Punya Pertanyaan Seputar Pengajuan Board Game ke Penerbit? Tanyakan Saja di Sini

Punya Pertanyaan Seputar Pengajuan Board Game ke Penerbit? Tanyakan Saja di Sini

Tentu sudah menjadi impian setiap game designer untuk menantikan karya-karyanya diterbitkan. Di industri board game ada yang namanya penerbit atau publisher, mereka lah pihak yang akan mengambil keputusan untuk menerbitkan karya dari seorang game designer.

Baca juga: Kenali Peran-Peran Ini Sebelum Masuk ke Industri Board Game

Lantas apa yang harus dilakukan oleh game designer agar karyanya bisa diterbitkan oleh publisher? Pada dasarnya industri ini hampir sama dengan industri buku. Author atau penulis buku mengirimkan tulisannya ke para penerbit dan mereka akan memeriksanya. Jika memang menarik atau sesuai dengan kriteria penerbit, bukan tidak mungkin si penulis akan dihubungi oleh penerbit untuk membicarakan kerjasama secara lebih lanjut.

purwarupa Pangeran & Putri Baik Hati
Menguji coba prototipe board game

Begitu juga dengan board game, game designer sebenarnya cukup mengirimkan purwarupa atau rancangan board gamenya yang paling baru ke penerbit. Alangkah baiknya purwarupa yang diajukan sudahlah melewati beberapa kali tahap playtest, perbaikan, playtest, penyempurnaan hingga benar-benar enak dimainkan dan layak diuji coba oleh penerbit. Tidak mungkin kan, kamu menyuguhkan rancangan board game yang masih berupa konsep atau ide yang masih ada dalam bayangan dan belum pernah sama sekali diuji coba.

Kebetulan nih, beberapa waktu lalu ada penerbit yang bermarkas di Surabaya yang sedang membuka “Prototype Submission”. Penerbit tersebut adalah Tabletoys yang sebelumnya telah sukses menerbitkan board game Waroong Wars 2nd Edition dan Bam-Bam Race.

Ini tentu menjadi kesempatan besar untuk para game designer board game di tanah air untuk mewujudkan mimpi mereka. Apalagi kalau bukan menerbitkan karya mereka lewat Tabletoys. Boardgame.id pun telah membuat artikel yang membahas tentang syarat dan ketentuan yang harus diikuti kalau ada game designer ingin mengajukan prototipenya.

Baca juga: Tabletoys Indonesia Siap Terbitkan Board Game Rancanganmu

pengajuan board game

Dari informasi yang sudah dipaparkan kamu masih kebingungan? Ada yang ingin dipastikan atau ditanyakan?

Jangan khawatir, Boardgame.id akhir pekan ini mengajak Tabletoys untuk ngobrol bareng dan menjawab pertanyaan seputar pengajuan board game atau pertanyaan lainnya. Kami akan ngobrol di Instargam melalui siaran langsung di akun @Boardgame.id dan @tabletoys.

Sesi ngobrol-ngobrol ini akan disiarkan secara langsung pada hari Sabtu, 2 Mei 2020 pada pukul 15:00 WIB. Game designer atau pembaca yang menyimpan pertanyaan seputar pengajuan board game atau pertanyaan umum tentang board game silakan disampaikan melalui DM Instagram @boardgame.id, kolom komentar di post terkait baik di Instagram maupun Facebook Boardgame.id.

Ditunggu pertanyaannya dan jangan lupa nonton sesi Live Instagramnya ya!

You may also like