13 Rekomendasi Board Game yang Cocok untuk Anak SD

13 Rekomendasi Board Game yang Cocok untuk Anak SD

Mencari board game Indonesia adalah hal mudah, cukup kunjungi situs Boardgame.id kemudian cari atau klik “Katalog Board Game”. Semua board game yang ada di sana ready stock, tinggal dipesan melalui Tokopedia maupun Shopee. Namun yang kadang masih menjadi pertanyaan dari orang tua adalah “board game yang cocok untuk anak umur 7 tahun?”, atau “kalau untuk anak SD sudah bisa main yang mana saja?”

Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut ini Boardgame.id akan merangkum beberapa rekomendasi board game yang cocok dimainkan oleh anak SD, klik judul yang kami sebutkan untuk menuju ke toko online kami:

Baca juga: Main Board Game Bantu Asah Kemampuan Problem Solving, Critical Thinking dan Decision Making Pada Anak

Kelas 1 SD

Buat adik adik yang baru masuk SD cocoknya diajak bermain board game yang tidak terlalu kompleks dari segi aturan atau cara main. Maka Marbel: Fire Fighter dan Get Egg adalah dua judul yang paling cocok.

  • Marbel: Fire Fighter: mengajak pemain menjadi kru pemadam kebakaran. Kumpulkan kartu simbol yang sesuai dengan kartu korban untuk menyelamatkan mereka. Perhatikan juga simbol kartu selang agar dapat menyemprot ke arah bangunan yang tepat.
  • Get Egg: permainan kartu dengan tokoh-tokoh lucu. Tersedia dua mode permainan dalam satu permainan alias 2 in 1 game. Ada mode mencari telur, yaitu cukup memainkan kartu dari tangan jika hasilnya menjadi angka 10 bila dipasangkan dengan salah satu kartu yang terbuka di depan meja. Mode satunya adalah kejar-kejaran, jangan sampai menjadi karakter dengan telur di kepalanya atau poinnya di akhir game dianggap nol.
Get Egg

Kelas 2 SD

Mereka yang sudah naik ke kelas dua sudah mulai bisa diajak bermain dengan permainan yang menantang. Karena itu beberapa judul yang kami rekomendasikan ada beberapa, antara lain:

  • Math Cat: ada banyak kucing-kucing lucu menunggu untuk diadopsi. Tetapi mereka harus dipancing dulu dengan mainan, bola dan sebagainya yang berbentuk kartu angka. Pemain yang berhasil merangkai operasi matematika menggunakan penjumlahan maupun pengurangan (bisa juga memakai perkalian dan bagi) akan mendapatkan kartu kucing tersebut.
  • Seri Linimasa: belajar sejarah tak lagi membosankan jika dibalut dengan media permainan. Seri permainan Linimasa adalah permainan mengurutkan kartu-kartu peristiwa berdasarkan kejadiannya. Saat ini sudah ada 3 edisi Linimasa: ada edisi Kemerdekaan (mengurutkan sejarah kemerdekaan Indonesia), edisi STEAM (mengurutkan sejarah penemuan) dan edisi 25 Nabi & Rasul (mengurutkan sejarah munculnya 25 nabi dalam Islam)
  • Zamzamy: alias kartu sakti belajar ngaji. Ya! dalam permainan ini anak-anak akan diajak belajar mengaji dengan cara memainkan kartu-kartu hijaiyah. Permainan ini memudahkan anak mengenal bentuk huruf hijaiyah apabila huruf tersebut terletak di depan, tengah atau akhir kalimat beserta harakatnya.
Linimasa: 25 Nabi & Rasul

Kelas 3 SD

Anak SD kelas 3 biasanya menjadi titik memiliki rasa ingin tahu yang luar biasa dan mulai terdorong untuk berprestasi. Sebenarnya di usia yang rata-rata di 8-9 tahun, mereka sudah bisa memainkan berbagai jenis permainan. Kami berikan dua judul berikut ini cocok untuk mereka:

