“Resep Main” Ajak Orang Tua dan Guru Membuat Aturan Main Sendiri

“Resep Main” Ajak Orang Tua dan Guru Membuat Aturan Main Sendiri

Resep Main adalah sebuah panduan agar setiap orang bisa memanfaatkan berbagai game yang ada di sekitar kita sebagai media pembelajaran yang optimal. Resep Main yang dicetuskan oleh Yayasan Ludenara juga disusun agar setiap orang yang membacanya bisa ikut mencoba dan mendapatkan manfaat baik dari game-game yang sudah ada.

Sama seperti resep memasak, para ibu rumah tangga akan menggunakan bahan-bahan yang ada untuk dijadikan sebagai hidangan lezat menurut petunjuk resep yang ada. Begitu pula dengan Resep Main. Orang tua ataupun guru bisa memanfaatkan permainan yang ada di keluarga atau di sekitar mereka untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang seru untuk anak.

Langkah mengembangkan Resep Main

Resep Main bisa dikembangkan untuk berbagai jenis game yang ada. Dari mulai board game, mobile game, pc game, konsol game, game tradisional, juga berbagai game yang kita sendiri kembangkan/miliki. Namun ada empat hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memilih judul game yang akan dikembangkan menjadi Resep Main:

  1. Apakah game tersebut cocok untuk target pemain kita (anak/murid)?
  2. Apakah apa yang ditawarkan game tersebut sesuai dengan nilai/budaya yang dibangun di kelas atau di keluarga?
  3. Apakah kita memiliki akses terhadap gamenya?
  4. Apakah target pemain kita (anak/murid) setuju untuk mencoba game tersebut?

Jika keempat pertanyaan tersebut jawabannya adalah “IYA”, maka judul game yang dirasa cocok tersebut kemudian mulai bisa dikembangkan resep mainnya dengan menjawab lagi empat pertanyaan tambahan berikut:

  1. Seperti apa game yang dipilih? Sebutkan judul game, platform, jumlah pemain (yang anda sarankan), durasi, rating, rekomendasi umur pemain, dan data terkait lainnya yang di rasa penting untuk diketahui.
  2. Mengapa game ini menarik? Sampaikan alasan mengapa game ini menarik dan sebaiknya bisa di coba.
  3. Bagaimana memainkannya? Berikan penjelasan singkat bagaimana game ini dimainkan. Sertakan link pendukung (seperti video cara bermain yang bisa dicari di Youtube) jika diperlukan.
  4. Apa yang harus dilakukan agar ketika game ini dimainkan bisa memberikan dampak positif bagi para pemainnya? Susun ide/langkah-langkah pemanfaatan game ini secara jelas. Fokus pada tujuan agar pembaca bisa mengikuti langkah yang kita susun dan mendapatkan manfaat seperti yang kita rasakan.

Beberapa contoh Resep Main yang sudah pernah dibuat oleh tim Boardgame.id bisa dilihat melalui tautan berikut: Ide Resep Main.

You may also like