20 Fakta Spiel des Jahres, Penghargaan Paling Bergengsi yang Perlu Kamu Tahu

20 Fakta Spiel des Jahres, Penghargaan Paling Bergengsi yang Perlu Kamu Tahu

Jika di industri perfilman ada piala Oscar untuk menghargai karya-karya film dan para orang-orang di baliknya, industri board game juga punya penghargaan serupa untuk mengapresiasi board game-board game terbaik.

Sebenarnya ada banyak penghargaan board game dari berbagai sumber dan dari berbagai negara. Dari semua penghargaan yang ada, yang diketahui paling bergengsi dan paling membawa dampak adalah Spiel des Jahres atau kalau diterjemahkan artinya game of the year alias board game terbaik tahunan.

Baca juga: Board Game Terbaik 2021 Tawarkan 16 Kasus Untuk Dipecahkan Bersama Keluarga

Bagaimana Spiel des Jahres ini bisa jadi penghargaan paling bergengsi dan paling berdampak? Ini 20 hal yang perlu kamu tahu tentang Spiel des Jahres.

Spiel des Jares Board Game winners, from 1987
Sudah ada sejak 1987 | Sumber: https://www.morethanagamecafe.com/
  1. Diinisiasi pada tahun 1978 dengan tujuan mencari desain game unggulan, dan mempromosikan game-game berkualitas terbaik di pasar board game di Jerman.
  2. Hase und Igel (Kelinci dan Landak), menjadi game pertama yang mendapat penghargaan di tahun 1979.
  3. Selama 1979-2000, Spiel des Jahres hanya memiliki satu kategori
  4. Baru pada 2001, mereka menambah kategori baru yaitu board game terbaik anak atau Kinderspiel des Jahres dengan Klondike sebagai pemenang pertamanya.
  5. Selanjutnya pada 2011, ada tambahan kategori baru lagi yang ditujukan untuk mencari board game terbaik dengan level yang lebih kompleks untuk para board gamer antusias yaitu Kennerspiel des Jahres.
  6. Selain ketiga kategori di atas ada juga pemberian penghargaan Special Award untuk game-game tertentu yang dianggap luar biasa atau inovatif. Beberapa yang mendapat ini antara lain Agricola, Space Alert, Pandemic Legacy dan lainnya.
  7. Game designer atau penerbit dari board game yang terpilih menjadi pemenang tidak mendapatkan uang.
  8. Meskipun begitu, penerbit yang judulnya masuk dalam nominasi boleh memakai logo Spiel des Jahres untuk ditempel di cetakan box terbarunya selama 2 tahun, dan untuk pemenang tiga tahun.
  9. Hal ini bisa mendongkrak penjualan hingga 10.000 kopi yang biasanya hanya berkisar 500-5.000 kopi saja
  10. Bagi pemenang, bahkan bisa terjual hingga sebanyak 300.000 – 500.000 kopi.
  11. Settlers of Catan yang menjadi pemenang Spiel des Jahres 1995 langsung terjual 400.000 kopi di tahun pertama. Hingga Klaus Teuber selaku perancangnya tidak kebagian edisi cetakan pertamanya.
  12. Semua jury yang menilai layak atau tidaknya masuk ke dalam nominasi dan menjadi pemenang bekerja secara sukarela dan tidak menerima dukungan financial apapun selama penjurian.
  13. Mereka adalah para jurnalis serta kritikus yang sudah berpengalaman dalam mengulas board game dan tinggal di Jerman.
  14. Khusus untuk jury Kinderspiel, mereka harus pernah terlibat minimal selama satu tahun dalam jurnalistik khususnya di media untuk anak.
  15. Jury mengumumkan nominasi dari ketiga kategori di atas dari bulan Mei.
  16. Pemenangnya diumumkan pada bulan Juli, namun untuk kategori Kinderspiel des Jahres dilakukan satu bulan sebelumnya yaitu pada bulan Juni.
  17. Karena pengumuman nominasinya di bulan Mei, para jury hanya menyeleksi game-game yang sudah rilis maksimal hingga akhir Maret. Board game yang terbit setelahnya akan masuk dalam seleksi tahun berikutnya.
  18. Game yang diseleksi haruslah sudah masuk ke pasar board game di Jerman.
  19. Beberapa kriteria jury dalam menentukan nominasi dan pemenangnya dilihat dari: aspek game design, kejelasan peraturan, layout dan penampilan game baik dari box serta komponen, serta kualitas produksi.
  20. Namun hal yang terpenting untuk masuk dalam nominasi, board game haruslah family friendly atau board game yang memang layak dimainkan bersama keluarga dan kerabat.

Wah keren ya, kalau berhasil jadi pemenang Spiel des Jahres bisa mendongkrak penjualan hingga ratusan ribu kopi. Dengan kata lain, pengali royalti yang diperoleh oleh game design juga makin bertambah banyak.

Kira-kira bisa nggak ya board game Indonesia dapat penghargaan Spiel des Jahres? Selain kriteria yang sudah disebutkan di atas, memang apa sih syarat dan ketentuan lainnya agar bisa masuk seleksi para jury? Nah! untuk pertanyaan yang terakhir akan kita bahas di artikel berikutnya ya. Stay tuned!

Ingin melihat daftar board game yang yang pernah masuk nominasi dan menjadi juara Spiel des Jahres? Kunjungi saja situs resmi mereka berikut ini: https://www.spiel-des-jahres.de/en/

You may also like