Hoki Dalam Board Game, Suka Atau Malah Benci?

Hoki Dalam Board Game, Suka Atau Malah Benci?

  • Opini
  • July 22, 2019
  • 290
  • 4 minutes read

Ketika bermain game, bukan rahasia lagi jika kita membuat rencana berupa strategi tertentu untuk meraih kemenangan. Sayangnya beberapa board/video game yang memiliki sistem randomness atau ā€œhoki-hokianā€ di dalamnya. Faktor inilah yang menyebabkan kamu tiba-tiba menang, atau bahkan kalah.

Hoki
Melempar dadu, saat-saat paling menegangkan | Foto: Zatu Games

Menjadi hal yang wajar ditemukan di mekanisme board game, rupanya banyak juga yang menyukai atau membenci sistem keberuntungan ini lho. Lantas apa saja sih alasan yang membuat orang-orang membenci dan menyukai randomness atau hoki ini?

Hoki Bisa Merubah Ketepatan Strategi

Mungkin kamu sudah bersusah payah berpikir untuk menyusun strategi yang begitu mantap. Namun hanya gara-gara satu faktor yaitu pengacakan akhirnya taktikmu malah kacau balau. Menariknya, kamu yang tidak mempunyai rencana yang matang atau hanya bermain bermodalkan ā€œhokiā€, kemungkinan bisa memiliki kesempatan menang yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu, randomness juga bisa merubah alur permainan lebih cepat atau bahkan lebih lama. Strategi yang ditujukan untuk jangka panjang atau jangka pendek belum tentu akan selalu efektif.

Baca Juga: Game Roll & Cut Pertama di Dunia Ini Sulap Dadu dan Gunting Menjadi Taman

Hoki Seakan Menunjukkan Ketidakadilan

Apakah kamu sudah jago dalam bermain sebuah board game atau video game? Hal ini rupanya belum bisa menjamin bahwa kamu akan selalu memenangkan permainan. ā€œRandomnessā€ bisa saja akan memberikan hasil yang tidak adil. SeorangĀ newbieĀ bisa menang dalam permainan mengalahkan para pemain yang sudah mahir.

Meskipun begitu, hal tersebut bisa menjadikan orang-orang lebih tertarik untuk ikut bermain, karena tidak perlu menjadi jago terlebih dahulu untuk bermain dan mengalahkan para pemain yang sudah mahir. Hal tersebut bisa menciptakan sebuah keterikatan untuk orang-orang dalam bermain.

Baca Juga: Mekanik 101: Dice Rolling, Lebih Dari Sekedar Melempar Dadu

Hoki Memberikan Ketidakpastian

Mungkin banyak yang membenci ā€œrandomnessā€ karena memberikan ketidakpastian dalam bermain. Meskipun begitu terkadang ketidakpastian ini justru memberikan momen tersendiri lho. Bayangkan jika kamu adalah seseorang yang akan diberikan kejutan ketika sedang berulang tahun. Awalnya memang akan diisengi oleh teman-temannya, akan tetapi di akhir hari dia mendapatkan hadiah yang sangat membuat hati gembira.

ā€œRandomnessā€ seakan memberikan sebuah pelajaran, bahwa dalam kehidupan tidak hanya faktor manusia lah yang menentukan masa depan. Akan tetapi, terdapat Tuhan yang menggerakan arah kehidupanmu – yang justru mengarahkan kepada jalan yang lebih baik.

Kamu sendiri cenderung menyukai adanya randomness di suatu game atau justru membencinya? Yuk share!

*artikel ini telah rilis sebelumnya dengan judulĀ ā€œ3 Alasan yang Membuat Hoki-hokian Disukai dan Dibenci” oleh Rizal Ziz tanggal 11 Oktober 2015.

 

You may also like