Gameathon 2021! Ikuti Kompetisi Rancang Board Game Berhadiah Jutaan Rupiah

Gameathon 2021! Ikuti Kompetisi Rancang Board Game Berhadiah Jutaan Rupiah

Dalam industri board game terdapat banyak para pelaku industri yang terbagi dalam beberapa peran yang saling berhubungan. Salah satu peran yang paling utama adalah para perancang board game. Merekalah otak sekaligus dalang terciptanya gameplay yang menarik.

Mencari ide dan kemudian mengubahnya menjadi rancangan prototipe board game yang playable tidaklah mudah. Kalau pembaca tertantang untuk menjadi seorang perancang board game maka inilah saat yang tepat. Tabletoys Indonesia baru-baru ini mengumumkan tengah membuka kompetisi rancang board game tingkat nasional “Gameathon 2021”.

1. Kompetisi rancang board game

Gameathon 2021 mencoba menemukan dan karya-karya board game Indonesia yang cemerlang dari komunitas dan masyarakat. Harapannya ini bisa menjadi kesempatan untuk mengembangkan ide-ide tersebut menjadi board game karya anak bangsa yang menarik dan seru dalam lingkungan dan suasana yang kompetitif.

2. Berhadiah jutaan Rupiah

Tabletoys Indonesia juga telah menyiapkan hadiah sejumlah 9 juta Rupiah. Tiga karya terbaik masing-masing akan mendapatkan uang
tunai sebesar IDR 3.000.000. Tidak hanya itu, satu karya favorit juga akan mendapatkan apresiasi dengan hadiah berupa satu board game senilai lebih dari Rp2.000.000.

Lumayan kan untuk membuatmu semangat merancang board game?

3. Biaya pendaftaran

Kompetisi ini berlaku untuk seluruh warga Indonesia, jadi siapapun boleh ikutan. Biaya pendaftaran dihitung tergantung dari jumlah karya yang dikirimkan, yaitu Rp100.000 per karya. Jadi kalau pembaca ingin mengirimkan tiga karya sekaligus ya biayanya jadi Rp300.000.

Tidak ada ketentuan karya harus dikerjakan perorangan atau tim.

Poster Gameathon 2021

4. Batas pengiriman

Calon peserta wajib mengirimkan rancangan board gamenya ke kantor Tabletoys Indonesia yang beralamat di Jalan Raya Mulyosari, Ruko Central Park AB No.10 (Lantai 2), Kalisari, Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur. 60112

Pengiriman karya dibuka hingga 28 Oktober 2021 pukul 23:59 WIB. Jadi pastikan pembaca mengirimkan karya sebelum itu ya!

5. Tidak boleh hanya berupa konsep

Ini adalah kompetisi rancang board game bukan kompetisi ide terbaik tetapi juga bukan berarti karya harus sudah menjadi produk final. Masih ada kurang lebih satu bulan untuk mulai mematangkan konsep atau ide yang mungkin sedari dulu hanya masih berupa coretan dan mengubahnya menjadi prototipe terbaik kalian.

Persyaratan lain selain mengirim karya (offline), calon peserta juga harus melampirkan beberapa kelengkapan berikut secara online:

  • Dokumentasi saat ujicoba/playtest rancangan board game yang disubmit
  • Rulebook dengan format PDF
  • Folder berisi file-file aset yang diperlukan untuk memainkan prototipe kalian
  • Video tutorial berdurasi maksimal 15 menit.

6. Hadirkan perancang board game ternama.

Di kompetisi perdananya, Gameathon 2021 juga menggandeng beberapa perancang board game ternama dari luar negeri. Mereka adalah Phil Walker-Harding (Sushi Go, Imhotep) dan Martin Wallace (Brass, London). Keduanya akan menjadi pembicara tamu sekaligus kurator karya dari para kontestan yang berhasil lolos ke 10 karya terbaik.

Wah, kesempatan langka nih belajar langsung dari perancang kenamaan. Apalagi mereka juga akan mengkomentari karya kalian dan tentunya akan memberikan kritik serta saran yang sangat membangun.

7. Kesempatan untuk dicetak

Di luar hadiah uang yang akan diberikan kepada tiga karya terbaik dan hadiah board game untuk. Tabletoys Indonesia juga akan menawarkan dan memfasilitasi program urun dana yang tujuannya menggalang dana untuk keperluan cetak board game.

Wiih, bisa jadi langsung lahiran board game nih setelah menang kompetisi.

Informasi selengkapnya tentang Gameathon 2021 dan tanggal-tanggal pentingnya bisa pembaca dapatkan dengan mengunduh panduan resminya di sini.
Atau kunjungi langsung situs resmi Gameathon di Gameathon.id

Tentang Tabletoys Indonesia

Tabletoys Indonesia adalah penerbit board game Indonesia yang terkenal dengan produknya Waroong Wars 2nd Edition dan juga Bam-Bam Race. Tabletoys terlahir dari antusiasme akan board game. Bermula dari didirikannya board game library yang berlokasi di Surabaya, Tabletoys kini melebarkan sayapnya ke ranah publishing untuk menerbitkan karya-karya board game terbaik dari perancang asal Indonesia.

You may also like