa-siswi untuk menggunakan kata-kata kunci yang mereka sudah pahami untuk digabungkan dengan kata-kata kunci yang lain, proses ini membantu mereka menghubungkan ilmu-ilmu yang mereka pahami.

Dalam game ini siswa-siswi yang sudah berhasil memenuhi kotak topik dengan kata kunci bisa mempresentasikan ide videonya kepada teman-teman di kelas, lalu teman-teman lainnya bisa memberi likes kepada video yang paling menarik, paling detail, dan paling sesuai materi pembelajaran.

Proses ini mendorong terjadinya pembelajarn secara sosial, di mana siswa-siswi bias mempelajari materi pembelajaran dari ide video teman-temannya, dan melihat bagaimana materi-materi pembelajaran ini saling terhubung.

Kreatoria membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan memotivasi siswa-siswi belajar, hal ini terbukti setelah tim Ludenara mengadakan test play bersama beberapa siswa-siswi SMP. Selain memotivasi siswa untuk belajar dengan cara menyenangkan, Kreatoria juga membuat proses pembelajaran lebih mudah.

Kunjungi situs Ludenara untuk mendapatkan kabar terbaru terkait perkembangan Kreatoria dan program POP.

You may also like

Leave a Reply