Element Dice, Dadu-Dadu Ini 100% Terbuat dari Unsur Kimia Murni Lho!

Element Dice, Dadu-Dadu Ini 100% Terbuat dari Unsur Kimia Murni Lho!

Ketika kita bermain board game, kerap sekali kita menjumpai komponen dadu. Bahan utama yang paling sering dipakai untuk membuat dadu kalau nggak dari plastik ya dari kayu. Mau punya dadu yang tidak biasa? misalnya dadu yang terbuat dari unsur periodik alami seperti karbon, kobalt, aluminium, perak dan lainnya.

Kalau jawabanmu adalah ‘iya’, maka Element Dice berikut bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu koleksi.

Baca juga: Riset & Main! Penemu Tabel Periodik Terispirasi dari Kartu Solitaire

1. Tidak memiliki angka satu

Element Dice dibuat dan diproduksi oleh Modern Awsome Labs asal Utah, Amerika. Awalnya mereka memang tertarik dengan tabel periodik dan juga board game. Hingga akhirnya kenapa tidak menggabungkan dua hal yang mereka suka menjadi satu dan lahirlah dadu-dadu dengan sisi angka ‘1’ yang diganti dengan sisi unsur.

2. Terbuat dari 100% bahan unsur alami

Tidak hanya sekedar nemampilkan lambang unsur, nomor atom dan massa atom di satu sisi dadu, ternyata bahan dari dadu tersebut memang 100% murni terbuat dari elemen unsur yang muncul dari sisi pengganti angka ‘1’. Ya! Jadi si unsur tidak hanya sebagai pelapis saja. Ketika tangan mengambil Element Dice berukuran 16 milimeter kubik, perbedaan berat dari dadu biasa kan langsung terasa.

Sebagai contoh, dadu dengan unsur perunggu memiliki massa 6-7x lebih berat dari dadu biasa.

3. Awet hingga bertahun-tahun

Sedikit pengecualian, ada sedikit tambahan logam campuran dengan tujuan untuk mencegah karat & oksidasi. Efeknya tentu akan memberikan daya tahan berlebih untuk Element Dice. Dengan kata lain, bentuknya bisa tetap indah dan terjaga seperti saat pertama kali membelinya meskipun waktu telah berlalu hingga bertahun-tahun.

4. Bisa disimpan di tabel periodik khusus

Secara bertahap, Modern Awsome Labs menambah daftar jenis dadu-dadu unsur. Bagi pembaca yang berniat mengoleksi semuanya ada baiknya juga memiliki tabel periodik transparan guna menampung dadu-dadu ini. Plus, bisa juga dijadikan pajangan di tembok rumah. Tabel periodik ini khusus terbuat dari resin dan akrilik.

5. Harganya beragam

Bicara soal harga, nominalnya berbeda-beda tergantung dari jenis dadu unsur yang dipilih. Misalnya, dadu Karbon (C) seharga Rp175.000, Zirkonium (Zr) satuannya Rp350.000, Kobalt (Co) Rp750.000 dan yang paling mahal adalah Perak / Argentum (Ag) yang mencapai hampir 10 kali lipat dari harga dadu berelemen Karbon. Oiya, tabel periodik transparan di atas juga bisa didapatkan dengan harga Rp1.150.000

Saat ini Element Dice bisa didapatkan melalui situs galang dana, Kickstarter, jadi pembaca diminta untuk semacam PO yaitu membayar barang dimuka. Lalu barang akan dikirim kemudian hari setelah dadu-dadu selesai diproduksi, tanggal pastinya belum ada namun di kisaran bulan November 2021.

Kunjungi halaman Kickstarternya berikut untuk mendapatkan Element Dice: Element Dice 4: 10 NEW Elements & Full Wall Display by Modern Awesome Dice — Kickstarter

You may also like