Kopi Dash!: Selingan Buat Nunggu yang Suka Mager dan Ngaret [Review]

Kopi Dash!: Selingan Buat Nunggu yang Suka Mager dan Ngaret [Review]

Entah dari kapan, kata “telat” sudah menjadi bagian dari warga +62. Sejak penulis sekolah ada saja yang hobinya telat, trus nggak bisa masuk karena gerbang sudah ditutup. Sekarang pun pas ada jadwal meeting dan online dari rumah nggak semua bisa hadir tepat waktu. Sampai-sampai di negeri ini ada istilah “ngaret”.

Apalagi di masa-masa sebelum ada pandemi yang mulai merusak segala rencana meet up, pasti pernah donk bengong dan bingung mau ngapain pas nungguin temen yang nggak dateng-dateng. Selain bisa disambil main HP atau medsos, sekarang ada cara seru buat membunuh waktu. Caranya dengan main board game Kopi Dash!.

Isi permainan

Kopi Dash! merupakan salah satu board game karya anak bangsa yang baru-baru ini dirilis oleh Mahavira Studio. Dirancang oleh Hafidh Muhammad, permainan ini bisa dinikmati sendirian atau maksimal 3 pemain sembari menanti yang suka mager dan ngaret.

GAMBARAN PERMAINAN

Seperti judulnya, “dash” yang bisa diartikan ngebut atau terburu-buru. Permainan ini bakal selesai hanya dalam 5 menit saja. Dijamin. Kalau tidak uang kembali semua pemain kalah.

Ya! Board game ini berjenis kooperatif yang mengharuskan semua pemain bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu menghabiskan semua kartu pelanggan sebelum waktu habis. Pemain bisa menggunakan timer di HP untuk menghitung mundur waktu.

Kartu pesanan

AKSI & MEKANIK

Hanya dengan waktu 5 menit, tentu cara main Kopi Dash tidaklah sulit. Memanfaatkan mekanik hand management sebagai mekanik utama, pemain hanya perlu memainkan kartu bahan untuk diberikan kepada pelanggan atau membuangnya untuk menukar dengan bahan yang baru.

Tidak ada giliran dalam permainan ini. Karena semua pemain harus bekerja sama jadi semua pemain boleh menyumbangkan kartunya untuk menjawab pesanan pelanggan. Tentu pemain boleh berdiskusi siapa saja yang akan menyumbang dan menyumbang kartu bahan yang mana, tetapi waktu akan terus berjalan.

Jika dalam 5 menit semua kartu pesanan berhasil diselesaikan, maka semua pemain menang jika tidak semua pemain kalah. That’s it, sederhana kan? Oiya, kalau tumpukan kartu bahan sudah habis pemain harus mengocok ulang kartu bahan di area buangan selama 10 detik.

Penuhi semua pesanan pelanggan hanya dalam 5 menit!

KOMPONEN & VISUAL

Sama halnya dengan gameplay sederhana yang ditawarkan, semua hingga box dan komponen juga ikut-ikutan sederhana. Pasalnya, boxnya sendiri hanya berukuran saku, mungkin sedikit lebih besar dari satu pak kartu remi. Saking sederhananya, tampilan cover bagian depan juga tidak ada ilustrasinya jadi hanya berupa judul, penerbit dan punchline untuk gim kecil ini.

Ukuran kartunya juga seukuran kartu remi. Gambar dan ikon pada kartu cukup jelas, nama kartu pesanan dan kartu bahan juga mudah dibaca. Dari segi kualitas, baik box maupun kartu, keduanya bisa dibilang cukup oke karena Mahavira kali ini memilih go-green alias menggunakan bahan dasar kertas daur ulang jadi semuanya serba coklat. Jadi jangan harap boxnya akan dibungkus plastik ketika pembaca membelinya.

Kartu bahan

APAKAH LAYAK DIMAINKAN BERULANG KALI?

Jelas! Meski tidak banyak variasi dan hanya mengandalkan komposisi kartu pesanan dan kartu bahan setelah dikocok tapi karena mainnya cuma 5 menit ya hajar aja. Benar-benar ditujukan untuk pembaca yang punya teman mager plus ngaret. Udah bilang “otw” tapi rupanya baru siap-siap.

Di masa pandemi ketika kita jarang bertemu dengan teman mager, Kopi Dash juga bisa dimainkan sambil menunggu semua peserta zoom hadir. Bisa juga dimainkan ayah dan anak saat menunggu masakan ibu selesai. Dimainkan sambil nge-print selesai juga bisa.

TANGGAPAN AKHIR

Bisa jadi travel pack kalau pandemi sudah mereda

Wajib punya, apalagi buat pembaca yang juga pecinta kopi. Ukurannya yang bisa masuk saku ini juga jadi nilai plus, jadi gampang dibawa-bawa andaikan pandemi ini sudah mereda.

Dari persiapan sebelum mulai main sampai beres-beres juga tidak butuh waktu lama. Lebih lama nungguin download-an daripada main ini. Benar-benar cocok untuk killing time. By the way, yang ngeselin cuma satu, pas bagian kocok ulang kartu bahan kalau deknya habis, harus 10 detik. Sumpah bagian ini ngeselin banget, mana waktu udah mepet!

Akhir kata, tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Mahavira Studio yang telah memberikan review copy board game Kopi Dash!.

Pembaca bisa langsung memesan Kopi Dash! secara online, cuma Rp50.000 ribu saja lho satu boxnya. Hubungi kami melalui Whatsapp di http://bit.ly/salesbgid atau meluncur ke halaman katalog kami berikut ini:

You may also like