Cara-Cara Menentukan Urutan Giliran Pemain dalam Board Game

Cara-Cara Menentukan Urutan Giliran Pemain dalam Board Game

Kebanyakan board game dapat dimainkan oleh dua pemain atau lebih. Tentunya setiap pemain akan mempunyai kesempatan untuk menjalankan gilirannya. Nah! Kali ini Boardgame.id akan membahas tentang cara-cara menentukan urutan giliran pemain. Ada apa saja ya?

Jangan lupa subscribe kanal Youtube Boardgame ID ya agar tidak ketinggalan episode selanjutnya!

1. Turn Order / Urutan Main

Cara ini adalah yang paling umum, yaitu giliran akan berjalan dari satu pemain lalu berlanjut ke pemain di sebelah kirinya searah jarum jam seperti saat kita bermain UNO, Monopoly dan lain sebagainya. Biasanya tinggal dicari siapa pemain pertama yang akan main lebih dulu (disebut juga sebagai first player/start player), kemudian tinggal dilanjutkan.

Namun sebenarnya variasi dari turn order juga ada beberapa, salah satunya adalah dengan bidding/betting. Pemain yang berani mengeluarkan effort paling besar boleh jalan duluan. Bisa juga ditentukan dari poin atau uang. Mungkin di putaran awal turn order bergerak sesuai arah jarum jam namun di putaran-putaran berikutnya giliran dimulai dari pemain yang paling miskin atau poin paling sedikit. Bisa juga dengan membagikan kartu turn order, bisa dibagikan acak atau dengan kondisi tertentu.

Si Anak Nakal dimainkan berdasarkan urutan (turn order)

2. Simultaneous Action / Aksi Simultan

Simultan artinya beriringan. Artinya pemain akan melakukan aksi secara bersamaan alias tidak lagi berdasarkan giliran. Biasanya dilakukan dengan memainkan kartu dari tangan secara tertutup, kartu baru akan dibuka jika semua sudah menyimpan kartu tertutup. Dengan kata lain kartu dari semua pemain akan dibuka bersama-sama.

Aksi simultan ini juga bisa dicampur dengan turn order untuk menentukan giliran. Misalnya kartu yang ditutup adalah kartu berisi angka, setelah kartu dibuka pemain dengan angka yang paling besar akan mendapat giliran pertama dan seterusnya.

Di Bam-Bam Race pemain mengeluarkan kartu aksi secara simultan, namun mengaktifkannya sesuai urutan nomor kartu.

3. Action Drafting / Memilih Aksi

Cara ini biasanya memberikan pemain ruang untuk menentukan aksi yang selanjutnya. Paling umum adalah pemain mengambil atau menandai kartu aksi. Kartu aksi yang dipilih bisa juga memiliki elemen yang menunjukkan kapan pemain akan mendapat giliran di putaran selanjutnya.

Sama dengan cara sebelumnya, tentunya action drafting bisa dikombinasikan dengan turn order ataupun simultaneous action. Bahkan dari sebelum sebelum memilih kartu aksi, misalnya pemain harus melakukan bidding dahulu. Bidder tertinggi boleh memilih kartu aksi terlebih dahulu, mungkin saja kartu aksi yang dipilihnya membuatnya dapat giliran terakhir di fase berikutnya namun efek yang diberikan menguntungkannya.

Ada banyak board game Indonesia yang bisa dijadikan referensi

Baca juga: Bedanya Bribery, Betting, Bidding, dan Bluffing dalam Board Game

Board game Indonesia sendiri ada banyak macamnya. Ada yang memakai turn order seperti Aquatico, Wilah, Si Anak Nakal atau lainnya. Ada yang menggunakan aksi simultan seperti Get Egg. Yang menggabungkan keduanya juga ada seperti Waroong Wars dan Bam-Bam Race, ada fase di mana aksi dilakukan simultan dan ada pula fase yang dijalankan bergantian.

Penasaran dengan judul-judul di atas? Pesan saja lewat Boardgame.id secara online. Dapatkan judul-judul board game Indonesia selengkapnya yang bisa dibeli di halaman katalog berikut:

You may also like