5 Tips Mengeksplorasi Ide Desain Boardgame [Pojok Desain]

5 Tips Mengeksplorasi Ide Desain Boardgame [Pojok Desain]

Menurutmu apa langkah pertama yang dilakukan desainer dalam berkarya? Menentukan tema? Atau meramu mekanik? Dengan ribuan gim yang beredar di luar sana, sangat sulit untuk menjual gim yang tidak memiliki hook yang kuat. Sehingga, sisi unik dan diferensiasi sudah semestinya menjadi saringan pertama sebelum mulai mendevelop proyek apapun yang kita ingin tekuni.

Namun sialnya, proses eksplorasi ini bukanlah proses yang mudah dilakukan banyak orang. Seringkali kita kesulitan untuk mengeksplorasi pendekatan-pendekatan unik yang bisa kita tanamkan dalam gim kita, yang akhirnya menjadikan produk akhir gim kita begitu-begitu saja. Proses yang dalam design thinking diistilahkan sebagai diverging ini ternyata bisa diasah dengan beberapa cara :

This image has an empty alt attribute; its file name is BoardGamePrototype.jpg
Ilustrasi boardgame designer. image by geekandsundry

1. Kondisikan Tubuh untuk Rileks

Pernah kepikiran nggak, kenapa ide-ide bagus muncul justru saat kita di toilet atau tengah malam sebelum tidur? Tiap-tiap dari kita dianugerahi dengan alam bawah sadar yang begitu powerful dan penuh ide, namun ia hanya akan keluar disaat kita rileks. Bahkan “the power of kepepet” yang sering kita ucapkan sejatinya adalah pemaksaan natural tubuh terhadap pikiran kita yang penuh distraksi. Orang yang “kalau kepepet jadi produktif” sejatinya hanya belum mampu melepaskan diri dari gangguan, sehingga saat kepepet ia mencapai kondisi pikiran yang paling rileks dan paling fokus. Kamu juga bisa secara sengaja mengkondisikan tubuh untuk rileks, misalnya dengan berolahraga atau melakukan meditasi.

2. Perkaya Referensi

Makin banyak referensi yang kita punya, makin mudah untuk kita mengeksplorasi sebuah topik desain. Dalam mendesain boardgame, cara paling utama tentunya dengan banyak bermain. Selain membeli sendiri – kamu juga bisa meluncur ke kafe boardgame terdekat untuk mencoba sebanyak mungkin game. Jika di kotamu belum ada, kamu bisa juga mengeksplorasi berbagai macam boardgame dengan menonton channel review seperti RWH Shadow atau The Dice Tower.

Tak hanya bermain dan menonton, banyak sumber online dalam berbagai format yang bisa kamu manfaatkan untuk memperkaya wawasan. Untuk podcast, kamu bisa mendengarkan Board Game Design Lab atau Ludology, sementara untuk tulisan kamu bisa mengunjungi blog Stonemaier Games dan tentunya Boardgame.id. Buku cetak maupun digital yang membahas boardgame juga mulai banyak ditemukan. Salah satu yang penulis rekomendasikan adalah Building Blocks of Tabletop Game Design karya desainer Space Cadets, Geoffrey Engelstein. Dalam buku tersebut termuat berbagai mekanik yang dikemas secara komprehensif sebagai rujukan kita dalam mendesain berbagai macam boardgame.

This image has an empty alt attribute; its file name is 13923691_674116339418375_2766985147333772536_o.jpg
Jamey Stegmaier (tengah) yang banyak menulis tentang desain di blog stonemaier games. Image by twoboardmeeple

3. Mulai dari Gim yang Sudah Ada

Salah satu taktik yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan ide gim baru adalah dengan memulai dari gim yang sudah ada. Gunakan notasi what if untuk pengembangannya. Kamu bisa melakukan ekspansi desain ke atas (gimana kalau colt express kita jadikan gim yang lebih kompleks?), ekspansi ke bawah (gimana cara menghadirkan experience gloomhaven dalam 30 menit saja?), atau mengembangkan twist (gimana kalau experience azul kita deliver hanya menggunakan kartu?). Namun hindari sekedar mengganti tema atau mengubah aspek yang minor, karena bisa saja gim buatanmu dianggap menjiplak.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Inspirasi bisa datang dari mana saja. Seorang desainer mungkin punya tipe gim tertentu yang ingin ia tekuni. Namun, sebaiknya kita tidak membatasi referensi kita hanya pada gim-gim yang kita sukai saja. Jika kamu adalah edukator dengan tendensi desain gim edukasional, kamu perlu memahami bahwa di gim-gim eurogames banyak eksekusi mekanik menarik yang bisa diadopsi. Sebaliknya jika kamu ingin mendesain gim strategi dengan kompleksitas tinggi, kamu juga perlu aware bahwa di gim anak banyak implementasi mekanik cerdas yang jarang ditemukan. Baik gim anak, party game, bahkan wargame menyimpan berbagai keunikan yang mudah terlewat saat kita membatasi jenis gim yang kita mainkan. Bahkan, bisa saja kita menemukan ide dari media kreatif lain seperti permainan tradisional dan komik.

5. Buat Catatan

Seringkali ide datang dengan tiba-tiba, dan sangat mudah untuk terlewatkan. Mencatat setiap ide yang muncul menjadi sebuah bank ide personal adalah pendekatan terbaik untuk memastikan tiap ide yang muncul tidak terlupakan begitu saja. Suatu saat ketika kita dihadapkan dengan kebutuhan untuk mengeksplorasi ide, kita tinggal menilik catatan yang kita buat. Ada berbagai aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk melakukan ini secara digital seperti trello dan evernote. Penulis sendiri menggunakan workflowy untuk mencatat ide-ide gimnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is trello-photo-1600.jpg
Trello bisa kamu gunakan untuk membuat catatan secara digital. Image by bettstetter.com

Yang perlu kita ingat, apapun hal yang kita buat sejatinya nggak bernilai ketika ia masih sebatas ide. Nggak perlu insecure untuk sharing tentang ide-ide yang kita punya, apalagi takut dicuri orang. Berbagi justru menjadi cara paling mudah untuk kita memvalidasi apakah ide gim kita cukup menarik atau tidak. Bahkan bisa saja ide yang kita pikir unik ternyata sudah dilakukan orang lain, kan?

You may also like