9 Alasan Anak Harus Lebih Sering Main Board Game Daripada Game HP

9 Alasan Anak Harus Lebih Sering Main Board Game Daripada Game HP

Game atau permainan adalah salah satu hal yang pasti menarik perhatian anak-anak. Oleh sebab itu, sering kali kita temukan banyak anak berusaha mendapatkan waktu bermain, paling mudah adalah main game HP di smartphone orang tuanya. Sebenarnya ada alternatif media permainan lainnya lho, apalagi kalau bukan board game. Permainan yang biasa dimainkan secara konvensional ini memberikan banyak manfaat. Selain bisa mencegah anak kecanduan game HP, board game juga memberikan beberapa keuntungan seperti berikut:

Baca juga: 4 Alasan Main Board Game di Rumah Bisa Cegah Anak Kecanduan Gawai

1. Bisa dimanfaatkan sebagai media belajar sejak dini

Dari kecil, anak-anak bisa mulai belajar mengidentifikasi warna, berhitung, dan mengasah motorik dan koordinasi tangan dengan bermain board game. Selain itu, belajar menunggu giliran dan mengikuti aturan adalah pelajaran penting yang untuk tumbuh kembang anak-anak

2. Bermanfaat untuk perkembangan otak

Permainan papan adalah cara mudah untuk mendorong perkembangan otak yang sehat pada anak-anak dan remaja yang lebih tua. “Permainan strategi berguna dalam membantu perkembangan Lobus Frontal (otak bagian depan),” kata Beatrice Tauber Prior, Psy.D., seorang psikolog klinis, penulis, dan pemilik praktik pribadi Harbourside Wellbeing.

“Lobus frontal itu bertanggung jawab atas keterampilan fungsi eksekutif, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pengambilan keputusan yang baik.”

3. Meningkatkan pemahaman suatu kondisi atau keadaan

Daya tangkap informasi antara anak dengan anak yang lain tentu berbeda. Bagi anak yang merasa kurang tanggap dalam menerima informasi bisa dibantu dengan bermain board game. Kok bisa?

Board game menuntut pemain mengingat beberapa informasi sekaligus (siapa yang melakukan apa, di mana, atau siapa yang saat ini memimpin) dapat membantu anak yang memahami kondisi keadaan saat ini dengan suasana yang tetap menyenangkan

4. Mempertajam fokus

“Ketika board game dimainkan tanpa ada gangguan, dapat membantu mempertajam fokus anak,” kata Prior. Tetapi untuk mendapatkan manfaatnya, semua orang perlu berkomitmen untuk melihat dan menjalankan permainan sampai akhir.

“Saat keluarga Anda duduk dan bermain board game, pastikan untuk menyelesaikan permainan tanpa semua orang memeriksa HP mereka, meminta Alexa untuk memainkan lagu, atau menyalakan TV untuk melihat skor sepakbola terbaru, ”tambah Prior.

“Menyelesaikan board game tanpa distraksi akan membantu anak mempertajam fokus yang sekaligus menurunkan perhatian anak-anak dari gangguan dunia digital.”

5. Mengajarkan nilai penting dari kerja tim

Board game bisa menawarkan pesan kepada anak-anak tentang kehidupan: Keberuntungan dapat berubah dalam sekejap, menjadi lebih baik atau lebih buruk. Tetapi selain mengajarkan bahwa tidak ada jaminan dalam hidup, board gameadalah cara yang baik untuk mendorong anak-anak dari berbagai usia untuk bergabung dan bekerja bersama – sesuatu yang harus mereka lakukan sepanjang hidup.

Ajak kakak dan adik bermain bersama, bisa board game dengan jenis kooperatif untuk anak-anak. Board game jenis ini bisa melatih anak untuk berlaku adil, tidak egois atau ingin menang sendiri karena di sini semua pemain diminta untuk berjuang mencapai satu tujuan bersama-sama.

6. Bisa mengobati mood / suasana yang jelek

Ketika orang tua kelepasan dan dibuat jengkel oleh putra-putrinya, pertimbangkan untuk justru mengajak mereka bermain board game bersama daripada memarahi atau memberi hukuman. “Saya sering menggunakan board game sebagai mekanisme untuk memperbaiki hubungan orang tua-anak,” jelas Regine Galanti, Ph.D., seorang psikolog klinis dan profesor berlisensi di Ferkauf Graduate School of Psychology di Yeshiva University di New York City.

“Mereka (board game) juga dapat digunakan untuk meningkatkan toleransi frustrasi pada anak.” Dengan kata lain, bergiliran dan melatih kesabaran selama pertandingan – bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik – dapat membantu sang anak mempraktikkan respons atau kesan yang lebih positif daripada melampiaskan kekesalan dengan melempar barang atau membanting pintu kamar dengan keras.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Orang Tua Wajib Ikut Bermain Board Game Bersama Anak

The Resistance

7. Mampu meredam kecemasan

“Karena terstruktur, board game dapat menyediakan cara yang lebih mudah untuk membangun hubungan interpersonal dengan teman sebayanya, karena anak tahu apa yang diharapkan dari mereka,” kata Galanti.

Dengan kata lain, board game dapat membantu anak-anak yang mudah cemas untuk belajar cara menavigasi hubungan pertemanan dengan lebih mudah. Untuk anak-anak yang kesulitan dalam memulai percakapan dengan orang lain, Galanti merekomendasikan game yang menyediakan ruang terstruktur yang mengedepankan obrolan, misalnya board game dengan inti tebak-menebak seperti Codenames atau lainnya.

8. Menunjukkan keteguhan

“Jika Anda bermain dengan seorang anak yang memiliki toleransi frustrasi yang rendah, dan kalah adalah hal sulit bagi mereka, coba perbolehkan mereka untuk melanggar aturan justru dapat membuat permainan lebih bisa ditoleransi dan menyenangkan bagi mereka,” kata Galanti.

“Tetapi tujuan saya dengan sengaja bermain sesuai aturan dan mendorong mereka untuk beradaptasi dan meningkatkan ketahanan ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan mereka.”

Misalnya, Anda mungkin berkata: “Saya sangat bangga dengan kamu karena tetap tenang meskipun mengambil kartu yang tidak kamu sukai. Nanti coba lagi dan coba ambil kartu yang bagus! “

9. Membangun quality time

Tidak terlalu membutuhkan peran teknologi, itulah yang membuat bermain board game menjadi istimewa. Ini adalah cara sederhana untuk mendapatkan quality time, saat di mana anak-anak terbebas dengan layar HP – dan Anda mungkin akan terkejut dengan betapa mereka suka bermain.

“Banyak keluarga sedang berjuang untuk menemukan keseimbangan hubungan antara kehidupan nyata dan digital, tetapi board game bisa menjadi alat untuk memperbaiki hubungan tersebut, “kata Prior.

Pesan pizza dan buatlah cara untuk merayakan waktu bersama keluarga di akhir pekan.

Boardgame.id juga menyediakan berbagai pilihan judul board game Indonesia untuk menemani waktu bersama keluarga. Daftar judul board game Indonesia selengkapnya yang bisa dipesan secara online bisa dilihat di halaman katalog berikut:

Sumber: Scholastic.com

You may also like