Just One dan Wingspan Sabet Gelar Board Game Terbaik Tahun 2019

Just One dan Wingspan Sabet Gelar Board Game Terbaik Tahun 2019

Spiel des Jahres, ajang penganugerahan untuk board game terbaik selalu dinanti-nanti oleh penikmat board game dunia. Sebenarnya ada ajang penghargaan lainnya, namun Spiel des Jahres mungkin yang paling mendapat sorotan. Layaknya piala oscar dalam industri perfilman, pemenangnya pun akan makin populer dan bisa mendongkrak penjualan secara eksponensial.

Tahun ini, nominasi Spiel des Jahres telah diumumkan pada bulan Mei lalu. Setiap tahunnya ada tiga kategori yang dianugerahi: Spiel des Jahres (Board Game Terbaik), Kennerspiel des Jahres (Board Game Rumit Terbaik), dan Kinderspiel des Jahres (Board Game Anak Terbaik).

Baca juga: Kandidat Peraih Gelar Board Game Terbaik Spiel Des Jahres 2019 Sudah Muncul

Kategori Kinderspiel telah diumumkan lebih dulu pada bulan Juni dengan Valley of the Vikings sebagai pemenang. Dalam game ini, anak-anak diajarkan tentang resiko.

Baca juga: Ajarkan Anak Mengambil Resiko, Valley of the ViKings Raih Penghargaan Kinderspiel des Jahres 2019

Untuk dua kategori sisanya, hasilnya baru saja diumumkan hari ini (22/07). Daripada makin penasaran, berikut adalah para pemenangnya:

– JUST ONE –
Spiel des Jahres 2019

Board game terbaik 2019 - just one

Just One adalah permainan kata untuk 3-7 pemain berusia 8 tahun ke atas. Menariknya di sini semua pemain adalah satu tim yang harus bekerjasama di mana hanya ada satu pemain yang tidak melihat sebuah kata. Tugas pemain yang tidak melihat adalah menebak kata yang dimaksud. Jadi, teman satu timnya harus menuliskan petunjuk yang berupa satu kata.  Hati-hati, jika ada teman satu tim yang menuliskan petunjuk yang sama, maka petunjuk tersebut tidak akan diperlihatkan dan akan membuat si penebak makin sulit menjawab.

– Wingspan –
Kennerspiel des Jahres 2019

board game terbaik rumit 2019 - wingspan
Flügelschlag merupakan edisi bahasa Jerman dari Wingspan

Dalam permainan ini pemain akan menjadi ahli dalam bidang burung, pengamat, peneliti, atau kolektor burung. Masing-masing pemain berupaya menemukan dan menarik perhatian burung-burung terbaik agar mau singgah ke jaringan pelestarian satwa liar yang kamu kelola. Dirancang oleh seorang wanita bernama Elizabeth Hargrave, Wingspan bisa dimainkan untuk 1-5 pemain berusia 10 tahun ke atas. Cocok untuk mempelajari jenis-jenis burung karena di sini terdapat lebih dari 100 burung yang hidup di Amerika Utara.

Baca juga: Board Game Terbaik 2019 Ini Bisa Bantu Kenalkan Ragam Jenis Burung Pada Anak

Nah! Itu dia para pemenang untuk penghargaan Spiel des Jahres tahun ini. Bagaimana? Pemenang penghargaan di atas semuanya sesuai dugaanmu? Sudahkah kamu memainkannya?

Di Indonesia juga ada lho, ajang memberian penghargaan untuk board game terbaik. Upacara penganugerahannya dilaksanakan sebagai penutup pameran BEKRAF Game Prime 2019. Board game Jalan-Jalan terbitan Chiveus keluar menjadi pemenangnya. Berita terkait bisa kamu baca dalam artikel berikut: Jalan-Jalan Board Game Terpilih Menjadi Board Game Terbaik Versi Game Prime Awards 2019

Featured image: Twitter @ProxiJeux

You may also like