Board Game Indonesia Tentang Emisi Karbon Diakui WWF

Board Game Indonesia Tentang Emisi Karbon Diakui WWF

Gembar gembor bicara pemanasan global ke masyarakat tanpa tindakan aktif rasa-rasanya hampir percuma. Harus ada yang memberikan simulasi apa yang akan terjadi jika masyarakat atau bahkan negara menganggap remeh pemanasan global dan bertindak seenaknya. Untungnya, ada board game Indonesia berjudul Emisi yang menjadi media simulasi berwujud permainan.

Baca juga: Solutions: The Game, Board Game Ini Ajak Pemain Cegah Perubahan Iklim

1. Mengangkat tema anggaran karbon

Emisi dirancang oleh Mahawira Dillon (Wira), seorang pria asal Jakarta lulusan S2 Climate Change di Australian National University yang kini juga menjadi pemerhati lingkungan. Pada dasarnya Emisi mengangkat tentang konsep carbon budget atau anggaran karbon.

Konsep ini percaya jika bumi tidak mengeluarkan emisi karbon (CO2) lebih dari 1000 gigaton di akhir tahun 2050, bumi bisa bertahan lebih lama dari dampak climate change yang berbahaya. Secara teori, memperkirakan hasil konsep ini secara nyata mungkin susah, apalagi hasilnya juga baru kelihatan 30 tahun kemudian.

Mahawira (baju oranye) mengenalkan board game Emisi | Foto: Gameprime.org

2. Tiap pemain punya misi masing-masing

Tentu saja ngomong panjang lebar terkait konsep di atas bisa jadi susah ditangkap oleh masyarakat. Itulah yang mendasari Wira merancang Emisi agar menyampaikan pesan terkait carbon budget lebih mudah. Selama permainan berlangsung akan terlihat tindakan-tindakan apa saja mempengaruhi, hal ini membuat bahasan tentang emisi karbon menjadi seru, bisa dinikmati dan pesannya tersampaikan.

Di dalam permainan, para pemain akan berkompetisi antar negara dengan tujuan untuk mencapai misi masing-masing. Namun, apabila karena kepentingan satu dan lainnya bumi menjadi penuh dengan emisi karbon maka semua pemain dinyatakan kalah.

3. Mendapat dukungan dari WWF

Mahawira mulai merancang Emisi sejak awal tahun 2016. Ia pun mencoba mengenalkan prototipe Emisi ke beberapa rekannya hingga akhirnya Ia memberanikan diri untuk mengajukan rancangannya yang masih belum sempurna ke World Wildlife Fund (WWF). Mereka pun tertarik dan dianggap cukup potensial.

WWF lantas menantang untuk memoles dan menyelesaikan karyanya. Kemudian WWF sepakat untuk membantu mendanai Emisi untuk diterbitkan. Oleh karena itu kalau kamu beruntung bisa mendapatkan board game Emisi, ada logo WWF di sana. Kenapa beruntung? Karena Emisi sendiri tidak diperjualbelikan. Kamu coba hubungi langsung saja sang kreator melalui @mahawirasd

Wah seru ya! Hanya dari bermain satu sesi board game Emisi jadi bisa banyak paham tentang jejak karbon, dana karbon dan tentunya dampak dan bahayanya pemanasan global apabila tidak ditangani sedari sekarang.

Jika pembaca tertarik atau penasaran dengan cara main board game Emisi, Boardgame.id pernah mengulasnya di artikel berikut: EMISI: Lindungi Bumi dari Emisi Karbon yang Berlebih [Review]

emisi karbon
Semua aksi mempengaruhi semakin buruknya efer pemanasan global

Kalau memang tidak bisa mendapatkannya, masih ada opsi judul lain board game yang mengangkat tema yang sama yaitu Ecofunopoly: Edisi Emisi Karbon. Atau jika pembaca tertarik dengan tema pelestarian lingkungan ada juga Aquatico tentang menjaga ekosistem agar tidak tercemar dan menyediakan tempat tinggal untuk satwa-satwa endemik.

Dapatkan Ecofunopoly ataupun Aquatico melalui di toko online kami, Galeri Boardgame Indonesia yang bisa ditemukan di Tokopedia, Shopee maupun Blibli. Bisa juga dipesan dengan menghubungi langsung tim sales kami melalui whatsapp:

You may also like