Ide Unik, Board Game ini Ajak Pemain Belajar Manajemen Penerbangan [Kickstarter Corner]

Ide Unik, Board Game ini Ajak Pemain Belajar Manajemen Penerbangan [Kickstarter Corner]

Salah satu teknologi yang semakin berkembang seiring berlalunya waktu adalah transportasi. Dulu, perjalanan jarak jauh mungkin tidak terbayangkan bagaimana susahnya—saat alat transportasi masih berupa kuda atau kereta. Belum lagi kalau negaranya adalah kepulauan seperti Indonesia, yang mengharuskan manusia menyebrang lautan yang luas. Terima kasih kepada pengetahuan, saat ini sudah ada pesawat yang memudahkan untuk bepergian.

Baca Juga: Satu Dari Dua Board Game ini Ajak Kamu Jadi Pilot Pesawat Sayap Ganda Lho

Bicara tentang pesawat, beberapa waktu lalu penulis menemukan informasi tentang board game yang mengangkat dunia aviasi. Menariknya pesawat dalam game ini bukan dari miniatur atau perang-perangan, melainkan diangkat dari tema manajemen industri pesawat terbang. Ya, kalau kamu berminat dalam penerbangan komersil, mungkin kamu harus mencoba bermain board game ini.

Prototype copy - Feb 2021
versi prototipe | Foto: Rafa Dawid

1. Board Game Tentang Manajemen Penerbangan

Dari judulnya yaitu Connecting Flights: An Airline Management Board Game, kamu tentu sudah bisa menebak kalau pemain akan ditantang untuk mengatur jalannya penerbangan. Didesain oleh Bazzite Games, pengembang game indie asal Skotlandia, pemain akan berperan sebagai manajer penerbangan yang bersaing mengantar penumpang ke daerah tujuan. Objektif permainan ini adalah menjadi pemain yang memiliki uang terbanyak sampai akhir ronde.

Sepanjang permainan, kamu akan memerlukan empat resource card dasar untuk membuat rute penerbangan: kartu bandara asal, kartu pesawat, kartu penumpang dan kartu bandara tujuan. Semua kartu ini bisa didapat saat fase auction (lelang). Menariknya game ini memakai konsep puzzle yang harus dituntaskan untuk merancang rute.

2. Game Puzzle Dengan Dua Mode Permainan

Setiap kartu memiliki nilai rating yang diwakili dengan bintang, dan pemain harus memasangkan kartu berdasarkan jumlah bintang yang tertera. Ketetuannya, kartu penumpang harus dipasangkan dengan kartu pesawat dengan nilai bintang yang sama atau lebih besar. Tak hanya itu, kartu penumpang juga harus “mendarat” di kartu bandara dengan nilai bintang yang sama atau lebih besar. Perhatikan juga kapasitas bahan bakar di kartu, semakin jauh rute maka semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan.

Game ini menyertakan dua mode bermain, yaitu mode kompetitif untuk 2-5 pemain dan mode solo/kooperatif untuk 1-2 pemain. Untuk mode kompetitif, akan ada event tambahan dan pemain bisa menyabotase lawan. Untuk mode solo/kooperatif, tugas pemain adalah menyelesaikan permintaan penumpang dan mengantar semua penumpang ke tujuan sebenlum permainan berakhir.

3. Sudah Mendapat Dukungan Dari Seribu Lebih Pendukung

Hingga saat ini, board game Connecting Flights masih mengumpulkan dukungan di situs Kickstarter. Dengan sisa waktu 17 hari lagi, game ini sudah mengantongi kurang lebih $67.000 (970 juta rupiah) dari 1141 pendukung. Kalau kamu tertarik, kamu bisa mendapatkan board game ini mulai dari $49 (Rp708 ribu), belum termasuk ongkos pengiriman ke Indonesia.

Source: Kickstarter

You may also like