Permainan Adu Kreatifitas Ini Raih Penghargaan Board Game Terbaik 2020

Permainan Adu Kreatifitas Ini Raih Penghargaan Board Game Terbaik 2020

Spiel des Jahres, ajang penganugerahan untuk board game terbaik selalu dinanti-nanti oleh penikmat board game dunia. Sebenarnya ada ajang penghargaan lainnya, namun Spiel des Jahres mungkin yang paling mendapat sorotan. Layaknya piala oscar dalam industri perfilman, pemenangnya pun akan makin populer dan bisa mendongkrak penjualan secara eksponensial.

Tahun ini, nominasi Spiel des Jahres telah diumumkan pada bulan Mei lalu. Setiap tahunnya ada tiga kategori yang dianugerahi: Spiel des Jahres (Board Game Terbaik 2020), Kennerspiel des Jahres (Board Game Rumit Terbaik 2020), dan Kinderspiel des Jahres (Board Game Anak Terbaik 2020).

Baca juga: Inilah Para Calon Penyandang Board Game Terbaik Spiel des Jahres 2020

Pengumuman board game apa yang akhirnya dari dipilih para juri untuk menyandang penghargaan Spiel des Jahres 2020 baru saja diumumkan hari Senin kemarin, 21 Juli 2020 di Berlin, Jerman. Berikut para pemenangnya

– PICTURES –
Spiel des Jahres 2020
Board Game Terbaik 2020

Pictures cover - Board Game Terbaik 2020

Pictures bisa dibilang board game yang mengandalkan kreativitas pemain untuk 3-5 pemain dari usia 8 tahun ke atas. Setiap ronde, pemain membuat ulang salah satu dari enam belas gambar di atas meja sebaik mungkin dengan seperangkat benda-benda yang tidak lazim: dua tali sepatu, enam balok kayu, empat batang dan empat batu, 2-5 kartu bergambar simbol, dan kubus berwarna-warni yang ditempatkan ke dalam bingkai 3×3 untuk membuat gambar bergaya pixelated.

Gambar mana yang harus dirangkai ulang ditentukan acak dengan mengambil token dari kantong, dan setiap token muncul di tiga kali. Pemain memperoleh poin dengan menebak gambar mana yang cocok dengan kreasi artistik pemain lain dan juga sebaliknya, mereka menebak gambar mana yang menginspirasi karyamu.

Pictures buatan Christian Stöhr dan Daniela Stöhr mengalahkan My City ciptaan Reiner Knizia dan Nova Luna dari Uwe Rosenberg bersama Corné van Moorsel untuk penghargaan Spiel des Jahres 2020.

Pictures - Board Game Terbaik 2020
Pictures dan komponennya | Foto: abenteuer-brettspiele.de

– THE CREW –
Kennerspiel des Jahres 2020
Board Game Rumit Terbaik 2020

The Crew: The Quest for Planet Nine, KOSMOS, 2020 — front cover (image provided by the publisher)

Untuk Kennerspiel des Jahres, penghargaan yang ditujukan untuk para penggemar yang nyaman dengan permainan yang sedikit lebih terlibat daripada para pemenang Spiel des Jahres yang ramah-arus utama, juri SdJ memilih The Crew dari desainer Thomas Sing dan penerbit KOSMOS.

The Crew adalah permainan trick-taking kooperatif untuk 2-5 pemain di mana satu atau beberapa pemain diberi tugas untuk menyelesaikan untuk misi yang harus diselesaikan secara berkelompok. Misalnya memenangkan trik yang berisi kartu tertentu, atau tidak memenangkan trik sama sekali, atau menang trik sekali saja.

The Crew menawarkan 50 level dengan tantangan khusus di setiap levelnya. Setiap tantangan akan memaksa para pemain untuk saling mengevaluasi kembali setiap trik yang dimainkan tanpa boleh saling berkomunikasi secara verbal. Berhubung ini adalah permainan kooperatif pemain menang atau kalah bersama-sama.

All of the components
The Crew dan komponennya | Foto: Henk Rolleman

– HEDGEHOG ROLL –
Kinderspiel des Jahres 2020
Board Game Anak Terbaik 2020

Preview

Sebenarnya kategori Kinderspiel telah diumumkan lebih dulu pada bulan Juni. Dalam permainan, yang disebut Speedy Roll dalam edisi Jerman-nya dan yang berasal dari penerbit Rusia, Lifestyle Boardgames, pemain berlomba satu sama lain di jalan setapak di hutan untuk lebih dulu sampai ke rumah.

Pemain bisa menggerakkan bidak landaknya maju di jalan setapak yang ada hanya dengan mengambil token barang yang tepat. Hal ini dilakukan dengan cara menggelindingkan bola tenis si landak. Karena token-token tersebut berbahan velcro (perekat seperti pada jaket), ketika landak bergulir beberapa token mungkin akan menempel. Pemain cukup mengambil semua token yang menempel padanya dan token yang terbuka karenanya. Lalu pemain boleh mengambil jalur di papan sesuai dengan benda-benda yang tadi diambilnya.

Hedgehog Roll buatan Urtis Šulinskas merupakan board game yang bisa dimainkan oleh anak berusia minimal 4 tahun dan dewasa selama 20-25 menit saja. Permainannya sangat fleksibel, pemain bisa sepakat untuk memakai papan jalan setapak lebih sedikit atau dipakai semua. Tersedia juga mode kooperatif di mana token landak harus sampai rumah sebelum disantap oleh rubah.

Hedgehog Roll - Game process

Setuju dengan hasil pilihan para juri untuk para pemenang di atas? Mana yang paling membuatmu tertarik untuk mencoba? Yuk, tulis jawabanmu di komentar.

You may also like