Solutions: The Game, Board Game Ini Ajak Pemain Cegah Perubahan Iklim

Solutions: The Game, Board Game Ini Ajak Pemain Cegah Perubahan Iklim

Menurut Kementrian Lingkungan Hidup (2001), perubahan iklim disebut sebagi berubahnya kondisi fisik atmosfer bumi antara lain suhu dan distribusi curah hujan yang membawa dampak luas terhadap berbagai sektor kehidupan manusia. Jadi perubahan iklim adalah masalah dunia yang perlu diselesaikan bersama.

Tentu saja setiap negara punya caranya masing-masing untuk mengedukasi masyarakat tentang bahanya perubahan iklim. Namun pasti banyak masyarakat yang abai, masalah Covid-19 masih ada saja yang tidak percaya apalagi soal climate change yang dampaknya mungkin tidak begitu nyata dan bisa dirasakan dalam waktu dekat.

1. Memahami berbagai solusi pencegahan lewat board game

Media yang paling tepat untuk mensimulasikan dampak jangka panjang dari suatu peristiwa namun bisa dicerna secara langsung adalah game, terutama board game. Ketika pemain melakukan aksi pasti langsung berpengaruh ke permainan. Dengan kata lain hasil dari setiap aksi pemain bisa langsung terlihat, begitu juga sebab akibat dari efek kartu yang mungkin muncul. Tak lupa peran pemain lain dalam permainan tersebut juga mempengaruhi tindakan serta output yang terjadi.

Kabar gembira, kini ada Solutions, sebuah board game yang mengajak pemainnya untuk berkolaborasi mencegah perubahan iklim. Hal ini dilakukan dengan cara memainkan kartu yang menurut pemain adalah solusi. Pemain kemudian masuk ke fase diskusi untuk kemudian menentukan urutan kartu solusi yang paling berdampak positif.

2. Ada alasan di balik setiap tindakan (solusi)

Di balik setiap kartu terdapat informasi sebarapa berdampak kartu tersebut. Ini lah yang pemain perlu diskusikan. Hasil sebenarnya baru akan diketahui setelah semua pemain setuju dengan urutan semua kartu solusi yang ada, lalu semua kartu akan dibuka.

Dari balik kartu ini terdapat beberapa hal penting yang bisa dipelajari. Di antaranya informasi berapa jumlah emisi karbon yang dikurangi, deskripsi singkat tentang alasan solusi ini mendapat ranking tertentu dan QR code yang akan menggiring pengguna ke informasi yang lebih rinci.

3. Dikembangkan berdasarkan riset termutakhir

Sang kreator, Sam Levac-Levey dan timnya mengaku mereka telah menghabiskan ribuan jam selama pengembangan game untuk membangun fondasi game pada penelitian iklim mutakhir. Misalnya, solusi inti dalam game ini terinspirasi oleh karya inovatif Paul Hawken, salah satu pendiri Project Drawdown dan pendiri One Generation. Penelitian lain yang mengasilkan kartu-kartu Feedback Loop yang membahayakan bumi serta dan penentuan titik awal untuk suhu global, didasarkan pada NASA, IPCC, UNFCCC, NOAA, Yale, Stanford, Institut Sumber Daya Dunia, Forum Ekonomi Dunia, Database AMPERE, dan banyak lagi.

Tidak hanya itu Solutions juga sudah di ujicoba lebih dari 500 kali oleh berbagai kalangan. Tidak hanya dites oleh para gamer saja namun juga ke non-gamer, para pakar iklim, edukator, pelajar dan bahkan ke mereka yang tidak terlalu memperhatikan perkembangan iklim.

4. Cocok dimainkan di kelas.

Lingkungan yang paling mendukung pembelajaran terkait iklim adalah di kelas. Solutions dirancang untuk bisa dimainkan sampai maksimal 8 pemain dengan durasi paling lama satu setengah jam. Namun, game ini juga menawarkan mode pendek yang hanya menghabiskan waktu 30 menit. Tentunya durasi ini pas dengan jam belajar di kelas.

Setiap kartu solusi yang dimainkan menuntut siswa untuk secara aktif terlibat dengan solusi tersebut, berpikir kritis dan mendiskusikannya dengan rekan-rekan mereka. Karena ini adalah game, maka siswa tidak akan menyadari bahwa mereka sebenarnya sedang belajar! Lewat bermain, karena dialami lansung oleh siswa yang bermain, pembelajaran dan ilmu yang didapat akan melekat.

5. Testimoni para playtester

SolutionsĀ adalah cara seru untuk mengajarkan, mencari tahu, memahami dan mengambil tindakan pada perubahan iklim.” – Paul Hawkens, salah satu pendiri Project Drawdown dan pendiri One Generation

Kamu belajar banyak ketika bermain, dan sangat seru karena harus berkolaborasi, berdebat dengan tim dan menarik ketika asumsimu dipertanyakan.” – Cerridwn H., International Development Student

Game ini punya potensi yang sangat besar untuk menarik sebanyak mungkin orang peduli dengan pencegahan iklim. Menumbuhkan keingintahuan terkait solusi dan membantu masyarakat untuk melihat kepingan puzzle yang dibutuhkan serta apa yang masing-masing bisa lakukan untuk menyelesaikan krisis iklim.” Lyn A.

Saat ini Solutions bisa didapatkan melalui situs galang dana, Kickstarter, sampai tanggal 18 Agustus 2021. Jadi pembaca diminta untuk semacam PO yaitu membayar barang dimuka. Lalu barang akan dikirim kemudian hari setelah board game selesai diproduksi, tanggal pastinya belum ada namun target barang akan di kisaran bulan Februari 2022.

Harga PO Solutions di Kickstarter di kisaran Rp750.000 sudah termasuk ongkir ke Indonesia namun belum termasuk pajak. Kunjungi halaman Kickstarternya berikut untuk mendapatkan board game tentang upaya pencegahan iklim di atas:Ā Solutions: The Game by Sam Levac-Levey ā€” Kickstarter

You may also like