Terpopuler! Inilah Deretan Board Game yang Paling Banyak Dimainkan Dalam 20 Tahun

Terpopuler! Inilah Deretan Board Game yang Paling Banyak Dimainkan Dalam 20 Tahun

Eran Hirsch, seorang pengguna situs dan forum Boardgamegeek.com mengunggah sebuah video yang memperlihatkan statistik seberapa sering judul-judul board game populer dimainkan. Data ini diambil dari logged plays atau sesi main yang dicatatkan ke situs Boardgamegeek.

Video berdurasi hampir 10 menit ini memperlihatkan statistik mulai dari awal tahun 2000 hingga 2019 dengan interval per empat bulan. Bisa dilihat di video di bawah, kita masih bisa melihat Catur, Monopoly Scrabble di sekitar 10 detik pertama. Begitu memasuki tahun 2000, beberapa board game Jerman peraih Spiel des Jahres (SdJ), semacam piala oscar untuk board game, mulai melaju pesat.

Tentu data yang ditampilkan cukup bias karena tidak semua orang yang bermain board game mencatatkannya di Boardgamegeek. Penulis sendiri meski sudah rajin bermain board game “modern” sedari tahun 2012, baru rajin mencatat sesi main satu-dua tahun belakangan ini. Dan bisa jadi satu orang menyumbang lebih dari satu kali sesi main karena Ia memainkannya berulang-ulang.

Baca juga: Abadikan Momen Main Board Game dan Menangkan Kompetisi Fotonya

Masih ada banyak data yang luput dari video statistik ini. Meski begitu, setidaknya kita tahu fenomena kapan dan board game apa yang tiba-tiba populer. Penghargaan seperti SdJ dan Golden Geek Awards (GG) juga mempengaruhi naiknya popularitas dan tentu penjualan sebuah board game sehingga makin sering dimainkan.

Sumber: Boardgamegeek.com

You may also like