Spiel des Jahres, Bisakah Indonesia Meraih Award Paling Bergengsi?

Spiel des Jahres, Bisakah Indonesia Meraih Award Paling Bergengsi?

Seorang game desainer, ketika mendapati game rancanganya dirilis oleh penerbit tentunya menjadi momen yang membanggakan. Dan pastinya akan menjadi lebih membanggakan lagi jika karyanya tersebut diakui pasar, lebih-lebih berhasil memperoleh penghargaan.

Bicara soal penghargaan, Spiel des Jahres adalah award atau penghargaan yang paling bergengsi di industri board game. Mungkin kalau diibaratkan sama bergengsinya dengan memenangkan piala Oscar kalau di industri perfilman. Board game yang berhasil dianugerahi Spiel des Jahres awards ini bisa mendongkrak penjualan hingga 300.000 – 500.000 box. Pembaca bisa cari tahu 20 fakta menarik yang perlu diketahui tentang Spiel des Jahres di artikel sebelumnya.

Lalu pertanyaannya, bisa nggak ya board game karya game desainer Indonesia dianugerahi award Spiel des Jahres? Minimal masuk nominasinya deh

Bisa!

Tapi untuk sampai ke sana memang tidak mudah dan harus melalui proses yang panjang. Ada beberapa prasyarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, antara lain:

MicroMacro: Crime City, peraih Spiel des Jahres 2021
MicroMacro: Crime City, peraih Spiel des Jahres 2021
  1. Berhubung Spiel des Jahres adalah award yang berasal dari Jerman, si board game harus sudah masuk ke pasar Jerman sebelum Maret berakhir, jika ternyata baru beredar di Jerman setelah Maret jadi akan masuk seleksi tahun berikutnya.
  2. Masuk ke pasar artinya si board game sudah selesai produksi dan bisa dibeli alias bukan masih dalam tahap prototipe atau bahkan ide mentah. Bukan juga yang dicetak terbatas. Final product ya! Gampangnya sih harus sudah masuk dan mudah ditemukan di toko-toko di Jerman.
  3. Otomatis agar si board game bisa beredar di Jerman, kita membutuhkan distributor sebagai partner untuk mendistribusikan board game ke market Jerman. Oiya, distributor ini pun harus memiliki alamat kantor di Jerman.
  4. Untuk bisa dinikmati masyarakat Jerman, board game yang didistribusikan haruslah berbahasa Jerman baik dari buku aturan maupun teks di dalam game (jika ada). Punya kenalan translator ke bahasa Jerman tentu akan sangat membantu untuk alih bahasa.
  5. Selain melalui distributor bisa juga dengan mengirim prototipe versi akhir ke penerbit-penerbit board game Jerman. Kalau cocok, bisa jadi game buatanmu akan diterbitkan oleh mereka.
  6. Terakhir, board game tersebut harus bisa dimainkan dengan sendirinya. Maksudnya bukan ekspansi, karena biasanya kalau ekspansi membutuhkan game dasarnya (basic game) untuk bisa memainkannya. Jadi begitu beli cukup satu box bisa langsung dimainkan tanpa harus membeli pernak-pernik tambahan atau yang lainnya.

Baca juga: Board Game Terbaik 2021 Tawarkan 16 Kasus Untuk Dipecahkan Bersama Keluarga

Poin-poin di atas seharusnya semuanya doable kan? Sebagai board game desainer kalian tinggal fokus bagaimana menciptakan board game yang unik, menarik dan tentunya seru. Sering-sering dan jangan ragu berbagi print and play dari prototipemu ke forum Boardgamegeek atau berbagi diary alias development proses. Siapa tahu ada publisher luar negeri yang lagi scouting. Bisa juga ikut kontes game design yang juga sering diadakan di forum tersebut. Ini penting untuk membentuk pengalaman sembari mencetak portofoliomu sebagai board game designer.

Oiya, selain prasyarat di atas, hal yang tak kalah terpenting untuk masuk dalam nominasi, board game haruslah family friendly atau board game yang memang layak dimainkan bersama keluarga dan kerabat. Board game seperti apa yang family friendly biasanya bisa dilihat dari kesederhanaan cara bermain dan juga durasi permainannya yang tidak terlalu lama, mentok 45 menit lah.

Jadi, tertarik merancang board game Indonesia dengan salah satu tujuannya masuk ke nominasi Spiel des Jahres?

You may also like