Alasan Mengapa Tenaga Medis Perlu Lebih Sering Main Board Game

Alasan Mengapa Tenaga Medis Perlu Lebih Sering Main Board Game

Bayangkan kamu adalah seorang dokter yang saat ini sedang sibuk bekerja di rumah sakit. Sebagai tenaga kesehatan, tentu kamu harus menyelesaikan banyak hal. Sebut saja memeriksa pasien secara berkala, mendiagnosa suatu penyakit, dan banyak persoalan medis lainnya. Tak jarang beberapa masalah harus diselesaikan dalam waktu singkat, yang tentu membutuhkan komunikasi yang lancar dan efisien.

Baca Juga: 3 Board Game ini Tantang Kamu Jadi Tim Medis, Berani Coba?

Akibat banyaknya tuntutan dan alur komunikasi yang cepat, tak jarang para tenaga medis ini sendiri mengalami stres dan masalah kesehatan yang cukup fatal. Tapi tahu tidak? sebenarnya bermain board game bisa membantu para dokter dan perawat bekerja secara efisien di rumah sakit. Dengan board game, mereka bisa meningkatkan kerjasama dan komunikasi efektif—sekaligus menghibur di tengah padatnya kesibukan.

Jadi, Perlukah Tenaga Medis Bermain Board Game?

Saat kecil dulu, sebagian besar kegiatan kita adalah bermain. Ambillah contoh bermain monopoli atau ular tangga. Dengan adanya tantangan yang menarik, waktu bermain sangat menyenangkan di masa anak-anak. Tanpa sadar banyak hal yang meningkat saat kita bermain, seperti kemampuan komunikasi dan berbagi. Kita juga belajar untuk sabar menunggu, berpikir fokus serta bersikap sportif dengan menghargai teman yang memenangkan permainan.

tenaga medis bermain board game
Board game untuk tenaga medis | Sumber: MedicalFuturist

Tak hanya untuk anak-anak, bermain board game pun sebenarnya bisa membantu orang-orang dewasa bekerja dengan lebih baik. Tentu saja hal ini juga sangat berlaku untuk para tenaga medis. Memang kelihatan tak ada hubungannya, tapi jika diperhatikan lagi ada kesamaan dari board game dan dokter: tantangan untuk melakukan kerjasama dan komunikasi yang baik. Ya, ada alasan mengapa board game perlu dimainkan oleh para tenaga medis, dikutip dari situs MedicalFuturist.com:

Setiap hari tenaga medis harus berdiskusi soal berbagai kasus kesehatan yang terjadi saat ini maupun di masa mendatang. Karena itulah team work adalah hal terpenting. Namun para tenaga medis tidak punya banyak waktu untuk membangun keterikatan satu sama lain yang bisa meningkatkan kerjasama.

Lewat pernyataan di atas, terlihat bahwa kerjasama menjadi sangat penting di dunia medis. Tapi sayangnya mereka yang bekerja di bidang ini tidak punya banyak waktu untuk melakukan kegiatan team-building, seperti berlibur bersama atau outbound. Nah, bermain board game bisa jadi solusi untuk mereka, mengingat board game biasanya hanya menghabiskan waktu selama 30-60 menit.

Saat bermain board game, mereka bisa belajar tentang bermacam pola komunikasi dan belajar tentang diri mereka. Di samping itu quality time bersama rekan sesama tenaga medis bisa mempererat hubungan mereka. MedicalFuturist juga meyakini board game dapat menjadi fasilitas yang membantu mereka berkolaborasi dengan lebih efisien. Sifat team work akan meningkat, yang secara tak langsung memberi efek pada seluruh proses perawatan pasien. Tentu saja, bekerja di rumah sakit tidak membuat stress lagi.

Sumber: MedicalFuturist.com

You may also like