13 Permainan Dadu Ini Populer Tapi Kamu Belum Pernah Mendengarnya

13 Permainan Dadu Ini Populer Tapi Kamu Belum Pernah Mendengarnya

Dadu adalah komponen yang sering dipakai dalam sebuah board game. Dari ribuan judul game yang menggunakan dadu pasti ada donk mana yang paling populer. Nah, pada kesempatan kali ini BoardGame.id akan menyuguhkan 13 permainan dadu yang paling populer yang mungkin kamu bahkan belum pernah dengar atau melihatnya.

Perlu digarisbawahi dulu, game dadu yang akan disebutkan berikut ini bukanlah permainan yang memanfaatkan mekanik dice rolling, atau mekanik melempar dadu yang hasilnya dipakai untuk melangkah sesuai hasil lemparan dadu seperti Monopoly, Ular Tangga, atau bahkan Backgammon.

1. Beetle
(dikenal juga sebagai Cooties)

Cootie

Setiap pemain melempar dadu dan mendapat potongan tubuh serangga tergantung dari hasil lemparan dadu. Pemain yang berhasil menyusun potongan tubuh menjadi seekor serangga utuh dialah pemenangnya.

2. Bunco

Game dadu yang sangat sederhana, pemain melempar tiga buah dadu dan menambahkan angkanya. Dimainkan dalam 6 ronde. Bunco memiliki twist atau aturan khusus pada setiap rondenya. Pada akhirnya, pemain akan beradu poin terbanyak. Sangat populer dimainkan oleh wanita di daerah pinggiran kota di Amerika pada jaman dulu.

3. Chƍ-han

Game dadu ini berasal dari Jepang. Enam buah dadu dilempar namun hasilnya disembunyikan. Pemain harus menebak total angka dadunya genap atau ganjil.

4. Farkle
(dikenal juga sebagai Zonk, Zilch, 10000, Wimp Out, Greed, Squelch)

Farkle 13 dadu


Sebuah game uji keberuntungan yang menjadi inspirasi dari board game seperti Can’t Stop dan sejenisnya. Pemain akan melempar enam dadu dan ia harus memilih angka untuk disimpan. Ia kemudian boleh berhenti atau melempar lagi sisa dadunya dan menyimpan angka dadu yang lain (tidak boleh menyimpan angka dadu yang sudah disimpan pada lemparan sebelumnya). Bila berhenti ia mencatat total angka dadunya, bila lempar ulang dan ternyata tidak bisa menyimpan angka baru maka semua angka yang disimpan hangus (tidak dihitung).

5. Hazard
(dikenal juga sebagai Craps)

Game tebak menebak angka dadu. Sebelum melempar dadu pemain harus memilih angka dari 5 – 9, bila angka yang keluar sesuai maka pemain tersebut menang. Bila hasilnya 2, 3, 11 atau 12 pemain bisa kalah tergantung dari angka yang dipilih. Jika bukan, lempar ulang sesuai dengan angka lemparan terakhir.

6. LCR

LCR

Ada tiga dadu yang setiap sisinya memiliki sisi Left (L/kiri), Center (C/tengah), Right (R/kanan) dan tiga sisi lainnya kosong. Pemain harus mengoper koin ke arah sesuai hasil lemparan dadu. Center artinya pemain harus mengoper ketengah (menjadi pot). Pemain terakhir yang masih memiliki koin memenangkan permainan.

7. Liar’s Dice

(dikenal juga sebagai Bluff, Dudo, Cachito, Perudo, Mexicali, Mexican)
Game dadu ini penyandang gelar Spiel des Jahres tahun 1993. Pemain bertaruh akan hasil total lemparan dadu. Setiap pemain melempar sebuah dadu, melihat hasil lemparannya masing-masing dan menutupinya dari pemain lain. Pemain lalu menebak secara bergiliran ada berapa dadu yang memiliki nilai tinggi.

8. Mexico

Semua pemain melempar dadu. Pemain yang angka dadunya paling kecil harus membayarkan koin ke tengah pot. Bila koin pemain habis Ia tereliminasi. Dengan kata lain, jadi pemain yang tersisa memenangkan permainan dan mengambil semua jackpot yang ada.

9. Pig
(dikenal juga sebagai Pass the Pig)

Game dadu ini lebih sederhana dari Farkle. Lempar dadu dan simpan angka, namun jika yang dadu yang dilempar menghasilkan angka 1 maka semua angka yang sebelumnya disimpan pemain tersebut langsung dianggap hangus

10. Poker Dice

Poker Dice

Sisi dadu pada game ini memunculkan sisi 9,10,J,Q,K, dan As. Pemain boleh melempar ulang dadu-dadu yang ada maksimal dua kali. Pemain dengan hasil lemparan yang memunculkan kombinasi paling kuat (kombinasi sebagaimana dalam poker kartu) memenangkan permainan.

11. Shut the Box
(dikenal juga sebagai Canoga, Klackers, Zoltan Box, Batten Down the Hatches, Jackpot High Rollers)

Shut the box 13 permainan dadu

Pemain melempar satu atau dua dadu dan mencatat hasil kombinasinya dengan bantuan kepingan kayu berangka 1-9. Bila hasil lemparan menunjukan angka 8, maka kepingan angka 8 diangkat. Selanjutnya pemain harus mengangkat kepingan yang bisa menjadi angka 8, misal 1+4+3 atau 3+5 atau 2+6. Pemain berusaha mengangkat sebanyak mungkin kepingan kayu lalu menjumlahkannya.

12. Sic Bo
(dikenal juga sebagai Hi lo, Chuck-a-luck, Grand Hazard -tapi berbeda dengan Hazard)

Pemain mencoba peruntungannya dengan memilih hasil lemparan sebelum dadu dilempar. Pilihan ada banyak: angka, warna, besar/kecil. Jadi mirip seperti roulette. Jika hasil lemparan sesuai dengan pilihan maka pemain akan mendapatkan hadiah (biasanya uang).

13. Yahtzee

yahtzee 13 permainan dadu

Merupakan cikal bakal Poker Dice, King of Tokyo dan game-game yang menggunakan game mekanik sejenis. Mekanik yang dimaksud adalah pemain boleh melempar ulang dadu-dadu yang ada sebanyak dua kali. Pemain boleh memilih dadu mana yang mau dihitung skor dan mana yang mau dilempar ulang.

Dari ke 13 permainan dadu di atas, sudah adakah yang pernah kamu dengar, lihat atau mainkan?

*Artikel ini pernah terbit sebelumnya pada 7 Maret 2019 dengan judul ” 13 Game Dadu Paling Populer yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

You may also like