Gameathon Umumkan 10 Finalis Board Game Lokal, Semua Bisa Dicoba Lho!

Gameathon Umumkan 10 Finalis Board Game Lokal, Semua Bisa Dicoba Lho!

Tak terasa sudah lebih dari dua bulan semenjak Gameathon 2021 pertama kali diumumkan dan dibuka pendaftarannya. Kini Gameathon sudah memasuki tahap showcase yang menampilkan 10 finalis. Gameathon merupakan kompetisi rancang board game tingkat nasional yang diprakarsai oleh Tabletoys Indonesia.

Pendaftaran kompetisi berhadiah jutaan Rupiah ini telah ditutup tepat 28 Oktober 2021 lalu. Selanjutnya, para pendaftar diseleksi oleh tim juri untuk memilih 10 finalis dengan karya terbaik. Berselang satu bulan setelah kompetisi ditutup, Gameathon akhirnya membuka sesi showcase dari karya-karya para finalis yang masuk 10 besar.

Setiap karya yang di showcase juga bisa untuk dicoba dimainkan secara online menggunakan platform/situs Tabletopia untuk bermain dan Discord untuk berkomunikasi. Tenang, cara main dari setiap board game nanti akan ada yang memandu atau mengajari, tentu oleh kreator masing-masing. Pembaca cukup bergabung ke channel Discord Gameathon dan cari judul yang ingin dicoba, diskusikan dengan kreatornya di sana untuk jadwalnya.

Berikut 10 finalis Gameathon 2021:

1. Bento Box

Dirancang oleh Dwi Nugroho
2-4 Pemain | 15-30 menit | Rekomendasi usia 7 tahun ke atas

Bento Box mengambil tema makanan. Pemain bergiliran mengambil dan menyantap makanan di kotak bento untuk mendapatkan poin terbanyak. Tapi hati-hati karena lawan bisa mengganggu rencanamu dengan memakan makanan di kotak bento yang kamu incar.

2. NIN

Dirancang oleh Mahawira S Dillon
2-4 Pemain | 10-20 menit | Rekomendasi usia 8 tahun ke atas

NIN adalah permainan kartu yang menantang pemain untuk mengatur kartu-kartu di tangannya dengan taktis ditambah dengan adanya perebutan area. Pemain ceritanya menyusup ke kastil dengan memainkan 9 kartu Ninja secara tertutup. Aksi dilancarkan dengan membuka kartu yang tadi tertutup, jadi apapun bisa terjadi dan tidak terduga, semua tergantung strategi pemain.

3. Cheesy Cube

Dirancang oleh Mahawira S Dillon
2-4 Pemain | 10-20 menit | Rekomendasi usia 8 tahun ke atas

Di Cheese Cubes, pemain bersaing memperebutkan poin kontrol terbanyak untuk memenangkan permainan. Poin kontrol ini bisa didapatkan dengan memainkan kartu keju dan meletakkan token tikus di atasnya sebagai penanda kontrol atas keju tersebut. Pemain dengan token tikus lebih banyak daripada lawan di jenis keju yang sama akan menguasai keju tersebut dan mendapat poin.

4. Gem Tracker

Dirancang oleh Nomas Kurnia
1-4 Pemain | 30-45 menit | Rekomendasi usia 10 tahun ke atas

Di permainan ini pemain menjadi para penambang batu permata. Mainkan kartu peralatan menambang untuk menemukan batu permata yang berharga. Setelah mendapatkan kartu permata pemain akan menyusun kartu tersebut menjadi area tambang. Pemain akan mendapatkan poin tergantung dari kartu skor yang muncul. Permainan ini memiliki banyak variasi kartu skor yang membuat strategi permainan selalu berbeda setiap sesinya.

5. Hydro Panic

Dirancang oleh Aswoood
2 Pemain | 45-60 menit | Rekomendasi usia 12 tahun ke atas

Hydro Panic adalah permainan 1 lawan 1 untuk bersaing membuktikan siapa penemu metode hidroponik yang sebenarnya. Jadi pemain dibawa kembali ke tahun 1929, tahun di mana dunia hortikultura mulai ditemukan. Pada setiap giliran pemain mendistribusikan nutrisi dan air, menanam bibit, dan memanen sayuran. Setiap sayuran yang dipanen menambah poin pemain. Pemain pertama yang mencapai 20 poin memenangkan permainan.

