Ngobrol Game: Pengajuan Board Game Ke Publisher dan Royalti

Ngobrol Game: Pengajuan Board Game Ke Publisher dan Royalti

Banyak dari kita yang masih awam dengan industri board game, terlebih lagi terkait proses pengajuan rancangan board game oleh game designer ke penerbit/publisher hingga proses penerbitan board game. Kebetulan nih! Tabletoys Indonesia, penerbit board game asal Surabaya sedang membuka Prototype Submission yang artinya mereka sedang mencari board game untuk mereka terbitkan.

Sebelum sampai ke tahap sebuah board game diterbitkan, Tabletoys Indonesia akan menyeleksi rancangan-rancangan board game yang mereka terima untuk kemudian diputuskan apakah layak untuk diterbitkan atau tidak. Bagi para game designer mungkin bertanya, hal-hal apa saja yang harus mereka lakukan atau persiapkan terkait pengajuan board game? Lalu board game seperti apa yang sebenarnya dicari oleh Tabletoys?

Jika pun nanti penerbit tertarik dengan karya dari game designer dan kemudian diterbitkan, bagaimana pembagian royalti untuk si perancang game? Nah! Pertanyaan-pertanyaan tersebut telah dijawab di sesi Ngobrol Game bersama Isa Rachmad Akbar, Editor-in-Chief dari Boardgame.id, bersama dengan Martin Ang yang merupakan owner dari Tabletoys Indonesia.

Sesi ini sebenarnya adalah video rekaman ulang dari siaran langsung melalui kanal Instagram @boardgame.id. Sebelum siaran dimulai kami telah mengumpulkan beberapa pertanyaan dari pembaca dan follower Boardgame.id yang kemudian dijawab di sesi tersebut.

Tanpa panjang lebar lagi, bagi yang kemarin ketinggalan sesi live Ngobrol Game, mari saksikan video tayangan ulangnya berikut ini, jangan lupa subscribe ya!

Pada dasarnya, Tabletoys Indonesia mencari board game yang evergreen. Artinya, game tersebut harapannya tidak hilang tertelan waktu dan justru masih tetap banyak dimainkan meski sudah berganti tahun. Martin pun berpesan apabila kamu seorang game designer dan ingin memperbesar peluang rancanganmu diterima oleh Tabletoys, maka buatlah dengan ekspektasi yang tinggi.

Maksudnya coba perbanyak referensi board game yang dimainkan dan rasakan keseruannya, jika rancanganmu masih kalah seru dengan board game yang sudah beredar maka kecil kemungkinan karyamu akan diterbitkan. Satu hal lagi, jangan memberi target atau membatasi jumlah playtest. Jika bisa dites ratusan kali lagi, maka lakukanlah.

Informasi terkait syarat dan ketentuan pengajuan rancangan board game ke Tabletoys bisa dibaca di artikel berikut: Tabletoys Indonesia Siap Terbitkan Board Game Rancanganmu

Tabletoys sendiri sudah pernah menerbitkan Waroong Wars 2nd Edition dan juga Bam-Bam Race. Kedua board game tersebut bisa dipesan di Boardgame.id secara online. Kunjungi halaman katalog berikut untuk judul-judul board game Indonesia lainnya yang bisa dibeli:

You may also like