Cetak Sendiri di Rumah: Meal Plan, Jaga Kebutuhan Gizi Keluarga [CTRL+P]

Cetak Sendiri di Rumah: Meal Plan, Jaga Kebutuhan Gizi Keluarga [CTRL+P]

Tahukah kamu? Kemenkes mulai mengkampanyekan slogan “Isi Piringku” untuk menggeser pakem slogan 4 sehat 5 sempurna sebagai pedoman menu sehat sehari-hari. Slogan 4 sehat 5 sempurna dianggap sudah tidak relevan lagi dewasa ini karena pada prakteknya apa saja yang ada di piring dianggap lebih penting untuk pemenuhan gizi seimbang.

Jadi seperti apa sih slogan Isi Piringku ini? Kurang lebih adalah mengatur proporsi seberapa banyak sayur, lauk, protein dan karbohidrat yang ada dalam piring setiap kali kita makan. Jadi menurut selebaran dari Kemenkes, setiap hari kita harus mengkonsumsi lauk pauk dan buah-buahan masing-masing 1/3 dari setengah piring. Setengah piringnya lagi, yaitu per 2/3 isi piring direkomendasikan dipenuhi oleh sumber karbohidrat dan juga sayuran.

Selain menentukan porsi makanan untuk menunjang gizi seimbang, kampanye Isi Piringku juga mengajak masyarakat untuk tidak lupa minum 8 gelas air mineral sehari, menggerakkan tubuh atau berolahraga serta cuci tangan.

gizi seimbang

Mencukupi gizi seimbang dalam keluarga

Tampak susah dibayangkan? Bagaimana kalau sambil main board game saja. Isa Rachmad Akbar, perancang board game The Festivals, tak lama ini telah membuat board game baru berjudul Meal Plan yang bisa dimainkan gratis. Ceritanya, para pemain merupakan satu keluarga yang harus saling mencukupi kebutuhan gizi harian dan berusaha mendapatkan skor tinggi di akhir permainan.

Cara bermainnya sederhana, setiap giliran pemain bergantian akan dihadapkan dengan beberapa pilihan kombinasi kartu makanan seperti sayur, protein, karbohidrat, buah dan tentu makanan mengandung tinggi gula, garam dan lemak (GGL). Setiap kombinasi kartu yang diambil akan dicatat di lembar pemain.

Meal Plan

Tentu agar bisa mendapatkan skor tinggi, pemain harus menghindari mengkonsumsi GGL terlalu banyak, termasuk juga jangan terlalu banyak konsumsi asupan makanan yang lain. Menyantap terlalu banyak sayur tanpa diimbangi dengan porsi karbohidrat, protein dan lauk pauk yang dianjurkan tentu juga tidak baik.

Ada pula kartu cuci tangan, olahraga dan air mineral yang akan membantu pemain meraih poin lebih tinggi. Oiya, di sini semua pemain harus bekerja sama ya sebagai satu keluarga, karena jika ada poin dari salah satu pemain terlalu rendah di akhir permainan maka semua pemain akan dianggap kalah.

Meal Plan bisa dicetak dan dimainkan sendiri di rumah. Mengakomodir 2-4 pemain selama tidak lebih dari 30 menit untuk usia 8 tahun ke atas, Meal Plan cocok dimainkan bersama keluarga sambil belajar memahami makna slogan Isi Piringku. Unduh aturan dan cetak permainannya di: https://www.bermaindirumah.com/product/meal-plan/

Jika tautan di atas tidak bisa diakses, silakan unduh di sini: https://bit.ly/coba-mealplan

Selebaran Isi Piringku dari Kemenkes bisa diunduh di: http://www.kesmas.kemkes.go.id/portal/download/detail/430

Simak juga seri artikel CTRL+P menarik lainnya untuk menemukan board game gratis yang bisa diunduh dan dicetak di rumah: Seri artikel CTRL+P.

You may also like