Bisa Mencair! Board Game Ini Angkat Isu Pemanasan Global Untuk Anak-Anak

Bisa Mencair! Board Game Ini Angkat Isu Pemanasan Global Untuk Anak-Anak

Sejak dulu di bulan Ramadhan seperti ini board game sering kali dimainkan untuk mengisi waktu berbuka alias ngabuburit, setidaknya itu yang dialami penulis. Makin ke sini board game hadir dalam berbagai aturan, tema, hingga isu-isu dunia tertentu. Contohnya ada Meltdown yang akan dibahas dalam artikel berikut ini yang mengangkat isu global warming atau pemanasan global.

Meltdown sendiri adalah sebuah board game untuk anak-anak berusia lima tahun ke atas. Menariknya, board game ini dirancang oleh majalah sains untuk anak-anak dari jerman bernama GEOlino. Mereka ingin para pembaca mudanya memahami akibat dari pemanasan global. Bukan dengan teori, tetapi dengan bermain yang sepenuhnya berorientasi pada anak.

“Itu sebabnya kami mengembangkan Meltdown, board game papan pertama yang mencair”, klaim GEOlino saat merilis Meltdown di tahun 2020.

board game Pemanasan global

Tujuan dari permainan ini adalah untuk membawa keluarga beruang kutub ke tempat tinggalnya. Premisnya adalah perlombaan melawan waktu, karena keluarga beruang kutub harus berjalan melintasi papan permainan dari es yang meleleh. Ya! perlahan-lahan meleleh. Es ini bisa dibuat sendiri oleh anak-anak dengan cetakan yang es yang ada dalam permainan, cukup isi sedikit air dan simpan di freezer beberapa saat.

Cetakan es berbahan spons tersebut juga menjadi papan permainan yang membentuk laut biru menjadi area Arktik kecil. Spons digunakan sebagai menyerap es yang meleleh pada saat yang sama. Jika persiapan sudah selesai maka sekarang tugas anak-anak menyelamatkan beruang kutub.

Mengapa anak-anak? Tentu karena mereka lah yang akan menyelesaikan masalah-masalah dunia yang ada saat ini di masa mendatang. Meltdown membuat anak-anak mengalami efek pemanasan global dengan cara yang menyenangkan. Meskipun permainan ini tidak langsung mengubah keadaan tapi setidaknya telah mencoba meningkatkan kesadaran anak akan isu pemanasan global sejak dini. Orang tua pun bisa mengangkat topik atau bahasan isu tersebut dengan cara yang menyenangkan.

Meski bukan tentang pemanasan global, di Indonesia juga ada lho board game yang mengangkat isu lingkungan, pencemaran dan pelestarian satwa-satwa langka. Namanya Aquatico. Board game ini mengajak pemain untuk mengembangkan dan menjaga ekosistem agar tidak tercemar dan menyediakan tempat tinggal untuk satwa-satwa endemik.

Dapatkan Aquatico di Boardgame.id, bisa dipesan secara online dengan harga Rp240.000 (di luar ongkos kirim tentunya). Kunjungi halaman katalog berikut untuk memesan Aquatico atau board game Indonesia lainnya via toko online ataupun Whatsapp:

You may also like