Zen Tiles, Main Board Game Sambil Bermeditasi [Kickstarter Corner]

Zen Tiles, Main Board Game Sambil Bermeditasi [Kickstarter Corner]

Pembaca pasti pernah merasa stres kan? Entah itu karena pekerjaan, ada masalah dengan pasangan, hubungan dengan teman atau keluarga yang kurang baik, atau lainnya. Jika tidak diatasi, stres bisa berakibat buruk terutama untuk tubuh lho. Ditambah lagi di masa pandemi seperti ini, stress menyebabkan kondisi tubuh melemah dan menjadi rentan tertular penyakit serta virus. Ada beberapa cara untuk menghilangkan stres, salah satunya adalah dengan bermain board game berjudul Zen Tiles.

1. Melepas stres

Setiap orang punya cara mereka sendiri untuk melepas stres. Ada yang menenangkan diri dengan cukup mendengarkan lagu favorit, berolahraga, curhat, atau melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti bermain. Nah! Chaga Chaga Games, penerbit board game asal Jepang baru saja merilis Zen Tiles yang bisa dimainkan sambil bermeditasi untuk melepas stres.

Ketika dimainkan, Zen Tiles dapat meluapkan perasaan dan emosi yang menyumbat pikiran. Permainan ini membantu memahami perasaanmu dengan lebih mudah daripada hanya dipendam sendiri. Cocok untuk kamu yang merasa sulit mengekspresikan perasaan. Dengan mengeluarkan perasaan tentunya kamu lebih dapat mengontrol emosi dan pikiran.

Zen Tiles

Selama bermain, sangat mungkin kamu akan bertemu momen di mana kamu memuji diri sendiri yang telah melewati masa-masa sulit kemarin, dan berkata “Aku melakukannya dengan baik.โ€

Baca juga: Riset & Main! Penemu Tabel Periodik Terispirasi dari Kartu Solitaire

2. Berawal dari kekhawatiran

Zen Tiles diciptakan oleh Yoichiro Kawaguchi yang awalnya merasa waktu cepat sekali berlalu dan merasa tidak melakukan apapun yang berarti hari itu. Kemudian di saat itu pula Ia mengenal meditasi Zen yang kemudian menjadikannya lebih tenang. Bagi yang belum terbiasa, melakukan meditasi Zen bukanlah hal mudah, karenanya Ia mencoba membuat sebuah media yang memudahkan orang untuk mengekspresikan perasaannya.

Alhasil muncullah Zen Tiles yang dirilis pertama kali pada bulan Maret 2020. Meski awalnya banyak toko-toko mainan yang menolak karena dianggap bukanlah sebuah permainan, namun Kawaguchi tidak menyerah. Ia mem-posting hasilnya bermain Zen Tiles yang kemudian diikuti oleh mereka warganet. Sejak itu, kurang lebih dalam tiga bulan langsung ludes terjual.

3. Mode multiplayer

Waktu pertama kali dirilis, Zen Tiles hanya menyajikan permainan sekaligus meditasi untuk satu orang saja. Kini Chaga Chaga Games merilis ulang dengan menambahkan mode multiplayer sehingga bisa dimainkan sampai empat orang (Zen Tiles Basic). Artinya, bisa dimainkan dengan orang-orang yang kamu sayangi dan cintai untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan berbagi dan berempati satu sama lain tentang emosi yang dirasakan selama hari itu.

Untuk memproduksi edisi kedua ini, mereka memanfaatkan situs Kickstarter untuk penggalangan dana. Dengan 4.900 Yen atau Rp650.000 pembaca bisa mendukung proyek tersebut dengan imbalan Zen Tiles diantarkan ke rumahmu. Harga tersebut sudah dipotong 39% dari harga pasaran nantinya. Di dalamnya sudah termasuk 40 batu Go yang didesain unik (hitam dan putih), kain Tenugui, papan waktu dari kayu, dan kelereng elegan.

Ingin membuat suasana meditasi menjadi lebih rileks? Di halaman Kickstarter Zen Tiles juga menyediakan paket 35.000 Yen (4,7 Juta Rupiah) dengan bundling speaker dari bambu yang keren.

Baca juga: Kategori Board Game Sumbang Sepertiga Total Dana di Kickstarter 2020

Tunggu apa lagi, dapatkan segera karena pendanaan di Kickstarter hanya sampai tanggal 9 Maret saja. Kunjungi halaman kickstarter Zen Tiles berikut untuk mendukung serta mendapatkan informasi lebih lanjut: ZenTiles – create a visual reflection journal โ€” Kickstarter

Jangan lupa juga kunjungi Tokopedia atau Shopee Galeri Boardgame ID untuk mendapatkan puluhan board game karya anak bangsa yang tak kalah seru.

You may also like