  • Sutasoma: cara mainnya sederhana namun banyak ilmu yang bisa diperoleh dari Sutasoma, yaitu mempelajari sejarah candi di Yogyakarta dan kisahnya. Selama permainan, ada dua tim yang akan merebutkan kartu, kartu tersebut kemudian perlu diletakkan di kartu misi yang tepat. Dengan aksi spesial, tim yang melakukannya boleh mencari petunjuk bahkan boleh googling untuk mendapatkan informasi tentang kartunya.
  • Amabua: adalah board game keluarga. Pemain perlu mengumpulkan kartu buah untuk memenangkan permainan. Dada beberapa kartu aksi yang akan menambah keseruan. Cocok untuk anak yang suka berkompetisi sambil mengasah pemikiran strategisnya.
komponen sutasoma
Sutasoma

Kelas 4 SD

Umumnya, anak yang duduk dibangku kelas 4 SD mulai memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan tertarik akan dunia sekitar yang mengelilingi diri mereka sendiri. Untuk itu, board game tentang lingkungan berikut ini sangat cocok untuk mereka:

  • Aquatico: Ada banyak satwa dan ekosistem yang bisa ditemui sambil dipelajari oleh anak. Permainan ini pun memberi pesan untuk tidak mencemari lingkungan karena selain manusia juga ada banyak hewan tinggal di sana. Tersedia mode kompetitif maupun kooperatif
  • Flipeek Medieval: Daya ingat anak akan diuji dalam permainan ini. Mereka diminta untuk mencari kartu objek yang dibutuhkan oleh kartu misi. Karena permainan ini menyediakan mode klasik dan mode strategis, maka selain daya ingat, pemikiran strategis anak juga akan ikut terasah.
Aquatico

Kelas 5 SD

Mereka umumnya sudah mulai terbiasa mandiri, banyak hal ingin mereka lakukan sendiri termasuk saat ingin menggapai apa yang mereka inginkan tanpa bantuan orang tuanya. Dua permainan kompetitif berikut kami sarankan untuk mereka:

  • Bam-Bam Race: bagi anak yang memiliki jiwa kompetisi yang membara, tentu permainan bertipe balapan adalah paling cocok. Dengan memanfaatkan 6 kartu yang ada beserta tantangan dan gangguan dari pemain lain, bisakah anak meraih podium pertama?
  • The Claw: permainan ini adalah tentang mengoleksi mainan dari mesin pencapit layaknya permainan yang biasanya ada di game center. Bagaimana cara anak memarkirkan si tangan pencapit dan mendapatkan mainan sebelum lawan mengambilnya akan mempengaruhi poin yang akan membawa mereka ke kemenangan.
The Claw

Kelas 6 SD

Pada dasarnya, kalau sudah di tahap ini mereka sudah bisa memainkan segala jenis game termasuk yang aturannya kompleks. Ketika mereka sukses memenangkan permainan yang mudah, bukan tidak mungkin mereka akan menantang diri mereka sendiri untuk bermain game yang lebih sulit. Nah, coba saja dua judul board game berikut:

  • Azimuth: ini adalah salah satu permainan strategi yang tidak hanya menantang untuk anak SD kelas 6 tetapi juga orang dewasa. Permainan ini memiliki dadu, tetapi tidak untuk digulingkan. Dadu di sini berfungsi sebagai penunjuk arah di mana keping lahan baru bisa dipasang. Dadu juga menjadi penanda berapa poin yang akan didapat di akhir permainan.
  • Kurir Kompleks: para pemain akan menjadi kurir yang akan mengantarkan barang dari satu titik ke titik tujuan. Tiap pemain memiliki ransel dengan kapasitas terbatas yang dapat diisi dengan barang-barang. Dapatkan barang sesuai pesanan kemudian antar ke lokasi pemesan. Pemain juga bisa upgrade skill lho!
Azimuth, rekomendasi anak sd kelas 6
Azimuth

Dengan puluhan rekomendasi judul board game di atas, anak dan keluarga jadi punya banyak pilihan permainan yang bisa dimainkan sama-sama setelah jam makan malam atau diagendakan minimal sepekan sekali misalnya. Tujuannya, selain untuk mengasah critical thinking dan problem solving, bermain board game juga dapat mengurangi ketergantungan anak pada gadget.

Pembaca bisa selalu bisa menghubungi Boardgame.id via DM di akun Instagram @boardgame.id atau cukup hubungi customer service kami melalui Whatsapp di 0895-3151-9261.

You may also like