Board Game Terbaik 2021 Tawarkan 16 Kasus Untuk Dipecahkan Bersama Keluarga

Board Game Terbaik 2021 Tawarkan 16 Kasus Untuk Dipecahkan Bersama Keluarga

Spiel des Jahres 2021, ajang penganugerahan untuk board game terbaik 2021 selalu dinanti-nanti oleh penikmat board game dunia. Sebenarnya ada ajang penghargaan lainnya, namun Spiel des Jahres-lah yang paling mendapat sorotan di industri board game dunia. Layaknya piala oscar dalam industri perfilman, pemenangnya pun akan makin populer dan bisa mendongkrak penjualan secara eksponensial.

Nominasi Spiel des Jahres tahun 2021 telah diumumkan pada bulan Mei lalu. Setiap tahunnya ada tiga kategori yang dianugerahi: Spiel des Jahres (Board Game Terbaik 2021), Kennerspiel des Jahres (Board Game Rumit Terbaik 2021), dan Kinderspiel des Jahres (Board Game Anak Terbaik 2021).

Baca juga: Inilah Para Calon Penyandang Board Game Terbaik Spiel des Jahres 2020

Tak lama ini, tepatnya Senin kemarin, 19 Juli 2020 di Berlin, Jerman, board game apa yang akhirnya dari dipilih para juri untuk diberikan penghargaan Spiel des Jahres 2021 akhirnya diumumkan. Berikut para pemenangnya

– MicroMacro: Crime City –
Spiel des Jahres 2021
Board Game Terbaik 2021

Board Game: MicroMacro: Crime City

MicroMacro: Crime City diciptakan oleh Jonannes Sich dan diterbitkan oleh Edition Spielwiese berhasil meluluhkan hati para juri dari dua kandidat lainya yaitu The Adventures of Robin Hood buah karya Michael Menzel dan Zombie Teenz Evolution buatan Annick Lobet.

Seperti judul gamenya sendiri, MicroMacro: Crime City, permainan ini mengajak pemain untuk bekerja sama menguak jejak kriminal yang terjadi dalam permainan. Ya! Ini adalah permainan kooperatif untuk 1-4 pemain dari usia 12 tahu ke atas. Menariknya, game ini hanya memiliki sedikit komponen. Selain papan permainannya pun berupa lembaran kertas besar berukuran 75 x 110 cm yang menjadi peta 3D sebuah kota (fiktif).

Peta tersebut menunjukkan hiruk pikuk kota dan aktivitas masyarakatnya yang penuh tindakan kriminal. Uniknya, jika petanya diperhatikan baik-baik ternyata ini bukanlah peta statis, ada banyak karakter yang muncul berulang yang mengindikasikan kronologis suatu perkara. Di sinilah tugas para pemain yaitu memecahkan setiap kasus kriminal tersebut. Komponen lain dalam permainan ini adalah amplop berupa kartu kasus dan petunjuknya. Total ada 16 amplop yang berarti ada 16 kasus yang siap dipecahkan pemain. Setiap kasus memiliki tingkat kesulitan berbeda yang akan menjadi lebih sulit dengan kasus sebelumnya, hal ini ditandai dengan minimnya petunjuk untuk membongkar kasus kriminal.

Sambil menunggu gamenya muncul di pasar lokal, pembaca bisa menjajal versi demonya dengan mengakses tautan berikut: https://www.micromacro-game.com/en/democase.html

Where did the victim live?
Foto oleh Aldo Ojeda (boardgamegeek.com)

– Paleo –
Kennerspiel des Jahres 2020
Board Game Mahir Terbaik 2020

English Box Cover

Menyusul The Crew yang terpilih sebagai Kennerspiel tahun lalu, Paleo, board game ciptaan Peter Rustemeyer, berhasil menggugurkan dua nominasi lainnya yakni Lost Ruin of Arnak dan Fantasy Realm. Dengan ini dua tahun berturut-turut, peraih Kennerspiel adalah board game dengan permainan kooperatif.

Paleo dapat dimainkan untuk 1-4 pemain berusia minimal 10 tahun. Kennerspiel des Jahres sendiri merupakan penghargaan yang ditujukan untuk para penggemar board game yang lebih nyaman dengan gaya permainan yang setingkat lebih kompleks dan menantang daripada kategori Spiel des Jahres. Singkatnya sih yang lebih mikir.

Para pemain dibawa kembali ke jaman batu dan mereka harus bekerja sama untuk bertahan hidup dan memenangkan permainan. Kadang kala pemain membutuhkan kulit hewan, kadang tenda namun ini hanyalah sebagian kecil dari tujuan akhir yang adalah melukis mamut agar generasi-generasi manusia selanjutnya tahu kita (pemain) pernah ada.

Ternyata meskipun tujuan utamanya terbilang mudah namun untuk menjalankannya ada banyak tantangan, dan jangan sampai ada yang mati atau mamut tidak akan dilukis. Dengan kata lain, pemain perlu bepergian ke lokasi-lokasi baru untuk mencari makanan dan bahan-bahan agar bisa bertahan hidup. Apabila kebutuhan pokok tidak terpenuhi maka pemain mendapatkan token tengkorak. Mendapat token tengkorak dengan jumlah tertentu bisa berujung kekalahan untuk semua pemain.

Tidak ada yang tahu apa yang ada di lokasi sebelum mereka sampai, jadi ada banyak hal tak terduga yang membuat pemain kehilangan populasi seperti gigitan ular atau malah menemukan hal-hal baru yang bisa membantu semuanya.

Paleo Game Szene
Foto oleh Hans im GlΓΌck (publisher)

– Dragomino –
Kinderspiel des Jahres 2021
Board Game Anak Terbaik 2021

Dragomino, Blue Orange (EU), 2020 β€” non-final front cover (image provided by the publisher)

Bagi para board gamers, mendengar kata Kingdomino mungkin sudah tidak asing lagi. Sebuah board game keluarga bertema perluasan wilayah kerajaan dengan kepingan domino yang berhasil dianugerahi penghargaan Spiel des Jahres 2017. Berselang empat tahun, kini muncul Dragomino yang bisa dibilang sebagai Kingdomino versi anak-anak karena bisa dimainkan mulai dari usia 5 tahun untuk 2-4 pemain.

Kategori Kinderspiel sebenarnya telah diumumkan lebih dulu yaitu pada bulan Juni lalu. Lalu apa bedanya dengan Kingdomino? Meskipun masih menggunakan mekanik inti yang sama, yaitu mengambil dan memasang kepingan domino namun tema dan tujuan permainan beda.

Di Dragomino, para pemain adalah para pengendara naga yang berpetualang ke berbagai wilayah untuk mencari bayi naga. Ketika memasang kepingan domino yang baru, pemain akan mendapatkan telur naga apabila area baru yang dijelajahi adalah area yang sama. Di balik telur naga pemain bisa saja mendapatkan telur yang retak atau jika beruntung akan mendapatkan si bayi naga.

Bagaimana dengan pilihan dari para juri di atas, apakah pembaca setuju? Kalau ada kesempatan, mana yang paling ingin pembaca mainkan lebih dulu. Yuk, tulis jawabanmu di komentar.

You may also like