6. Kakartu: Sekata

Dirancang oleh Abraham Putra
3-10 Pemain | 5-15 menit | Rekomendasi usia 5 tahun ke atas

Kakartu: Sekata adalah permainan kartu tentang suku kata. Permainan ini cocok untuk remaja dan dewasa yang berani beradu membuat kata-kata secepat mungkin dengan kartu. Cara bermainnya sangatlah mudah sehingga cocok untuk juga untuk dimainkan oleh anak-anak sambil mereka belajar membaca. Untuk memainkannya, pemain hanya perlu membuat kata secepat mungkin dari suku kata yang disediakan sebelum keduluan pemain lain.

7. Game of YGG

Dirancang oleh Habiburramadhan & Y (BengkelOTK)
2 Pemain | 10 menit | Rekomendasi usia 10 tahun ke atas

Game Of YGG adalah permainan papan yang menantang dua pemain untuk berduel. Tema permainan ini terinspirasi oleh Yggdrasil dan mitologi Nordik. Menggunakan token yang melambangkan makhluk mitos, kedua pemain saling bersaing untuk keuntungan teritorial di papan 3×3 yang mewakili 9 dunia kuno dan mitos.

8. Spell from the Future

Dirancang oleh Nomas Kurnia
3-5 Pemain | 20-40 menit | Rekomendasi usia 10 tahun ke atas

Spell from the Future adalah board game berjenis semi-kooperatif. Pemain berperan sebagai anak-anak yang berubah menjadi penyihir dan harus melindungi desa dari serangan binatang buas selama 7 hari. Inti permainan ini adalah pemain secara bersamaan memilih kata-kata mantra yang sesuai berdasarkan dua warna yang dipilih dan diwaktu yang sama Ia juga mencoba untuk menyinkronkan pilihan mereka dengan pemain lain untuk mengaktifkan mantra.

9. Mafia Works

Dirancang oleh Misael Hendrikus Kewas
2-4 Pemain | 15-25 menit | Rekomendasi usia 12 tahun ke atas

Boardgame ini mengambil tema penjarahan dan perang teritorial antar anggota mafia. Maksimal empat pemain akan berkompetisi satu sama lain sebagai anggota mafia yang mengemban misi mengumpulkan permata sebanyak mungkin. Sebagai modal untuk bersaing setiap pemain akan dibekali set kartu. Kartu inilah yang akan diadu untuk mendapatkan dadu yang kemudian akan diubah menjadi permata.

10. Palawa

Dirancang oleh Arya Wirahadi & Yusak Arief (Memento Craft)
2-4 Pemain | 15-25 menit | Rekomendasi usia 12 tahun ke atas

Palawa adalah board game dengan latar di zaman kuno namun di sini yang mengembangkan peradaban bukanlah umat manusia melainkan dari ras anjing dan kucing. Memanfaatkan mekanik flip & write, akan ada beberapa kartu yang pemain harus sebarkan di lembar pemain (wilayahnya) dengan menuliskan angka atau simbol sesuai kartu. Semakin lama wilayah pemain akan semakin berprogres dan menunjukkan perkembangan peradaban.

Selamat untuk para finalis di atas. Sekali lagi pembaca bisa bergabung ke channel Discord Gameathon dan cari judul yang ingin dicoba, diskusikan dengan kreatornya di sana untuk jadwalnya. Fase showcase ini ini hanya dibuka sampai tanggal 5 Desember 2021ya!

Jadi buruan akses tautan-tautan berikut untuk mencoba board game karya anak bangsa yang masuk 10 Finalis Gameathon 2021:

Join Discord: https://discord.gg/NBgzB9jz3U
Jadwalkan sesi main dengan para kreator: https://gameathon.id/showcase

You may also like

Leave a Reply